PLUIT_KESEHATAN_RS PLUIT DUKUNG PENANGGULANGAN STRES_OCI-01.jpg

Kesehatan

RS Pluit Dukung Penanggulangan Stres

Stres sering ditafsirkan sebagai gangguan jiwa. Namun, tingkat stres beragam dan kita perlu mengenali mana yang perlu diwaspadai agar tidak menggerogoti jiwa. RS Pluit bekerjasama dengan Artha Graha Peduli menyelenggaran seminar kesehatan dan talkshow yang membahas hal tersebut dalam tema Stres dan Pencegahannya.

Stres merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan manusia sehari-hari. Stres yang harus diwaspadai adalah stres yang berkepanjangan sehingga menimbulkan masalah kesehatan, mengganggu hubungan interpersonal, kehidupan profesional atau pribadi, serta mengurangi produktivitas dan kreativitas. Manusia memerlukan kemampuan untuk mengenali dan mengelola stres secara efektif.

Penelitian yang dilakukan perusahaan asuransi Cigna menemukan 75 persen dari sekitar seribu partisipan asal Indonesia mengatakan mereka merasa stres. Angka tersebut lebih rendah dari partisipan negara lain seperti Singapura dan Thailand yang memiliki tingkat stres di atas rata-rata sekitar 91 persen. Survei tersebut melibatkan 14.165 partisipan dari 23 negara dengan metode wawancara daring (online) sepanjang Februari hingga Maret 2018.

Walau tingkat stres Indonesia terbilang rendah, tetapi skor kesejahteraan masyarakatnya malah menurun. Tahun lalu dari survei serupa Indonesia memiliki skor 62,8. Sedangkan tahun ini sedikit menurun menjadi 61,0. Ini menunjukkan tidak selalu tingkat kesejahteraan berhubungan dengan stres. Stres merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan biasanya akibat dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan juga bisa berasal dari dalam atau luar diri.

Tidak Selalu Buruk

Stres biasanya dinilai negatif. Padahal sebenarnya stres tidak selalu buruk. Stres memiliki nilai positif ketika dihadapi sebagai tantangan. Pada saat inilah stres dapat menjadi peluang. Misalnya stres akibat beban kerja yang berat dan tenggat waktu yang mepet yang kerap menjadi tantangan positif yang menaikkan mutu pekerjaan.

Menurut beberapa peneliti, stres positif yang menyertai tantangan di lingkungan kerja, berbeda dengan stres negtif. Stres negatif merupakah hambatan, atau stres yang menghalangi dalam mencapai tujuan. Hampir setiap orang pernah mengalami stres. Namun, stres yang berlebihan perlu diwaspadai. Bisa jadi itu sudah tergolong depresi. Bahkan pada beberapa kasus, depresi bisa muncul tanpa didahului oleh stres.

Beda Stres dan Depresi

Stres dan depresi berbeda dan tidak bisa disamakan. Cara kerja stres dan depresi tidaklah sama, maka penanggulangannya pun akan berbeda pula. Jika tidak ditangani dengan benar, depresi bisa membahayakan kesehatan jiwa, jasmani, hingga nyawa. Ketahui perbedaan stres dan depresi agar bisa menanganinya dengan tepat sebelum terlambat. Stres biasanya dimulai dari rasa kewalahan akibat banyaknya tekanan dari luar dan dalam diri seseorang yang telah berlangsung cukup lama. Stres bisa membuat semangat menghadapi tantangan, tapi juga bisa mematahkan semangat.

Perbedaan ini terjadi karena setiap orang memiliki mekanisme yang berbeda dalam menghadapi stres. Berbeda dengan stres, depresi adalah sebuah gangguan jiwa yang berdampak buruk pada suasana hati, perasaan, stamina, selera makan, pola tidur, dan tingkat konsentrasi. Depresi bukan tanda ketidakbahagiaan atau cacat karakter. Depresi bukanlah keadaan yang wajar ditemui seperti stres atau panik.

Orang dengan depresi biasanya akan merasa hilang semangat atau motivasi, terus-menerus merasa sedih dan gagal, dan mudah lelah. Kondisi ini bisa berlangsung selama enam bulan atau lebih. Maka, orang yang menderita depresi biasanya jadi sulit menjalani kegiatan sehari-sehari seperti bekerja, makan, bersosialisasi, belajar, atau berkendara secara normal. Siapa pun bisa terserang depresi, terutama jika ada riwayat depresi dalam keluarga terdekat.

Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita lebih berisiko terserang depresi daripada pria. Depresi tidak bisa disembuhkan seorang diri, dibutuhkan bantuan orang lain.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.