RSUD Kota Bogor Sudah Layani Pasien Non Covid-19

Kesehatan

RSUD Kota Bogor Sudah Layani Pasien Non-COVID-19

Setelah menjadi rumah sakit rujukan COVID-19 di Bogor, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor kini kembali membuka layanan pengobatan rawat jalan dan rawat inap untuk pasien non-COVID-19. Hal ini dilakukan lantaran tidak ada lagi lonjakan pasien COVID-19 yang terjadi di kota hujan ini.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Kota Bogor Ilham Chaidir menyatakan, karena kondisi perawatan pasien COVID-19 menurun dan rumah sakit memungkinkan merawat pasien non-COVID-19, maka dari itu, pihaknya kembali membuka pelayanan kesehatan pasien biasa. Menurutnya, mereka memiliki hak yang sama untuk dilayani.

Stop Hoaks 51 Nakes RSUD Kota Bogor Negatif COVID-19

Pelayanan pasien rawat jalan dan rawat inap non-COVID-19 telah efektif sejak 8 Mei lalu. Walaupun begitu, pihak rumah sakit tetap memastikan rasa aman dan nyaman bagi para pasien yang datang dengan memisahkan pasien COVID-19 dan biasa. Melansir dari kotabogor.go.id (11/5/2020)

Ilham menyebutkan, saat ini ada 31 pasien yang masih dirawat di ruang isolasi khusus COVID-19. Tepatnya berada di Gedung baru Blok 3 RSUD Kota Bogor. Sehingga untuk pasien aman karena jalurnya pun khusus. Pihak rumah sakit juga tetap memerhatikan protokol kesehatan apabila terdapat pasien yang akan melakukan pengobatan rawat jalan dan rawat inap.

"Alurnya pasien melalui penapisan triase. Kami periksa suhu tubuh dan pertanyaan screening berlapis, kemudian masuk ke poli rawat jalan. Kalau ada pasien demam kami pisahkan pelayanannya untuk memastikan tidak ada COVID-19," ujar Ilham.

[Baca Juga: Stop Hoaks! 51 Nakes RSUD Kota Bogor Negatif COVID-19]

Untuk pelayanan poli di RSUD Kota Bogor, pihaknya akan membuka pelayanan secara bertahap. Termasuk pelayanan Fisioterapi yang banyak dibutuhkan masyarakat. Hingga saat ini, hampir semua poli sudah buka seperti biasanya, hanya untuk poli mata dan mulut (gigi) yang dibatasi sementara.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menjelaskan, sesuai dengan perkembangan yang diperoleh dari RSUD Kota Bogor bahwa pasien COVID-19 mulai melandai sehingga bisa kembali menerima pasien non-COVID-19.

"Mudah-mudahan trend ini menjadi indikasi bahwa memang penyebarannya berkurang dan sudah tidak ada lonjakan pasien. Dari 128 bed yang disiapkan saat ini hanya diisi 31 pasien COVID-19," jelasnya.

Sebelumnya, RSUD Kota Bogor menutup pelayanan non-COVID karena ada 51 tenaga medisnya berstatus positif berdasarkan hasil rapid test. Namun berdasarkan hasil spesimen swab di laboratorium Collaborative Research Center milik Institut Pertanian Bogor (IPB) University, 51 tenaga medis dinyatakan negatif COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.


Comments


Please Login to leave a comment.