ads
BOGOR_BISNIS_ROTI UNYIL VENUS BAKERY YANG EKSIS SEJAK 1992

Bisnis

Roti Unyil Venus, Bakery yang Eksis Sejak 1992

Sebagian besar warga Jabodetabek, khususnya mereka yang sering jalan-jalan ke Kota Hujan, pastinya sudah mengenal Roti Unyil Venus. Soalnya, bakery ini memproduksi roti unyil, yakni roti berukuran mini dengan berbagai varian rasa. Roti ini kerap dijadikan oleh-oleh khas Bogor oleh para pelancong. Roti Unyil Venus sudah ada sejak tahun 1992, dan masih eksis sampai sekarang.

Bertahannya bisnis yang dijalankan Roti Unyil Venus hingga lebih dari 25 tahun ini ternyata tidak disangka oleh sang pemilik usaha, yakni kakak beradik Herliyanti Hawidjaja dan Hendra Saputra Hawidjaja. Sebab awalnya, mereka mengaku kalau bisnis ini dijalankan karena himpitan ekonomi keluarga. Bukan dengan rencana yang matang, apalagi memiliki konsep untuk besar dan mampu melakukan ekspansi seperti sekarang. Tapi tetap, mereka memulainya dengan sebuah inovasi.

“Usaha ini lahir di tengah kesulitan ekonomi yang menerpa keluarga kami. Setelah kedua orang tua meninggal, saya bersama adik-adik berusaha bertahan menyambung hidup. Hingga akhirnya, adik saya mencoba membuat dan menjual roti. Bisnis ini kami awali dengan niat untuk memperbaiki kondisi keluarga. Maka itu, saat ini kami bersyukur Roti Unyil Venus bisa bertahan, berkembang, bahkan jadi oleh-oleh khas Bogor,” terang Herliyanti.

[Baca Juga : Deretan Kuliner Oleh-oleh Khas Bogor]

Dalam menjalani bisnis, Herliyanti mengaku kalau pihaknya selalu berupaya untuk mempertahankan kualitas dan orisinalitas, serta aspek niat baik, kejujuran, dan ketulusan. Tapi justru, hal inilah yang membuat Roti Unyil Venus bertahan. Ditambah dengan inovasi, maka produsen roti unyil Bogor ini pun mampu berkembang dan besar seperti sekarang.

Inovasi Menjadi Kunci Utama

Ditemui di outletnya yang ada di Ruko V Point, Jalan Raya Pajajaran No.1, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Herliyanti menambahkan kalau inovasi merupakan komponen penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah usaha. Sebab hanya dengan inovasi, bisnis atau usaha bisa terus bertahan. “Dengan bertahan, kita bisa menghadapi persaingan. Sementara dengan menghadapi dan memenangkan persaingan, kita bisa meraih kesuksesan. Inilah mengapa inovasi jadi kunci mati,” jelasnya.

Meski inovasi yang dilakukan Herliyanti dan saudaranya terbilang sederhana, yakni mengubah roti menjadi ukuran kecil atau mungil, tapi justru bakery tersebut jadi memiliki identitasnya sendiri. Diferensiasi ini pun sukses membuat Roti Unyil Venus terkenal di Jabodetabek, bahkan hampir ke seluruh Indonesia karena produknya kerap dijadikan sebagai buah tangan.

“Orang-orang bilangnya roti unyil Bogor karena memang bisnis ini lahir di Bogor. Untuk mempertahankan usaha yang lahir dari inovasi ini, kami pun kembali melakukan inovasi dengan terus menghadirkan rasa serta varian baru roti unyil. Ini kami lakukan agar konsumen tidak bosan. Sebab jika mereka bosan, bisnis pun tidak akan bertahan,” lanjut Herliyanti.

[Baca Juga : Berburu Aneka Ragam Oleh-oleh Khas Depok]

Untuk makin melebarkan sayap usaha, outlet Roti Unyil Venus pun hadir di beberapa wilayah selain Bogor. Ada yang di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Depok, Cibubur, serta Bekasi. Tapi, keberadaan outlet ini tidak membuat toko pusat yang ada di Bogor sepi pengunjung. Outlet Roti Unyil Venus di Kota Hujan nyaris selalu ramai, apalagi ketika akhir pekan dan hari libur nasional. Orang-orang bahkan rela mengantre untuk bisa membeli oleh-oleh khas Bogor tersebut.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood.jpg

Properti dan Solusi

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood

T3 24 February 2019, 10:00 a.m.  |  2 Views

Kampus PUPR yang dikembangkan Kementerian PUPR sebagai percontohan Greenship Neighborhood.

Buruknya Infrastruktur Pendidikan di Bekasi.jpg

Pendidikan

Tahun 2019 Jadi Prioritas Infrastruktur Pendidikan di Bekasi

T3 24 February 2019, 09:00 a.m.  |  2 Views

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di setiap daerah, termasuk Jawa Barat pembanguan infrastruktur seharusnya jadi perhatian penting bagi pemerintah setempat.

Vaksin Rabies Gratis di Stan Dinas KPKP Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Vaksin Rabies Gratis di Stan KPKP Jakarta Indonesia Pet Show 2019

T3 23 February 2019, 09:00 a.m.  |  5 Views

Dinas KPKP Jakarta memberikan layanan vaksi gratis untuk pengunjung yang membawa hewan peliharaan mereka ke JIPS 2019.

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda

T3 23 February 2019, 10:00 a.m.  |  4 Views

Belanda merupakan negara pertama yang akan diperkenalkan batik buatan warga di wilayah paling timur Kota Tangerang ini.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads