RTRA Citra Permata Rawat Tanaman Langka Khas Betawi

Berita Kawasan

RPTRA Citra Permata Rawat Tanaman Langka Khas Betawi

Bukan hanya seni budaya yang menjadi identitas suatu daerah, flora maupun fauna endemik suatu daerah pun juga bisa jadi identitas suatu tempat. Maka dari itu, flora dan fauna khas harus tetap terjaga kelestariannya agar masih tetap hidup dan awet dalam jangka waktu yang lama sehingga generasi mendatang juga mengenalnya.

DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia sendiri memiliki beberapa flora dan fauna endemik, misalnya Elang Bondol atau Lang Lang Merah yang juga jadi maskot Kota Jakarta. Namun sayang, semakin berkembangnya zaman keberadaan elang bondol makin sulit ditemukan. Tak ingin kehilangan tumbuhan khas, Pemerintah Kota Jakarta pun berusaha untuk menanam beberapa tumbuhan langka di kawasan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

[Baca Juga: Manfaat Tumbuhan Paku, Santapan, Pajangan, Hingga Bahan Baku Obat]

Tanaman tersebut adalah kecapi, nam-nam, cempedak, manggis, jamblang, pete, jengkol, buni, mundu, srikaya, sukun dan bacang. Seperti yang dilakukan Kelurahan Rawa Bunga baru-baru ini. Lurah Rawa Bunga Agustina menanam dan merawat tanaman langka di RPTRA Citra Permata. Hal ini merupakan upaya yang dilakukan sebagai langkah untuk melestarikan jenis tanaman langka agar tidak punah.

Melansir dari timur.jakarta.go.id (12/11/2019) Agustina mengatakan, penanaman beberapa tanaman langka sudah dilakukan sejak sebulan yang lalu. Beberapa tanaman ditanam sejak dari biji maupun ada yang dari hasil penyemaian dan pencangkokan. Tanaman tersebut merupakan bantuan dari Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur serta pihak swasta melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

[Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Ikut Panen di Cagar Buah Condet]

"Langkah tersebut merupakan langkah agar tanaman langka khas Betawi tidak punah, maka dari itu, RPTRA Citra Permata Rawa Bunga kini ikut berpartisipasi merawatnya dengan cara menanam tanaman tersebut. Penanaman baru dilakukan satu tahun lalu jadi pohonnya masih pendek," ujar Agustina.

Selain tanaman langka yang dimaksudkan di atas, RPTRA Citra Permata juga menanam serta merawar tanaman gohok, duku condet, menteng, dan jambu mede. Penanaman beberapa tumbuhan ini bukan hanya bentuk pemerintah peduli dengan tanaman asli Jakarta, tapi langkah ini juga membuat RPTRA lebih rimbun dan sejuk karena banyak tanaman.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.