DEPOK_KESEHATAN_RUMAH SAKIT UNIVERSITAS INDONESIA (RSUI) SIAP BEROPERASI_OCI_REVISI 01-01.jpg

Kesehatan

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Siap Beroperasi

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) berfungsi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekaligus pendidikan dan penelitian mutakhir untuk melahirkan inovasi dalam deteksi dini penyakit, pengobatan, perawatan, dan pemulihan kesehatan.

Rumah sakit ini kelak akan menjadi tempat baru bagi pendidikan profesional pada beberapa fakultas rumpun ilmu kesehatan yang ada di UI, menggantikan RSCM sebagai Rumah Sakit Umum Pusat Nasional yang kian hari semakin berat bebannya dalam menyelenggarakan pelayanan yang bersifat spesialistik dan sub-spesialistik. Demikian dikatakan Direktur RSUI ‎dr. Julianto Witjaksono, Sp.OG (K), sepertip dikuti dari Antaranews.

Julianto menambahkan, mengatakan RSUI merupakan Rumah Sakit pendidikan pertama di Indonesia yang berorientasi sepenuhnya pada penyediaan lahan pendidikan profesional bagi dokter, dokter gigi, keperawatan, farmasi dan kesehatan masyarakat secara terintegrasi.

RSUI telah memiliki Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang termuat dalam surat yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Depok nomor: 645/976/IMB/DPMPTSP/2017 pada 18 April 2017. RSUI juga telah memiliki surat izin mendirikan rumah sakit umum kelas B yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat nomor: 445.1/Kep.58/041020/DPMPTSP/2018 pada 3 April 2018.

[Baca Juga : Mengenal Implan Koklea di RS PIK]

Julianto menjelaskan, RSUI akan berperan sebagai fasilitator bagi rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kota Depok dan sekitarnya untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta mengakomodasi pasien BPJS. RSUI merupakan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RS PTN) pertama di Indonesia yang mempunyai konsep dan rancang bangun sebagai fasilitas pelayanan kesehatan satu atap (one stop health services), mulai dari pelayanan primer, sekunder, hingga pelayanan unggulan.

Keunggulan RSUI

RSUI dibangun di atas lahan seluas 106.100 meter persegi dengan luas bangunan 82.074 meter persegi setinggi 14 lantai. Mampu menampung 300 tempat tidur (tahap pertama) dan berada di kompleks area Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan UI kampus Depok. Inilah satu-satunya RS PTN di Indonesia yang berada dalam alur transportasi konvensional dan mass rapid transportation karena letaknya di dalam Kampus UI Depok, Pondok Cina, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424. Dekat Stasiun Commuter Line Pondok Cina dan halte TransJakarta.

Bangunan RSUI mempunyai rancangan bangun fisik dengan Konsep Hijau (Green Hospital Concept) yang ramah lingkungan dan berorientasi sepenuhnya pada keselamatan pasien. Kompleks area Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) dan RSUI terhubung "sky bridge" untuk memudahkan akses.

Sivitas akademik Universitas Indonesia berhasil memadukan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dalam bidang teknik arsitektur, sipil, mekanikal, elektrikal, material, interior, elektro, komputer dan lingkungan untuk merealisasikan konsep hijau yang efisien pada bangunan rumah sakit modern berkapasitas 300 tempat tidur ini. Berbeda dengan rumah sakit lain, fitur keselamatan pasien dan kenyamanan bagi semua orang yang beraktivitas di dalam bangunan RSUI sudah lebih terencana.

Bangunan utama RSUI berdiri di atas bantalan anti gempa yang berada di dasar konstruksi yang bertujuan untuk menahan guncangan dengan aman hingga 9.0 Skala Richter. Setiap lantai memiliki kompartemen tahan api dan bebas asap sebagai area aman tempat berkumpul yang bertujuan untuk memudahkan evakuasi pada musibah kebakaran.

[Baca Juga : Kampanye Makanan Tinggi Serat di Instalasi Gizi RSUD Kota Tangerang]

Di sisi teknologi, RSUI merupakan RS PTN digital pertama di Indonesia yang menerapkan sistem manajemen operasional berbasis teknologi informasi jaringan dari ujung ke ujung (front end-to-back end). Rumah Sakit Universitas Indonesia memiliki pangkalan data dengan kapasitas penyimpanan sebesar 500 TB. Selain itu, banyak lagi keunggulan RSUI demi menjamin kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pasien. Hal-hal tersebut membuat warga Depok menanti-nanti peresmian rumah sakit besar dan canggih.

Read More

Artikel Lainnya

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kesehatan

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

18 August 2019, 20:00  |  2 Views

Untuk meningkatkan kepedulian serta mendorong wanita untuk melakukan deteksi dini kanker, Kampung Kepo diresmikan.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Properti dan Solusi

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

18 August 2019, 19:00  |  3 Views

Biasanya ampas kopi selalu berakhir di tempat sampah, namun ternyata endapan hasil akhir dari minuman lezat ini masih dapat Anda manfaatkan.

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

Bisnis

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

18 August 2019, 18:00  |  6 Views

GoPay menjadi uang elektronik pertama yang dapat menjadi opsi pembayaran biaya kirim barang melalui JNE. Kirim barang pun jadi lebih praktis.

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

Kesehatan

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

18 August 2019, 17:00  |  5 Views

Kader JKN berperan aktif menyukseskan Program JKN-KIS. Selain itu, berbagi informasi dan membawa manfaat kepada masyarakat.


Comments


Please Login to leave a comment.