RPTRA Amiterdam Jadi Tempat Belajar Kelompok Siswa SD-SMP

Pendidikan

RPTRA Amiterdam Jadi Tempat Belajar Kelompok Siswa SD-SMP

Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, membelakukan jam belajar malam mulai pukul 19.00-21.00 sejak tahun 2015. Pemberlakukan jam belajar malam bermula karena banyak anak-anak mengantre untuk memanfaatkan jaringan wifi hingga malam hari di depan kantor kelurahan Pulau Untung Jawa dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amiterdam.

Lurah Pulau Untung Jawa Supiyadi mengatakan sebagaimana dilansir beritajakarta.id (10/4/2019), dengan kondisi tersebut jaringan wifi di Pulau Untung Jawa sempat dimatikan saat memasuki jam belajar malam agar anak-anak belajar di rumah. Namun, kini wifi bisa dimanfaatkan selama 24 jam setelah pemberlakuan jam belajar malam. Kini, banyak orang tua yang sadar untuk melarang anak-anaknya bermain di jam belajar malam.

[Baca Juga: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Usia Dini]

Pembelakukan jam belajar malam mendapat respon positif dari siswa dan orang tua di Pulau Untung Jawa. Oleh karena itu, pengelola RPTRA Amiterdam di Kelurahan Pulau Untung Jawa memanfaatkannya dengan mengadakan kegiatan belajar kelompok bagi siswa SD maupun SMP.

Salah satu pengelola RPTRA Amiterdam Surni mengatakan, pihak RPTRA sejak 2015 kegiatan belajar kelompok berjalan dan hingga saat ini sudah puluhan siswa yang ikut belajar kelompok di RPTRA pada jam belajar malam seperti dilansir beritajakarta.id (10/4/2019).

[Baca Juga: Rumah Belajar Tanah Abang untuk Kejar Paket C]

"Dari yang awalnya lima orang kini sudah mencapai 20 orang siswa yang ikut belajar kelompok," ujarnya. Kegiatan belajar kelompok yang dijalankan RPTRA Amiterdam dengan metode untuk membantu siswa mengerjalan tugas PR dari sekolah, berdiskusi dan bertukar informasi mengenai mata pelajaran dan ilmu pengetahuan.

Salah satu orang tua siswa yang mengikuti kegiatan belajar kelompok mengaku ikut senang dengan adanya jam belajar malam dan adanya belajar kelompok di RPTRA. "Sangat membantu bagi perkembangan ilmu dan pengetahuan anak saya," ujar Khodijah.

Lurah Pulau Untung Jawa juga mengaku senang dan bersyukur karena hingga kini jam belajar malam masih berlaku.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.