RPTRA Intiland Teduh Panen Sayuran Hidroponik

Berita Kawasan

RPTRA Intiland Teduh Panen Sayuran Hidroponik

Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Intiland Teduh merupakan RPTRA yang berada di Jalan Bengawan Solo, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. RPTRA yang memiliki luas 2.700 meter persegi ini dilengkapi berbagai fasilitas yang kerap dimanfaatkan oleh masyarakat serta pengelolanya untuk bermacam-macam kegiatan. Salah satunya adalah bercocok tanam melalui metode hidroponik yang baru-baru ini dipanen dan bisa dibeli oleh masyarakat sekitar RPTRA Intiland Teguh.

Berdirinya Rumah Hidroponik di RPTRA Intiland Teduh tidak terlepas dari keinginan para pengelola ruang terbuka ini. Pasalnya, mereka ingin bercocok tanam bermacam-macam sayuran yang memiliki kualitas bagus serta menyehatkan jika dikonsumsi oleh warga. Dari pandangan inilah, pengelola RPTRA ini mulai mengembangkan tanaman hidroponik di tahun 2019.

RPTRA Intiland Teduh Panen Sayuran Hidroponik

“Rumah Hidroponik baru dibangun tahun ini. Hingga saat ini sudah empat kali panen sayuran pokcoy dan selada,” ujar Pengelola RPTRA Intiland Teduh Hendrian Hartarto, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (18/9/2019). Menariknya, dalam proses pembangunannya, Rumah Hidroponik ini merupakan hasil swadaya dengan peralatan seadanya yang hasilnya juga langsung bisa dirasakan masyarakat sekitar saat panen.

Pada 17 September 2019, pengelola RPTRA Intiland Teduh memanen 400 pot sayuran pokcoy yang sudah mulai ditanam sejak awal Agustus 2019. Melihat sayuran di Rumah Hidroponik RPTRA Intiland Teguh sudah siap dibeli, warga sekitar pun langsung datang untuk membeli ratusan pokcoy tersebut. Harga yang dipatok pengelola untuk sayuran hidroponiknya pun terbilang terjangkau, yakni Rp2.500 per potnya.

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Bekasi Harap Hidroponik Tingkatkan Ekonomi Warga]

Sayuran-sayuran hidroponik yang dihasilkan RPTRA ini memang menjadi favorit warga sekitar. Seperti pengakuan salah satu warga Sempert Barat, Ika, ia mengklaim merupakan salah satu langganan Rumah Hidroponik RPTRA Intiland Teduh setiap ada kabar mengenai panen. “Bisa milih sendiri sayurannya terus kalau dimasak, rasanya renyah dan enak,” ungkap Ika.

Berdasarkan gambaran dari pengelola RPTRA Intiland Teduh dalam sekali panen, mereka bisa menghasilkan uang sekitar Rp700.000. Namun uang itu tidak dikumpulkan sebagai penghasilan pengelola RPTRA melainkan diputar kembali demi membeli bibit serta kebutuhan lainnya untuk menanam sayuran hidroponik yang baru.

[Baca Juga: Nikmati RPTRA Bahari dengan Fasilitas untuk Berbagai Kalangan]

Namun tentu saja dalam proses penanamannya, pengelola RPTRA Intiland Teduh tidak selalu lancar, khususnya di kala mereka harus memastikan sayuran hidroponiknya tetap sehat dari serangan hama. “Ada sejumlah kendala seperti ketika tanaman muda tumbuh sekitar 5 cm suka diincar sama belalang dan ulat soalnya Rumah Hidroponik yang ada ini sifatnya terbuka dan dibangun dengan peralatan yang sederhana,” tambah Hendrian.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.