RS Rujukan COVID-19 di Jakarta dapat Donasi Fasilitas Istirahat Nakes

Kesehatan

RS Rujukan COVID-19 di Jakarta dapat Donasi Fasilitas Istirahat Nakes

Selalu ada penambahan kasus positif COVID-19 setiap harinya, kurun dua bulan belakangan ini. Data teranyar menyebut total jumlah kasus menyentuh angka 10.551 di skala nasional. 1.591 pasien berhasil disembuhkan, sisanya 800 pasien meninggal dunia.

Data yang diperbarui pada Jumat (1/5/2020) menyatakan Provinsi DKI Jakarta masih betah menduduki posisi teratas dengan mengantongi 4.317 kasus dengan angka kesembuhan sebanyak 488 pasien, sementara 375 orang lainnya dilaporkan meninggal dunia.

Dalam pusaran badai pandemi, tenaga kesehatan (nakes) adalah pihak yang paling banyak berkorban. Selain rentan terpapar, para nakes juga dipaksa jauh dari sanak keluarga. Karena diharuskan untuk selalu berada di sekitar pasien atau rumah sakit tempat penanganan COVID-19. Di sisi lain pejuang garda depan mesti rela mendapat perawatan di garda belakang bila terlanjur terpapar.

[Baca Juga: Bobobox, Tempat Menginap Murah dengan Kamar Pintar]

Selama 8 jam setiap harinya—belum termasuk tugas jaga malam—para pejuang garda terdepan ini berinteraksi langsung dengan pasien pengidap COVID-19. Selain ketersediaan alat pelindung diri (APD) dan asupan nutrisi, memiliki kualitas waktu istirahat adalah cara untuk mengimbangi beban pekerjaan yang penuh risiko ini.

RS Rujukan COVID-19 di Jakarta dapat Donasi Fasilitas Istirahat Nakes

PT Bobobox Mitra Indonesia dan Li Ka Shing Foundation pun terpanggil untuk mendukung nakes dalam bertugas. Keduanya berkolaborasi mendonasikan 52 Shelter Pod atau kamar tidur sementara yang disebar ke sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI Jakarta.

Puluhan shelter pod yang didonasikan ini telah dibekali fitur-fitur dasar seperti kasur, bantal, selimut, AC, dan stopkontak. Selain RSUD Tarakan, shelter pod juga diberikan ke RSPI Sulianti Saroso sebanyak 8 pod, RS Koja sebanyak 10 pod, RSUD Cengkareng sebanyak 10 pod, RS Pelni sebanyak 16 pod, dan RSKD Duren Sawit sebanyak 4 pod.

[Baca Juga: Rapid Test Diprioritaskan untuk Tenaga Kesehatan di Jakarta]

Secara simbolik, donasi ini serahkan langsung oleh Direktur PT. Bobobox Mitra Indonesia, Indra Gunawan kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, didampingi Direktur RSUD Tarakan Dian Ekawati pada Jumat (1/5/2020) kemarin.

RS Rujukan COVID-19 di Jakarta dapat Donasi Fasilitas Istirahat Nakes

“Alhamdulillah, kegiatan ini sangat baik, partisipasi dari swasta dan publik sangat berarti bagi kita semua. Kontribusi ini sangat berarti (dan) luar biasa, apalagi diperuntukan bagi seluruh tenaga medis yang selama ini jauh mungkin, bisa beristirahat sejenak mereka bekerja hampir 24 jam," ujar Riza, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Selaras itu, Riza mengingatkan betapa mulianya tugas yang diemban para nakes dalam membantu mengendalikan dan menangani penyebaran COVID-19, oleh karena itu sangat perlu didukung. Sedangkan bagi masyarakat bisa memberikan dukungan dengan cara mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dan PSBB. “Jadi perjuangan mereka mesti kita dihargai. Terima kasih sekali lagi atas kontribusi, mudah-mudahkan bisa diikuti oleh pengusaha lain. Saatnya kita berbagi, (dan) saling membantu sesama," tandas Riza.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.