RPTRA Baru Akan Segera Dibangun di Jakarta Pusat

Berita Kawasan

RPTRA Baru Akan Segera Dibangun di Jakarta Pusat

Keberadaan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) di Ibu Kota memang sangat membantu warga DKI Jakarta untuk kegiatan di luar ruangan mereka. Di RPTA, anak-anak juga dapat menghabiskan waktunya bersama orangtua serta teman-teman sebaya. Karena itulah keberadaan RPTRA kemudian disambut positif warga Ibu Kota. Tidak mengherankan bila Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat berencana menambah jumlah RPTRA di wilayah mereka.

Rencananya RPTRA ini akan dibangun di area Jalan Kerbau, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada akhir Juli 2019. Dengan lahan seluas 1.400 meter persegi, dana pembangunan RPTA ini didapatkan dari bantuan perusahaan asing melalui program corporate social responsibility (CSR).

RPTRA Baru Akan Segera Dibangun di Jakarta Pusat

“Pembangunan RPTRA itu nantinya dari dana corporate social responsibility perusahaan-perusahaan swasta Hanwei Life dari Korea,” jelas Kepala Suku Dinas Pemberdayaan Perkembangan Anak dan Pengendalian Penduduk Jakarta Pusat Erma Suryani, sebagaimana dikutip dari megapolitan.kompas.com (12/7/2019).

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini masih terus melakukan sosialisasi mengenai pembangunan RPTRA baru di Jakarta Pusat tersebut. “Kami sudah siapkan DED (detail enginering design) untuk rencana pembangunannya,” ujar Erma.

[Baca Juga: Akan Ada 53 Taman Kota Baru untuk Warga Jakarta]

Menariknya, RPTRA ini memfasilitasi semua kalangan untuk menggunakannya, termasuk anak-anak difabel. Selain itu, RPTRA yang pembangunannya akan segera dimulai beberapa pekan lagi ini, memiliki fasilitas yang terbilang lengkap, seperti ruang serbaguna, ruang laktasi, taman bermain, toilet untuk anak berkebutuhan khusus, dan PKK Mart.

Sebenarnya selain RPTRA di Jalan Kerbau ini, Pemkot Jakpus semenjak awal 2019 sudah mengumumkan akan mendirikan empat RPTRA baru. Pada Maret 2019, Kepala Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jakarta Pusat Yaya Mulyarso menuturkan, rencana pembangunan ini masih ditangani Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa untuk lelang proyeknya.

[Baca Juga: Pemkot Jakut Optimistis Juara Umum Gebyar RPTRA 2019]

Empat RPTRA Jakarta Pusat yang baru itu rencananya akan dibangun di Jalan Rawasari Barat Kecamatan Cempaka Putih, Jalan Pasar Senen Dalam VII Kecamatan Senen, Jalan Percetakan Negara V Kecamatan Johar Baru, dan di Jalan Haji Murtado XVI Kecamatan Senen. Jika proyek ini rampung, termasuk yang di Jalan Kerbau, maka RPTRA di Jakarta Pusat akan berjumlah 51 titik.

Read More

Artikel Lainnya

Toyota Hadirkan Aplikasi mToyota Guna Tingkatkan Layanan Digital

Bisnis

Toyota Hadirkan Aplikasi mToyota Guna Tingkatkan Layanan Digital

09 December 2019, 18:00

Toyota berikan pelayanan digital kepada konsumen setia lewat Mobile Apps mToyoya

Film Kucumbu Tubuh Indahku Borong Piala Citra FFI 2019

Berita Kawasan

Film Kucumbu Tubuh Indahku Borong Piala Citra FFI 2019

09 December 2019, 17:00

Dari 12 nominasi yang didapat, film Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho sukses meraih delapan penghargaan di ajang FFI 2019.

Rayakan 10 Tahun Pernikahan, Musisi Endah N Rhesa Luncurkan Sebuah Biografi

Berita Kawasan

Rayakan 10 Tahun Pernikahan, Musisi Endah N Rhesa Luncurkan Biografi

09 December 2019, 16:00

buku ini akan mengangkat bagaimana peran sosok-sosok inspiratif yang ada di kehidupan Endah dan Rhesa selama berkarir di dunia musik.

LOKALisme By Ninja Xpress, Gandeng UKM untuk Tingkatkan Value Produk Lokal

Bisnis

LOKALisme By Ninja Xpress, Gandeng UKM untuk Tingkatkan Value ProdukLokal

09 December 2019, 15:00

Semangat yang digaungkan oleh LOKALisme ini disambut positif oleh brand dan kreator lokal berkualitas global yang berkolaborasi melalui Pop Up Market.


Comments


Please Login to leave a comment.