RPTRA Baru Akan Segera Dibangun di Jakarta Pusat

Berita Kawasan

RPTRA Baru Akan Segera Dibangun di Jakarta Pusat

Keberadaan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) di Ibu Kota memang sangat membantu warga DKI Jakarta untuk kegiatan di luar ruangan mereka. Di RPTA, anak-anak juga dapat menghabiskan waktunya bersama orangtua serta teman-teman sebaya. Karena itulah keberadaan RPTRA kemudian disambut positif warga Ibu Kota. Tidak mengherankan bila Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat berencana menambah jumlah RPTRA di wilayah mereka.

Rencananya RPTRA ini akan dibangun di area Jalan Kerbau, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada akhir Juli 2019. Dengan lahan seluas 1.400 meter persegi, dana pembangunan RPTA ini didapatkan dari bantuan perusahaan asing melalui program corporate social responsibility (CSR).

RPTRA Baru Akan Segera Dibangun di Jakarta Pusat

“Pembangunan RPTRA itu nantinya dari dana corporate social responsibility perusahaan-perusahaan swasta Hanwei Life dari Korea,” jelas Kepala Suku Dinas Pemberdayaan Perkembangan Anak dan Pengendalian Penduduk Jakarta Pusat Erma Suryani, sebagaimana dikutip dari megapolitan.kompas.com (12/7/2019).

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini masih terus melakukan sosialisasi mengenai pembangunan RPTRA baru di Jakarta Pusat tersebut. “Kami sudah siapkan DED (detail enginering design) untuk rencana pembangunannya,” ujar Erma.

[Baca Juga: Akan Ada 53 Taman Kota Baru untuk Warga Jakarta]

Menariknya, RPTRA ini memfasilitasi semua kalangan untuk menggunakannya, termasuk anak-anak difabel. Selain itu, RPTRA yang pembangunannya akan segera dimulai beberapa pekan lagi ini, memiliki fasilitas yang terbilang lengkap, seperti ruang serbaguna, ruang laktasi, taman bermain, toilet untuk anak berkebutuhan khusus, dan PKK Mart.

Sebenarnya selain RPTRA di Jalan Kerbau ini, Pemkot Jakpus semenjak awal 2019 sudah mengumumkan akan mendirikan empat RPTRA baru. Pada Maret 2019, Kepala Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jakarta Pusat Yaya Mulyarso menuturkan, rencana pembangunan ini masih ditangani Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa untuk lelang proyeknya.

[Baca Juga: Pemkot Jakut Optimistis Juara Umum Gebyar RPTRA 2019]

Empat RPTRA Jakarta Pusat yang baru itu rencananya akan dibangun di Jalan Rawasari Barat Kecamatan Cempaka Putih, Jalan Pasar Senen Dalam VII Kecamatan Senen, Jalan Percetakan Negara V Kecamatan Johar Baru, dan di Jalan Haji Murtado XVI Kecamatan Senen. Jika proyek ini rampung, termasuk yang di Jalan Kerbau, maka RPTRA di Jakarta Pusat akan berjumlah 51 titik.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.