RSKO Jakarta dan GIAN Komitmen Perangi Narkoba

Berita Kawasan

RSKO Jakarta dan GIAN Komitmen Perangi Narkoba

Peningkatan jumlah pengguna dan peredaran narkoba semakin menggugah keprihatinan berbagai pihak. Saat ini terdapat tidak kurang dari 4.000.000 pengguna narkotika dan lebih dari 30 kematian akibat narkotika setiap harinya. Jumlah ini menurun dari angka sebelumnya, berdasarkan publikasikan Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 2015 yang menyebutkan ada 50 kematian per hari akibat penyalahgunaan narkoba. Menyikapi hal tersebut, sejumlah pihak mulai dari pemerintah hingga organisasi kemasyarakat berkomitmen untuk memerangi peredaran narkoba.

Bentuk komitmen pemberantasan tersebut ditunjukan Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta dan Gerakan Indonesia Anti Narkotika (GIAN) saat memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) dalam kegiatan car free day (CFD) di Jakarta. “Kami mengajak semua pihak untuk semakin peduli pada program pemberantasan narkoba,” kata Direktur RSKO Jakarta dr. Azhar Jaya, MARS dikutip dari depkes.go.id (30/6/2019).

[Baca Juga: Peringati HANI, Polres Metro Jakbar Musnahkan Ratusan Kilo Narkoba]

Ketua Deputi Penyuluhan dan Pendidikan DPP GIAN Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc menyebutkan, jika negara ingin kuat maka masyarakatnya harus dibebaskan dari bahaya narkotika. Narkotika merusak seluruh elemen bangsa jika tidak ditanggulangi dengan seksama.

Kesempatan untuk memaksimalkan bonus demografi pada 2030 dan pencapaian Indonesia Emas 2045 akan sirna bila generasi penerus bangsa banyak kecanduan nerkotika. “Bagaimana bisa kita memperoleh bonus demografi yang berkualitas kalau ancaman nerkotika terus ada,” katanya.

[Baca Juga: Peringatan HANI di Depok Dihadiri 500 Generasi Milenial]

Pada penringatan HANI tersebut sekaligus juga dirangkai dengan acara Hari Ulang Tahun (HUT) RSKO Jakarta yang ke-47 dan HUT GIAN ke-2. Acara didisi dengan senam bersama, jalan santai, deklarasi anti narkoba, serta penyebaran materi informasi dan edukasi tentang Napza.

Tidak hanya itu, diadakan pula layanan pemeriksaan kesehatan gratis dan konseling yang dilakukan sejumlah tenaga medis dan paramedik RSKO Jakarta. Penyelenggaraan di CFD ini bertujuan agar upaya edukasi anti narkotika dapat lebih menjangkau berbagai lapisan masyarakat.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.