RS COVID-19 di Kebayoran Lama Sebentar Lagi Rampung

Kesehatan

RS COVID-19 di Kebayoran Lama Sebentar Lagi Rampung

Sejak April 2020, PT Pertamina terus berusaha memberikan kontribusinya membantu pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 untuk menghadirkan rumah sakit (RS) rujukan untuk pasien yang positif terinfeksi virus Corona tersebut. Selain Rumah Sakit Pertamina Jaya, perusahaan BUMN itu juga menghadirkan RS COVID-19 yang saat ini tengah dibangun di atas lahan lapangan bola Simprug, Universitas Pertamina Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Jika rampung nanti, RS COVID-19 ini akan memiliki luas 22.700 meter persegi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk pasien yang terinfeksi virus SARS-CoV-2. Bila sesuai rencana, maka rumah sakit ini akan siap digunakan dalam waktu dekat.

[Baca Juga: Prioritaskan Jabodetabek, Ini Kriteria Pasien COVID-19 di Wisma Atlet]

Berdasarkan keterangan Camat Kebayoran Lama Aroman, RS COVID-19 di wilayahnya tersebut akan memiliki kapasitas kamar yang lengkap dengan beragam fasilitas medis sebanyak 390. Di mana sebenarnya pada awal perencanaannya, RS ini harusnya memiliki 600 kamar. Jika sesuai prediksi maka RS ini dapat segera digunakan pada bulan Mei ini mengingat targetnya kamar-kamar di sana seharusnya sudah selesai pada 21 Mei 2020.

Namun sebelum proyek pembangunan RS COVID-19 ini dimulai beberapa pekan yang lalu, Aroman tak memungkiri sempat ada tantangan tersendiri. Pasalnya, tak sedikit warga yang menolak kehadiran fasilitas medis untuk para pasien yang positif terinfeksi virus SARS-CoV-2 ada di dekat pemukiman mereka. Apalagi jarak antara RS dengan rumah-rumah warga hanya sekitar 100 meter.

RS COVID-19 di Kebayoran Lama Sebentar Lagi Rampung

“Pembangunan rumah sakit tidak semulus dari yang dikira. Warga sekitar universitas awalnya khawatir dari pembangunan rumah sakit itu. Setelah musyawarah dengan pihak terkait jadi enggak ada masalah. Mereka intinya menerima rumah sakit itu,” jelas Camat Kebayoran Lama itu, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (4/5/2020).

Pada akhir April 2020, pihak Pertamina menyebut bahwa RS COVID-19 ini merupakan ekstensi dari Rumah Sakita Pertamina Pusat. Di RS ini jika rampung nanti akan terdapat sekitar 153 ranjang untuk non-ICU (Intensive Care Unit), 31 ranjang ICU, 19 ranjang HCU (High Care Unit), dan 10 ranjang IGD (Instalasi Gawat Darurat). Semua ruangan di sini juga sudah memiliki fitur negative pressure serta filter High Efficiency Particulate Air (HEPA) untuk keamanan sirkulasi udara dari ancaman virus SARS-CoV-2.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.