RSUD Khusus COVID-19 di Bekasi Utara Mulai Beroperasi

Kesehatan

RSUD Khusus COVID-19 di Bekasi Utara Mulai Beroperasi

Pemerintah Kota Bekasi kembali menambah satu rumah sakit di wilayah Bekasi Utara yang dikhususkan untuk merawat pasien positif COVID-19. Rumah sakit itu memiliki kapasitas 100 tempat tidur. Saat ini sudah ada empat rumah sakit umum daerah dan satu rumah sakit darurat di kota itu yang digunakan untuk merawat penyintas.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, dengan beroperasinya RSUD Tipe D Bekasi Utara, layanan kesehatan untuk masyarakat diharapkan kian lebih dekat. Kesulitan warga untuk mencari tempat perawatan pasien COVID-19 bisa teratasi. ”Layanan menjadi dekat, tingkat kesulitan (mencari tempat tidur perawat) terselesaikan sehingga ada yang namanya kepuasaan masyarakat,” kata Rahmat seperti diberitakan kompas.id (3/2/2021).

RSUD Khusus COVID-19 di Bekasi Utara Mulai Beroperasi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati menambahkan, fasilitas kesehatan yang disiapkan di RSUD itu untuk sementara hanya fasilitas untuk rawat inap dan belum dilengkapi poliklinik dan belum dilengkapi ruang perawatan intensif (ICU). ”Kami menyiapkan 100 tempat tidur perawatan pasien COVID-19, dan diharapkan ini bisa menjadi alternatif penyelesaian bila terus terjadi peningkatan,” kata Tanti.

Ia menambahkan, sejauh ini pasien COVID-19 masih bisa diakomodasi untuk dirawat di RSUD dr Chasbullah Abdulmajid Kota Bekasi, RSUD Bantargebang, RSUD Pondokgede, RSUD Teluk Pucung, RSUD Tipe D Jatisampurna, dan Rumah Sakit Darurat Stadion Patriot Candrabhaga. Sejauh ini, tingkat keterisian pasien COVID-19 di berbagai rumah sakit itu masih tinggi, yakni hampir mencapai 90 persen.

[Baca Juga: Kasus COVID-19 Jawa Barat Melonjak, Keterisian Rumah Sakit Capai 66,55%]

”Keterisian pasien di rumah sakit memang masih belum turun. Dari keterisian pasien yang mencapai 90 persen sudah sedikit turun menjadi 85 persen. Mudah-mudahan turun terus sehingga tidak harus terus menyiapkan ruang isolasi,” kata Tanti.

RSUD Tipe D Bekasi Utara itu pada awal beroperasi didukung 60 tenaga kesehatan. Para tenaga kesehatan tersebut juga akan langsung bekerja melayani masyarakat mulai Rabu ini. ”Kami sudah punya tim kesehatan, di dalamnya ada empat dokter, salah satunya dokter paru. Jadi, rumah sakit ini dikhususkan merawat pasien bergejala ringan tanpa penyakit bawaan,” kata Tanti.

RSUD Khusus COVID-19 di Bekasi Utara Mulai Beroperasi

Isolasi Mandiri

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta seluruh daerah di Jabar untuk sebisa mungkin tak memberlakukan kebijakan isolasi mandiri di rumah. Menurut Emil, isolasi mandiri jadi akar persoalan tingginya kasus COVID-19 di keluarga.

Menanggapi itu, Rahmat mengatakan, isolasi di rumah tetap memungkinkan jika rumah pasien memenuhi standar. Tenaga kesehatan juga dua hari sekali mengunjungi rumah warga yang isolasi mandiri untuk mengetahui kondisi kesehatan pasien yang bersangkutan. ”Beda kalau rumahnya sempit dan kumuh, kami bawa ke stadion atau rumah sakit. Tetapi, kalau representatif, ya, tidak apa-apa,” kata Rahmat.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.