RPTRA di Jakarta Timur Raih Penilaian Tertinggi RBRA Nasional

Berita Kawasan

RPTRA di Jakarta Timur Raih Penilaian Tertinggi RBRA Nasional

Selama tiga hari tim Penilaian Standarisasi dan Sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) untuk percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak tingkat nasional mengunjungi Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTA) Bambu Petung. Pada proses penilaian dari 1-3 Oktober 2019, tim penilai memandang RPTRA di Jakarta Timur itu sebagai salah satu RBRA dengan nilai tertinggi di Indonesia. Mendengar penilaian baik itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur meresponnya dengan positif dan memandang RPTRA Bambu Petung layak jadi percontohan.

Pada proses penilaian itu, timnya yang datang terdiri dari enam orang yang dipimpin Hamid Patlima Tim sebagai perwakilan Tim Independen RBRA. Selain itu, turut hadir juga Kepala Bidang Lingkungan Ramah Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Thomas Rizal yang langsung meninjau berbagai aspek di RPTRA Bambu Petung.

RPTRA di Jakarta Timur Raih Penilaian Tertinggi RBRA Nasional

Setelah tiga hari melakukan penilaian seluk beluk RPTRA itu, tim penilai pun mengumumkan hasil penilaian mereka. Di mana sejauh ini dari penilaian RBRA di 16 kabupaten/kota di Indonesia, RPTRA meraih nilai 447 yang masuk kategori tertinggi di tingkat nasional.

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi yang menjadi perwakilan Pemkot Jakarta Timur dan Kepala Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan dan Pengendalian Penduduk Jakarta Timur Fetty Fatima juga hadir pada proses penyerahan penilaian dan sertifikasi RBRA itu. “Alhamdulillah sudah selesai penilaiannya selama tiga hari dan sudah disampaikan mana saja yang sudah baik dan mana saja yang harus dilengkapi atau ditambah,” ungkap Usmayadi di RPTRA Bambu Petung, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (3/10/2019).

[Baca Juga: Jakarta Pusat Targetkan Peningkatan Status Kota Layak Anak]

Usmayadi juga merasa senang dengan hasil peninjauan tim Penilaian Standarisasi dan Sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) untuk percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak. “RPTRA Bambu Petung mendapatkan nilai yang tertinggi, karena kita berada di Ibu Kota negara Indonesia, jadi kita wajib menjadi yang terbaik. Hanya tadi ada yang kurang yaitu tidak adanya kursi roda, untuk itu ke depannya akan kita lengkapi,” ucapnya.

Walau RPTRA Bambu Petung menjadi yang terbaik tapi penilaian ini ternyata bisa dicabut jika terjadi pengurangan terhadap standarisasi RBRA di sini. Tentu saja pihak Pemkot Jakarta Timur tidak menginginkan hal ini, mengingat RPTRA Bambu Petung dapat menjadi percontohan.

[Baca Juga: Kota Depok Dapat Penghargaan Sebagai Kota Layak Anak]

“Saya tekankan kepada lurah, camat, ketua RT, dan ketua RW wajib menjaga RPTRA Bambu Petung menjadi contoh yang terbaik bagi RPTRA lain di wilayah DKI Jakarta, khususnya Jakarta Timur," tambah Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur itu.

Thomas Rizal mengungkapkan, pada tahun ini, target penilaian RBRA akan dilakukan di 30 kabupaten/kota di Indonesia dan sejauh ini baru 16 yang ditinjau. “Alhamdulillah, Jakarta Timur berada di peringkat teratas hingga saat ini,” imbuhnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusu s.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusus

27 September 2022, 16:37

Maybelline baru-baru ini meluncurkan lipcream Superstay Matte Ink dengan delapan shade warna yang terinspirasi dari empat karakter perempuan di mobile game Free Fire.

Biasakan Transportasi Ramah Lingkungan, Kota Bogor Hadirkan Sepeda Listri k.jpg

Berita Kawasan

Biasakan Transportasi Ramah Lingkungan, Kota Bogor Hadirkan Sepeda Listrik

27 September 2022, 14:34

Kota Bogor disebut sebagai kota pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan Beam dalam menghadirkan sepeda listrik yang bisa disewa masyarakatnya.

Bertempat di PIM 3, JFW 2023 Digelar Secara Offlin e.jpg

Kecantikan dan Fashion

Bertempat di PIM 3, JFW 2023 Digelar Secara Offline

27 September 2022, 11:32

Jakarta Fashion Week diumumkan kembali digelar tahun ini dengan acara yang digelar secara luring di venue yang berlokasi di Pondok Indah Mall 3.

Healing di Alam Surabaya, Romokalisari Adventure Land Dibuka untuk Publik.jpg

Hobi dan Hiburan

Healing di Alam Surabaya, Romokalisari Adventure Land Dibuka

26 September 2022, 18:15

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Surabaya secara resmi meluncurkan wisata alam baru yang menggabungkan sejumlah wahana seru.


Comments


Please Login to leave a comment.