RPTRA di Jakarta Timur Raih Penilaian Tertinggi RBRA Nasional

Berita Kawasan

RPTRA di Jakarta Timur Raih Penilaian Tertinggi RBRA Nasional

Selama tiga hari tim Penilaian Standarisasi dan Sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) untuk percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak tingkat nasional mengunjungi Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTA) Bambu Petung. Pada proses penilaian dari 1-3 Oktober 2019, tim penilai memandang RPTRA di Jakarta Timur itu sebagai salah satu RBRA dengan nilai tertinggi di Indonesia. Mendengar penilaian baik itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur meresponnya dengan positif dan memandang RPTRA Bambu Petung layak jadi percontohan.

Pada proses penilaian itu, timnya yang datang terdiri dari enam orang yang dipimpin Hamid Patlima Tim sebagai perwakilan Tim Independen RBRA. Selain itu, turut hadir juga Kepala Bidang Lingkungan Ramah Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Thomas Rizal yang langsung meninjau berbagai aspek di RPTRA Bambu Petung.

RPTRA di Jakarta Timur Raih Penilaian Tertinggi RBRA Nasional

Setelah tiga hari melakukan penilaian seluk beluk RPTRA itu, tim penilai pun mengumumkan hasil penilaian mereka. Di mana sejauh ini dari penilaian RBRA di 16 kabupaten/kota di Indonesia, RPTRA meraih nilai 447 yang masuk kategori tertinggi di tingkat nasional.

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi yang menjadi perwakilan Pemkot Jakarta Timur dan Kepala Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan dan Pengendalian Penduduk Jakarta Timur Fetty Fatima juga hadir pada proses penyerahan penilaian dan sertifikasi RBRA itu. “Alhamdulillah sudah selesai penilaiannya selama tiga hari dan sudah disampaikan mana saja yang sudah baik dan mana saja yang harus dilengkapi atau ditambah,” ungkap Usmayadi di RPTRA Bambu Petung, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (3/10/2019).

[Baca Juga: Jakarta Pusat Targetkan Peningkatan Status Kota Layak Anak]

Usmayadi juga merasa senang dengan hasil peninjauan tim Penilaian Standarisasi dan Sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) untuk percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak. “RPTRA Bambu Petung mendapatkan nilai yang tertinggi, karena kita berada di Ibu Kota negara Indonesia, jadi kita wajib menjadi yang terbaik. Hanya tadi ada yang kurang yaitu tidak adanya kursi roda, untuk itu ke depannya akan kita lengkapi,” ucapnya.

Walau RPTRA Bambu Petung menjadi yang terbaik tapi penilaian ini ternyata bisa dicabut jika terjadi pengurangan terhadap standarisasi RBRA di sini. Tentu saja pihak Pemkot Jakarta Timur tidak menginginkan hal ini, mengingat RPTRA Bambu Petung dapat menjadi percontohan.

[Baca Juga: Kota Depok Dapat Penghargaan Sebagai Kota Layak Anak]

“Saya tekankan kepada lurah, camat, ketua RT, dan ketua RW wajib menjaga RPTRA Bambu Petung menjadi contoh yang terbaik bagi RPTRA lain di wilayah DKI Jakarta, khususnya Jakarta Timur," tambah Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur itu.

Thomas Rizal mengungkapkan, pada tahun ini, target penilaian RBRA akan dilakukan di 30 kabupaten/kota di Indonesia dan sejauh ini baru 16 yang ditinjau. “Alhamdulillah, Jakarta Timur berada di peringkat teratas hingga saat ini,” imbuhnya.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.