BARU_CEMPAKA-PUTIH_PENDIDIKAN_RUMAH-BELAJAR-TANAH-ABANG-UNTUK-KEJAR-PAKET-C_OCI_1000-X-600-px.jpg

Pendidikan

Rumah Belajar Tanah Abang untuk Kejar Paket C

Kelompok Belajar (Kejar) adalah jalur pendidikan nonformal yang difasilitasi pemerintah untuk siswa yang belajarnya tidak melalui jalur sekolah, atau bagi siswa yang belajar di sekolah berbasis kurikulum non-pemerintah seperti Cambridge dan International Baccalaureate (IB). Salah satunya adalah Kejar Paket C di Rumah Belajar Tanah Abang yang menjadi jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa dan siswi putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan atau pun hal lainnya.

Rumah Belajar Tanah Abang yang bertempat di Komp. PLN Jalan Tenaga Listrik Kebon Melati, Tanah Abang ini diperkuat lebih dari 60 relawan tutor professional dari berbagai macam bidang. Pendidikan kesetaraan ini menawarkan berbagai level dengan kurikulum yang memenuhi Standar Pendidikan Kesetaraan yang ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan diperkaya dengan muatan khusus dari Yayasan Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) sebagai penyelenggara.

[Baca Juga : Sekolah Rakyat Ancol, Pendidikan untuk Anak Kurang Mampu]

Sesuai dengan Permendikbud No. 20 tahun 2016 mengenai Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, YPAB menyediakan pembinaan kompetensi di tiga ranah, meliputi sikap, baik sikap spiritual maupun sosial, pengetahuan, dan ketrampilan. Berdasarkan sumber situs resmi YPAB, dengan demografi peserta didik dan situasi belajar yang khas, yaitu:

  1. Peserta didik dari masyarakat putus sekolah cenderung memiliki usia yang beragam dan berada di atas usia pendidikan formal;
  2. Keterbatasan waktu tatap muka dan belajar mandiri karena peserta didik biasanya butuh bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri dan/atau orang lain;
  3. Keterbatasan dana dan fasilitas yang dimiliki peserta didik, maka penyesuaian dilakukan atas kompetensi yang diharapkan dan penyajian pendidikan yang diberikan, sehingga dapat secara meningkatkan efektivitas belajar bagi peserta didik;

Pilihan Program

Selain Kejar paket C, berikut adalah program yang diselenggarakan Rumah Belajar YPAB Tanah Abang terkait dengan pendidikan kesetaraan.

1. Paket A (Setara SD)

Program Paket A menekankan pada kemampuan literasi dasar, berhitung, budi pekerti, kecintaan pada sains dan teknologi serta wawasan sosial dan lingkungan. Mata pelajaran yang akan diujikan dalan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan meliputi Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas diadakan tiap hari Sabtu, pukul 14.00-18.00 dan hari Minggu, pukul 10.00-14.00.

2. Paket B (Setara SMP)

Program Paket B menekankan pada fondasi yang kuat untuk pendidikan menengah lanjutan, pemberian sikap sosial maupun spiritual yang positif, kompetensi dasar baik sains, ilmu-ilmu sosial dan kebahasaan. Mata pelajaran yang akan diujikan dalan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan meliputi Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas diadakan tiap hari Sabtu, pukul 14.00-18.00 dan hari Minggu, pukul 10.00-14.00

3. Paket C (Setara SMA) – Peminatan Ilmu-ilmu Alam (IPA) dan Ilmu-ilmu Sosial (IPS)

Program Paket C menekankan pada fondasi yang kuat untuk pendidikan tinggi, pengetahuan dan ketrampilan dasar siap pakai, dikembangkannya sikap positif, penggalian potensi dan penajaman kompetensi di berbagai bidang. Rumah Belajar YPAB Tanah Abang membuka Paket C dengan peminatan (1) matematika dan ilmu-ilmu alam, dan (2) ilmu-ilmu sosial.

Dengan diperkuat oleh tutor-tutor dari latar belakang yang beragam dan sebagaian besar secara profesional bekerja di dalam bidang yang sesuai dengan bidang yang diajarkan, materi yang dibawakan akan diperkaya dengan wawasan pengetahuan praktikal.

[Baca Juga : Festival Suara Anak Dorong Generasi Muda Terus Kejar Pendidikan]

Mata pelajaran yang akan diujikan dalan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan untuk Paket C dengan kelompok peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam meliputi Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia dan Biologi. Kelas diadakan tiap hari Sabtu, pukul 12.00-18.00 dan hari Minggu, pukul 10.00-14.00.

Mata pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan untuk Kejar Paket C dengan kelompok peminatan Ilmu-ilmu Sosial meliputi Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Inggris, Geografi, Sosiologi dan Ekonomi. Kelas diadakan tiap hari Sabtu, pukul 14.00-18.00 dan hari Minggu, pukul 10.00-14.00.

Read More


Artikel Lainnya

Warga Kembali Berburu Ikan di Sungai Ciliwung

Berita Kawasan

Warga Kembali Mancing Ikan di Sungai Ciliwung

27 May 2019, 11:00  |  6 Views

Kondisi Sungai Ciliwung yang membaik mebuat ikan kembali hidup berkembang di dalam alirannya. Warga pun bisa merasakan manfaat dengan rekreasi mincing ikan.

Alat Bantu Dengar Widex Evoke Tawarkan Ragam Keunggulan

Kesehatan

Alat Bantu Dengar Widex Evoke Tawarkan Ragam Keunggulan

27 May 2019, 13:00  |  4 Views

Beberapa keunggulan dalam Widex Evoke antara lain memberikan kemampuan kepada pengguna untuk bisa menggunakan machine learning secara real time.

CNAF Kembali Catat Pertumbuhan Positif Laba di 2018

Bisnis

CNAF Kembali Catat Pertumbuhan Positif Laba di 2018

27 May 2019, 09:00  |  10 Views

Dengan raihan pertumbuhan positif, CNAF berhasil mengumpulkan total aset sebesar Rp2.5 miliar dan portofolio pembiayaan tercatat sebesar R2.2 triliun.

Dunia Internasional Apresiasi Pertanian Perkotaan di Jakarta

Berita Kawasan

Dunia Internasional Apresiasi Pertanian Perkotaan di Jakarta

27 May 2019, 15:00  |  6 Views

Atas keberhasilan dan pengalaman DKI Jakarta mengimplementasikan pertanian perkotaan, Pemprov DKI diundang untuk hadir dalam ajang internasional Urban Agriculture World Summit (UAWS) di Tokyo, Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.