RS Rujukan COVID-19 di Jakarta dapat Donasi Fasilitas Istirahat Nakes

Kesehatan

RS Rujukan COVID-19 di Jakarta dapat Donasi Fasilitas Istirahat Nakes

Selalu ada penambahan kasus positif COVID-19 setiap harinya, kurun dua bulan belakangan ini. Data teranyar menyebut total jumlah kasus menyentuh angka 10.551 di skala nasional. 1.591 pasien berhasil disembuhkan, sisanya 800 pasien meninggal dunia.

Data yang diperbarui pada Jumat (1/5/2020) menyatakan Provinsi DKI Jakarta masih betah menduduki posisi teratas dengan mengantongi 4.317 kasus dengan angka kesembuhan sebanyak 488 pasien, sementara 375 orang lainnya dilaporkan meninggal dunia.

Dalam pusaran badai pandemi, tenaga kesehatan (nakes) adalah pihak yang paling banyak berkorban. Selain rentan terpapar, para nakes juga dipaksa jauh dari sanak keluarga. Karena diharuskan untuk selalu berada di sekitar pasien atau rumah sakit tempat penanganan COVID-19. Di sisi lain pejuang garda depan mesti rela mendapat perawatan di garda belakang bila terlanjur terpapar.

[Baca Juga: Bobobox, Tempat Menginap Murah dengan Kamar Pintar]

Selama 8 jam setiap harinya—belum termasuk tugas jaga malam—para pejuang garda terdepan ini berinteraksi langsung dengan pasien pengidap COVID-19. Selain ketersediaan alat pelindung diri (APD) dan asupan nutrisi, memiliki kualitas waktu istirahat adalah cara untuk mengimbangi beban pekerjaan yang penuh risiko ini.

RS Rujukan COVID-19 di Jakarta dapat Donasi Fasilitas Istirahat Nakes

PT Bobobox Mitra Indonesia dan Li Ka Shing Foundation pun terpanggil untuk mendukung nakes dalam bertugas. Keduanya berkolaborasi mendonasikan 52 Shelter Pod atau kamar tidur sementara yang disebar ke sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI Jakarta.

Puluhan shelter pod yang didonasikan ini telah dibekali fitur-fitur dasar seperti kasur, bantal, selimut, AC, dan stopkontak. Selain RSUD Tarakan, shelter pod juga diberikan ke RSPI Sulianti Saroso sebanyak 8 pod, RS Koja sebanyak 10 pod, RSUD Cengkareng sebanyak 10 pod, RS Pelni sebanyak 16 pod, dan RSKD Duren Sawit sebanyak 4 pod.

[Baca Juga: Rapid Test Diprioritaskan untuk Tenaga Kesehatan di Jakarta]

Secara simbolik, donasi ini serahkan langsung oleh Direktur PT. Bobobox Mitra Indonesia, Indra Gunawan kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, didampingi Direktur RSUD Tarakan Dian Ekawati pada Jumat (1/5/2020) kemarin.

RS Rujukan COVID-19 di Jakarta dapat Donasi Fasilitas Istirahat Nakes

“Alhamdulillah, kegiatan ini sangat baik, partisipasi dari swasta dan publik sangat berarti bagi kita semua. Kontribusi ini sangat berarti (dan) luar biasa, apalagi diperuntukan bagi seluruh tenaga medis yang selama ini jauh mungkin, bisa beristirahat sejenak mereka bekerja hampir 24 jam," ujar Riza, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Selaras itu, Riza mengingatkan betapa mulianya tugas yang diemban para nakes dalam membantu mengendalikan dan menangani penyebaran COVID-19, oleh karena itu sangat perlu didukung. Sedangkan bagi masyarakat bisa memberikan dukungan dengan cara mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dan PSBB. “Jadi perjuangan mereka mesti kita dihargai. Terima kasih sekali lagi atas kontribusi, mudah-mudahkan bisa diikuti oleh pengusaha lain. Saatnya kita berbagi, (dan) saling membantu sesama," tandas Riza.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.