RSUD Jagakarsa Ciptakan Aplikasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Kesehatan

RSUD Jagakarsa Ciptakan Aplikasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukkan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Berikut beberapa kategori yang termasuk ABK, tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, kesulitan belajar, gangguan prilaku, dan lain sebagainya. Karena katakterisrik dan hambatan yang dimiliki, ABK membutuhkan pelayanan pendidikan khusus yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan potensi setiap anak.

RSUD Jagakarsa Ciptakan Aplikasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Melansir dari laman Wikipedia, menurut pasal 130 (1) PP No. 17 Tahun 2010 mengenai Pendidikan khusus bagi peserta didik khusus dapat diselenggarakan pada semua jalur dan jenis pendidikan. Namun pada Permendiknas No. 70 tahun 2009 Pasal 3 ayat 2 menyatakan, ABK juga bisa mengikuti Sekolah Luar Biasa (SLB).

Sekolah alternatif ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi penyelenggara, bagi sekolah mereka bisa mendapatkan layanan yang lebih fokus sesuai dengan kebutuhan tiap anak. sedangkan keuntungan untuk anak adalah anak bisa menerima layanan sesuai kebutuhan yang sebenarnya tanpa membeda-bedakan.

[Baca Juga: 5 Sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Jakarta]

Maka dari itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jagakarsa menciptakan sebuah inovasi aplikasi untuk mendeteksi anak berkebutuhan khusus yakni Elektronik Manajemen Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Terintegrasi atau disingkat EMPATI.

Kepala RSUD Jagakarsa Dewi Mustika mengatakan, aplikasi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan tumbuh kembang ABK secara optimal, yang terintegrasi antara rumah sakit, pihak sekolah, orang tua anak, dan anak, sehingga lebih terfokus antar orang tua dan lembaga terkait.

Aplikasi ini sudah mulai berjalan sejak tahun ini, target penggunaannya pun ABK yang bersekolah, sehingga ABK mampu fokus menempuh pendidikan dan menggapai prestasi di bidangnya masing-masing karena selalu sehat.

[Baca Juga: Mengenal, Memahami, Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus]

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (23/10/2019) Dewi menjelaskan, dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam fitur yang dapat membantu orang tua untuk mendeteksi dini buah hatinya yang memiliki kebutuhan khusus. “Jika dari hasil skrining terdeteksi sebagai ABK, maka dapat dilakukan pendaftaran online ke poli psikologi RSUD Jagakarsa,” kata Dewi.

Dewi menambahkan, aplikasi ini sudah bida diunduh masyarakat melalui Play Store, untuk sementara ini aplikasi EMPATI hanya bisa diunduh di ponsel pintar yang memiliki sistem operasi android. Ukuran aplikasi ini juga tak terlalu besar hanya 12mb. Hingga saat ini, aplikasi EMPATI sudah diunduh lebih dari 1.000 pengguna.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.