RS COVID-19 di Kebayoran Lama Sebentar Lagi Rampung

Kesehatan

RS COVID-19 di Kebayoran Lama Sebentar Lagi Rampung

Sejak April 2020, PT Pertamina terus berusaha memberikan kontribusinya membantu pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 untuk menghadirkan rumah sakit (RS) rujukan untuk pasien yang positif terinfeksi virus Corona tersebut. Selain Rumah Sakit Pertamina Jaya, perusahaan BUMN itu juga menghadirkan RS COVID-19 yang saat ini tengah dibangun di atas lahan lapangan bola Simprug, Universitas Pertamina Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Jika rampung nanti, RS COVID-19 ini akan memiliki luas 22.700 meter persegi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk pasien yang terinfeksi virus SARS-CoV-2. Bila sesuai rencana, maka rumah sakit ini akan siap digunakan dalam waktu dekat.

[Baca Juga: Prioritaskan Jabodetabek, Ini Kriteria Pasien COVID-19 di Wisma Atlet]

Berdasarkan keterangan Camat Kebayoran Lama Aroman, RS COVID-19 di wilayahnya tersebut akan memiliki kapasitas kamar yang lengkap dengan beragam fasilitas medis sebanyak 390. Di mana sebenarnya pada awal perencanaannya, RS ini harusnya memiliki 600 kamar. Jika sesuai prediksi maka RS ini dapat segera digunakan pada bulan Mei ini mengingat targetnya kamar-kamar di sana seharusnya sudah selesai pada 21 Mei 2020.

Namun sebelum proyek pembangunan RS COVID-19 ini dimulai beberapa pekan yang lalu, Aroman tak memungkiri sempat ada tantangan tersendiri. Pasalnya, tak sedikit warga yang menolak kehadiran fasilitas medis untuk para pasien yang positif terinfeksi virus SARS-CoV-2 ada di dekat pemukiman mereka. Apalagi jarak antara RS dengan rumah-rumah warga hanya sekitar 100 meter.

RS COVID-19 di Kebayoran Lama Sebentar Lagi Rampung

“Pembangunan rumah sakit tidak semulus dari yang dikira. Warga sekitar universitas awalnya khawatir dari pembangunan rumah sakit itu. Setelah musyawarah dengan pihak terkait jadi enggak ada masalah. Mereka intinya menerima rumah sakit itu,” jelas Camat Kebayoran Lama itu, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (4/5/2020).

Pada akhir April 2020, pihak Pertamina menyebut bahwa RS COVID-19 ini merupakan ekstensi dari Rumah Sakita Pertamina Pusat. Di RS ini jika rampung nanti akan terdapat sekitar 153 ranjang untuk non-ICU (Intensive Care Unit), 31 ranjang ICU, 19 ranjang HCU (High Care Unit), dan 10 ranjang IGD (Instalasi Gawat Darurat). Semua ruangan di sini juga sudah memiliki fitur negative pressure serta filter High Efficiency Particulate Air (HEPA) untuk keamanan sirkulasi udara dari ancaman virus SARS-CoV-2.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.