RSUB Maksimalkan Layanan untuk Pasien COVID-19

Kesehatan

RSUB Maksimalkan Layanan untuk Pasien COVID-19

Kesiapan Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB) untuk membantu pasien COVID-19 sudah layak dijadikan sebagai rumah sakit rujukan pasien COVID-19. Lokasi Rumah sakit ini sangat strategis dan terbilang sangat besar dengan tiga tower yang dapat dimaksimalkan

Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur Dr Sri Untari, berharap RSUB dapat beroperasi secara maksimal. Dengan lokasinya yang strategis akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan perawatan atau berobat.

"Kami mendorong agar memfungsikan RSUB untuk ikut bersama-sama menangani COVID-19 di Malang. Selain tempat merawat pasien, laboratoriumnya sangat dibutuhkan," ungkap Untari seperti dilansir malangtimes.com (21/04/2020).

RSUB Maksimalkan Layanan untuk Pasien COVID-19

Dengan memiliki laboratorium sendiri, kepastian pasien terkena COVID-19 atau tidak akan lebih cepat diketahui. Sekarang ini, seminggu baru bisa diketahui pasien positif atau tidak.

Pihak RSUB diminta untuk menyusun rencana anggaran belanja (RAB). Jadi, kebutuhan apa saja yang bisa didukung melalui anggaran COVID-19 Provinsi Jawa Timur.

"Kami tentunya akan ikut mendorong agar RSUB mendapat support untuk penanganan COVID-19. Sehingga persiapan yang saat ini dilakukan bisa lebih maksimal lagi," sambungnya.

[Baca Juga: Hentikan Penyebaran COVID-19, HIPAKAD di Kota Malang Bagikan APD]

Bahkan Untari juga akan menyampaikan usulan itu kepada Komisi IX DPR. Malah jika perlu dilakukan kunjungan oleh Komisi IX, hal itu bisa segera dilakukan. Apalagi, sebelumnya Menkes Terawan Agus Putranto sudah pernah datang ke RSUB.

Sementara itu, Direktur RSUB Dr dr Sri Andarini MKes menyatakan kesiapannya untuk menjadi rujukan pasien COVID-19. "Insya Allah, dalam waktu dekat ini kami sudah siap. Persiapan yang kami lakukan sementara ini mengunakan dukungan anggaran dari Kemenristekdikti dan anggaran UB," ujarnya.

Ruangan isolasi juga sedang disiapkan. Sementara peralatan yang dipesan akan tiba pada akhir April. RSUB sudah memesan peralatan sebulan yang lalu.

[Baca Juga: Persiapan Malang Raya Untuk Pengajuan Status PSBB]

"Memang ada kendala karena beberapa daerah sempat lockdown. Makanya alat baru bisa datang akhir April dan siap dioperasikan pada awal Mei," ungkapnya.

Untuk saat ini, ada 12 tempat tidur yang sudah siap dan awal Mei 14 tempat tidur. Secara keseluruhan, ada 40 ruang isolasi di lantai 6.

Manajemen RSUB berharap ada dukungan anggaran dari pihak lain untuk memenuhi standar peralatan praktikum. "RSUB merupakan RS pendidikan. Jadi, seluruh peralatannya harus memenuhi standar. Makanya kami berharap support yang luar bisa membantu dan mempercepat," ucap Sri Andarini


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.