ads
RPTRA Amiterdam Jadi Tempat Belajar Kelompok Siswa SD-SMP

Pendidikan

RPTRA Amiterdam Jadi Tempat Belajar Kelompok Siswa SD-SMP

Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, membelakukan jam belajar malam mulai pukul 19.00-21.00 sejak tahun 2015. Pemberlakukan jam belajar malam bermula karena banyak anak-anak mengantre untuk memanfaatkan jaringan wifi hingga malam hari di depan kantor kelurahan Pulau Untung Jawa dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amiterdam.

Lurah Pulau Untung Jawa Supiyadi mengatakan sebagaimana dilansir beritajakarta.id (10/4/2019), dengan kondisi tersebut jaringan wifi di Pulau Untung Jawa sempat dimatikan saat memasuki jam belajar malam agar anak-anak belajar di rumah. Namun, kini wifi bisa dimanfaatkan selama 24 jam setelah pemberlakuan jam belajar malam. Kini, banyak orang tua yang sadar untuk melarang anak-anaknya bermain di jam belajar malam.

[Baca Juga: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Usia Dini]

Pembelakukan jam belajar malam mendapat respon positif dari siswa dan orang tua di Pulau Untung Jawa. Oleh karena itu, pengelola RPTRA Amiterdam di Kelurahan Pulau Untung Jawa memanfaatkannya dengan mengadakan kegiatan belajar kelompok bagi siswa SD maupun SMP.

Salah satu pengelola RPTRA Amiterdam Surni mengatakan, pihak RPTRA sejak 2015 kegiatan belajar kelompok berjalan dan hingga saat ini sudah puluhan siswa yang ikut belajar kelompok di RPTRA pada jam belajar malam seperti dilansir beritajakarta.id (10/4/2019).

[Baca Juga: Rumah Belajar Tanah Abang untuk Kejar Paket C]

"Dari yang awalnya lima orang kini sudah mencapai 20 orang siswa yang ikut belajar kelompok," ujarnya. Kegiatan belajar kelompok yang dijalankan RPTRA Amiterdam dengan metode untuk membantu siswa mengerjalan tugas PR dari sekolah, berdiskusi dan bertukar informasi mengenai mata pelajaran dan ilmu pengetahuan.

Salah satu orang tua siswa yang mengikuti kegiatan belajar kelompok mengaku ikut senang dengan adanya jam belajar malam dan adanya belajar kelompok di RPTRA. "Sangat membantu bagi perkembangan ilmu dan pengetahuan anak saya," ujar Khodijah.

Lurah Pulau Untung Jawa juga mengaku senang dan bersyukur karena hingga kini jam belajar malam masih berlaku.

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads