Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

Kesehatan

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

Pondok pesantren dan rumah tangga menjadi dua kluster terbesar penularan COVID-19 di Jawa Tengah (Jateng). Pemerintah setempat meningkatkan pengawasan serta bantuan tes reaksi rantai polimerase atau PCR kepada daerah-daerah dengan kasus terbanyak. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di Kota Semarang pada Senin, 19 Oktober 2020, mengatakan, total tercatat 923 kasus positif COVID-19 di kluster pondok pesantren dengan rincian 123 orang dirawat di ruang isolasi khusus, 446 orang isolasi mandiri, 82 orang dirawat di rumah sakit, dan 272 orang sembuh.

Pada kluster rumah tangga terdapat 815 kasus dengan rincian 615 orang isolasi mandiri, 77 orang dirawat, 101 orang sembuh, dan 22 orang meninggal. "Pondok pesantren dan rumah tangga tertinggi, selanjutnya ada kluster tempat kerja dan pasar," ujar Ganjar seperti diberitakan kompas.id (20/10/2020).

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

Dua kluster tersebut tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Jateng, yang membuat angka kasus di Jateng masih tinggi. Ganjar pun menurunkan tim untuk mendampingi daerah-daerah yang kesulitan menurunkan angka kasus. "Kami bantu, termasuk yang tes PCR-nya (polymerase chain reaction, red.) rendah, seperti Banjarnegara dan Wonogiri. Selain itu, dioptimalkan juga konsep Jogo Tonggo, serta Kampung Tangguh (program kepolisian). Kami cek orang dengan penyakit darah tinggi dan gula (diabetes), dengan data dari puskesmas," Ganjar menerangkan.

Menurut data laman informasi COVID-19 Pemprov Jateng yang dimutakhirkan pada 19 Oktober 2020 pukul 12.00, terdapat 30.279 kasus positif kumulatif dengan rincian 3.493 orang dirawat, 24.489 orang sembuh, dan 2.297 orang meninggal. Selama ini, edukasi, sosialisasi, serta operasi yustisi sudah dilakukan di 35 kabupaten/kota di Jateng. "Kalau itu sudah dilakukan semua, tetapi masih tinggi, ada apa? Kami akan lakukan pendampingan ke daerah, ditemani IDI (Ikatan Dokter Indonesia) untuk cek," kata Ganjar.

[Baca Juga: Ganjar Minta Mahasiswa Ikut Edukasi Masyarakat Tentang Pandemi]

Epidemiolog dari Universitas Diponegoro Semarang dr. Ari Udijono menuturkan, dalam melakukan adaptasi kebiasaan baru, sebagian warga belum bisa menerapkannya dengan optimal. Di sisi lain, ada kejenuhan dari masyarakat sehingga merasa tertekan jika dipaksa patuh.

Oleh karena itu, setiap pemimpin di setiap level harus memberikan contoh dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga akan diikuti. "Hal ini yang benar-benar harus dikuatkan. Sebab, saat ini masih banyak warga yang tak menerapkan protokol kesehatan dengan baik," lanjut Ari.

[Baca Juga: Dinkes: 10 Pendemo di Kota Semarang Positif COVID-19]

Ganjar mengajak para kepala daerah di Jateng untuk menjadi contoh baik dalam menerapkan protokol kesehatan. Sebelumnya, ia mengingatkan Bupati Blora Djoko Nugroho dan calon wali kota Semarang, yang juga petahana, Hendrar Prihadi, yang bernyanyi tak menggunakan masker.

Pekan lalu, beredar video di media sosial, Djoko sedang bernyanyi dangdut tanpa menggunakan masker. Pada akhir pekan lalu, juga beredar video Hendrar sedang bernyanyi diiringi pemain musik yang juga tidak menggunakan masker.

"Sudah, sudah saya kontak Pak Wali Kota (Hendrar). Dia minta maaf dan bilang sebenarnya itu cuma sebentar. Saya katakan ya enggak, karena mestinya diingatkan juga. Sama dengan (Bupati) Blora juga gitu. Mari kita kasih contoh yang baik," tutup Ganjar.

Read More

Artikel Lainnya

Persetujuan Penggunaan Massal Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech, Pertama di Dunia

Kesehatan

Persetujuan Penggunaan Massal Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech, Pertama di Dunia

02 December 2020, 16:28

Inggris telah menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin virus corona Pfizer-BioNTech untuk digunakan secara luas. Sebelumnya, Rusia dan China telah mengeluarkan perizinan vaksin lain untuk penggunaan terbatas.

Baru Diluncurkan Dua Bulan Lalu, Desty Raih Pendanaan Awal dari East Ventures.jpg

Bisnis

Baru Diluncurkan Dua Bulan Lalu, Desty Raih Pendanaan Awal dari East Ventures

02 December 2020, 15:36

East Ventures mengumumkan mengucurkan seed funding untuk perusahaan startup yang baru diluncurkan pada Oktober lalu.

Pemkot Tangerang Gelar Deteksi Dini HIV AIDS.jpg

Kesehatan

Pemkot Tangerang Gelar Deteksi Dini HIV AIDS

02 December 2020, 14:08

Baru-baru ini Pemkot Tangerang menggelar kegiatan pendeteksian dini penyakit HIV AIDS untuk warganya.

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Do a.jpg

Berita Kawasan

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Doa

02 December 2020, 13:07

Kang Emil mendoakan Gubernur DKI Jakarta lekas pulih usai Anies Baswedan positif terinfeksi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.