RTRA Citra Permata Rawat Tanaman Langka Khas Betawi

Berita Kawasan

RPTRA Citra Permata Rawat Tanaman Langka Khas Betawi

Bukan hanya seni budaya yang menjadi identitas suatu daerah, flora maupun fauna endemik suatu daerah pun juga bisa jadi identitas suatu tempat. Maka dari itu, flora dan fauna khas harus tetap terjaga kelestariannya agar masih tetap hidup dan awet dalam jangka waktu yang lama sehingga generasi mendatang juga mengenalnya.

DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia sendiri memiliki beberapa flora dan fauna endemik, misalnya Elang Bondol atau Lang Lang Merah yang juga jadi maskot Kota Jakarta. Namun sayang, semakin berkembangnya zaman keberadaan elang bondol makin sulit ditemukan. Tak ingin kehilangan tumbuhan khas, Pemerintah Kota Jakarta pun berusaha untuk menanam beberapa tumbuhan langka di kawasan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

[Baca Juga: Manfaat Tumbuhan Paku, Santapan, Pajangan, Hingga Bahan Baku Obat]

Tanaman tersebut adalah kecapi, nam-nam, cempedak, manggis, jamblang, pete, jengkol, buni, mundu, srikaya, sukun dan bacang. Seperti yang dilakukan Kelurahan Rawa Bunga baru-baru ini. Lurah Rawa Bunga Agustina menanam dan merawat tanaman langka di RPTRA Citra Permata. Hal ini merupakan upaya yang dilakukan sebagai langkah untuk melestarikan jenis tanaman langka agar tidak punah.

Melansir dari timur.jakarta.go.id (12/11/2019) Agustina mengatakan, penanaman beberapa tanaman langka sudah dilakukan sejak sebulan yang lalu. Beberapa tanaman ditanam sejak dari biji maupun ada yang dari hasil penyemaian dan pencangkokan. Tanaman tersebut merupakan bantuan dari Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur serta pihak swasta melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

[Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Ikut Panen di Cagar Buah Condet]

"Langkah tersebut merupakan langkah agar tanaman langka khas Betawi tidak punah, maka dari itu, RPTRA Citra Permata Rawa Bunga kini ikut berpartisipasi merawatnya dengan cara menanam tanaman tersebut. Penanaman baru dilakukan satu tahun lalu jadi pohonnya masih pendek," ujar Agustina.

Selain tanaman langka yang dimaksudkan di atas, RPTRA Citra Permata juga menanam serta merawar tanaman gohok, duku condet, menteng, dan jambu mede. Penanaman beberapa tumbuhan ini bukan hanya bentuk pemerintah peduli dengan tanaman asli Jakarta, tapi langkah ini juga membuat RPTRA lebih rimbun dan sejuk karena banyak tanaman.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.