ads
RSUD Depok Kini Punya Bank Darah Rumah Sakit.jpg

Kesehatan

RSUD Depok Kini Punya Bank Darah Rumah Sakit

Pelayanan transfus darah merupakan salah satu upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia untuk tujuan kemanusiaan, tanpa embel-embel untuk tujuan komersial.

Pelayanan tranfusi darah juga ialah salah satu bentuk kesehatan dalam rangka penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan yang membutuhkan ketersediaan darah.

[Baca Juga: UI Bangun Rumah Sakit PTN Pertama di Indonesia]

Hal itulah yang meneterbelakangi RSUD Depok untuk menyediakan layanan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) yang diresmikan langsung oleh Wakil Wali Kota Depok Priadi Supriatna (1/3/2019).

Perlu diketahui, BDRS sangat penting keberadaannya untuk masyarakat luas. Karena BDRS merupakan suatu unit pelayanan di rumah sakit yang bertanggung jawab atas tersedianya darah untuk transfusi yang aman, berkualitas dan dalam jumlah yang cukup untuk mendukung pelayanan kesehatan di rumah sakit.

[Baca Juga: Siswi Ini Berhasil Membuat Aplikasi untuk Bantu Donor Darah]

BDRS berfungsi sebagai pelaksana dan penanggung jawab pemenuhan kebutuhan darah untuk transfusi di rumah sakit sebagai bagian dari pelayanan rumah sakit secara keseluruhan.

Pradi mengatakan, peresmian instalasi bank darah diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan tranfusi darah melalui RSUD Depok.

“Ini adalah salah satu satu jawaban bagi masyarakat Depok untuk memudahkan akses kebutuhan darah,” tutur Pradi di aula Gedung BD RSUD Depok, seperti yang dilansir dari Depok.go.id (5/3/2019).

Selain bisa meringkankan biaya pasien tanpa harus ke Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Depok, adanya BDRS juga berfungsi untuk tetap menjaga ketersedian darah. Seperti contohnya, BDRS menyiapkan Standard Prosedur Operasional (SPO), pada setiap langkah kegiatan.

[Baca Juga: Ini Gebrakan Baru dari PMI Tangerang Selatan]

Tak hanya itu, BDRS berfungsi untuk menerima darah dari UTD yang telah memenuhi syarat uji saring (non-reaktif), merencakanan kebutuhan darah di rumah sakit, dan memantau persediaan darah harian atau mingguan.

BDRS Depok bisa dimanfaatkan untuk memeriksa darah yang cocok untuk pasien, hingga melakukan rujukan apabila ada kesulitan uji silang selasih, dan menerima darah yang sudah diuji sharing oleh PMI.

Dengan adanya BDRS, masyarakat khususnya pasien RSUD Depok diharapkan Pradi mampu mendapatkan darah tanpa harus menunggu waktu yang lama.

“Saya apresiasi kehadiran BDRS di RSUD Depok untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Semoga dengan adanya BDRS ini akan memudahkan pasien yang membutuhkan darah dari segi efektif dan efisien,” ujar Pradi.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  10 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  4 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads