Rumah Padat Karya Ini Realisasikan Ekonomi Kerakyatan di Kota Sura baya.jpg

Properti dan Solusi

Rumah Padat Karya Ini Realisasikan Ekonomi Kerakyatan di Kota Surabaya

Di tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pernah mengumumkan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk menghadirkan Rumah Padat Karya di puluhan kecmaatan di wilayahnya dengan memanfaatkan lahan milik pemerintah. Di mana target utamanya adalah agar hadir usaha yang memang bisa mengulurkan tangan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR setempat sebagai tenaga kerjanya dalam upaya mengentaskan masalah pengangguran serta kemiskinan di Kota Pahlawan. Salah satu realisasi dari upaya Pemkot Surabaya ini bisa dilihat di Kelurahan Beringin Kecamatan Sambikerep melalui Rumah Padat Karya Pendopo D’Bringins.

Rumah Padat Karya ini disebut memanfaatkan lahat bekas kantor Kelurahan Sambikerep yang memiliki luas 1.470 meter persegi dan menggabungkan tiga jenis usaha yang mampu memberdayakan 30 warga MBR di Kelurahan Beringin. Di mana sebelum diresmikan bulan lalu oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, para warga tersebut sudah melewati proses pelatihan untuk menggeluti bidang usaha yang akan dihadirkan di sini dan setelah itu, barulah mereka diberikan instrumen untuk memulai usahanya di sini.

Rumah Padat Karya Ini Realisasikan Ekonomi Kerakyatan di Kota Surabaya.jpg

Dari sisi usaha yang dibuka di Rumah Padat Karya Pendopo D’Bringins sendiri terdapat tiga jenis yang terdiri dari cuci motor serta mobil, laundry pakaian, serta kuliner. Camat Sambikerep Ferdhie Ardiansyah mengajak masyarakat Kota Surabaya untuk datang ke lokasi usaha kerakyatan ini demi membantu MBR mendapatkan pundi-pundi rupiah atas upayanya. Bahkan dari sisi harga yang ditawarkan untuk masyarakat pun terbilang sangat terjangkau. Dengan cuci motor Rp12.000 dan cuci mobil Rp35.000. Sedangkan untuk laundrynya pun dimulai dari Rp3.000 hingga Rp6.000 per kilogramnya, tergantung jenis jasanya.

[Baca Juga: Membangun Rumah Sehat di Lingkungan Padat Penduduk]

Untuk harga minuman yang ditawarkan di coffee shop Rumah Padat Karya Pendopo D’Bringins juga termasuk ramah di kantung yang dibanderol dari Rp5.000-Rp22.000. Menurut Ferdhie, selama satu bulan beroperasi sejak 20 Juni 2022, omzetnya cukup baik untuk usaha kerakyatan di sini. “Dalam satu bulan omzet untuk coffee shop telah mencapai Rp7 juta, Rp2 juta untuk laundry, dan Rp2,5 juta untuk cuci motor dan mobil,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari Surabaya.go.id (20/7/2022).

Pihak kecamatan juga disebut terus melakukan koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Surabaya demi menjadwalkan pelatihan baru bagi para MBR yang belum terserap tenaganya di wilayah ini, khususnya bagi mereka yang masih berusia muda serta produktif. Dengan salah satu pelatihan yang diagendakan adalah terkait digital marketing yang ke depannya bisa didirikan usaha jenis ini di Rumah Padat Karya Pendopo D’Bringins.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.