ads
BOGOR_RUMAH TERARIA PUSAT REKREASI DAN LAYANAN ANJING KESAYANGAN_OCI_REVISI 01-01.jpg

Bisnis

Rumah Terraria, Pusat Rekreasi dan Layanan Anjing Kesayangan

Ada beberapa tempat wisata di Bogor yang melibatkan hewan peliharaan agar pengunjung, terutama anak-anak, bisa bermain bersama. Sebut saja Kuntum Farm Field, Bogor Mini Zoo, dan yang mungkin baru Anda dengar yaitu Rumah Terraria.

Rumah Terraria menjadi opsi yang wajib dikunjungi bagi Anda yang mencintai dan memelihara anjing. Di rumah ini, Anda sekeluarga bisa bebas menghabiskan waktu dan berekreasi bersama anjing kesayangan. One Stop Dog’s Entertainment yang bertempat di Jalan Platina II No. 7, Parung, Bogor ini bisa dikatakan sebagai pelopor pertama fasilitas untuk anjing. Tempat ini juga menyediakan sarana hiburan untuk Anda dan anjing kesayangan menikmati fasilitas serta bertemu dengan banyak pemilik dan anjing peliharaannya dengan suasana menyenangkan.

Pelatihan dan Penitipan

Pendiri Rumah Terraria Yudiyanto Tasma menjelaskan ketika didirikan pada tahun 2004 tempat ini belum menyediakan pelatihan dan penitipan. Awalnya, rumah ini merupakan sarana berkumpulnya para penggemar dan pemilik anjing Rottweiler. “Awalnya hobi, kita memelihara Rottweiler dan semua terfokus disana. Mulai dari pengembangbiakkan, pelatihan, show, dan lainnya yang berjalan hingga kurun waktu tiga tahun sejak awal berdiri,” ia menjelaskan.

[Baca Juga : Berlibur di Jakarta Selatan? Yuk ke Kebun Binatang Ragunan]

Kemudian Yudi mendapat masukkan dari teman-teman dan Perkumpulan Kinologi Indonesia (PERKIN) untuk mendirikan tempat yang layaknya di rumah tetapi dilengkapi banyak fasilitas. Melalui saran dan dukungan tersebut, dia akhirnya memberanikan diri mengikuti permintaan kerabat-kerabatnya dengan mendirikan tempat fasilitas untuk anjing yang luas dan terbuka. Tidak seperti petshop yang tertutup. Jadilah arena bermain dan pelatihan untuk anjing yang saat itu belum pernah ada di Indonesia.

Namun, Yudi juga mengungkapkan diluar alasan yang telah dijelaskannya tadi dalam mendirikan Rumah Terraria, sebenarnya faktor utama adanya tempat tersebut juga dikarenakan cita–cita dari keluarganya sejak dulu. “Tempat ini sebetulnya adalah impian dari kakek dan nenek saya. Mereka waktu itu pernah bercerita ingin membuka tempat fasilitas untuk anjing, tetapi belum sempat tercapai. Akhirnya, saya dan ayah yang meneruskan mimpi mereka,” ujar Yudi.

Selain mempunyai pekarangan yang luas yang membuat anjing bebas berlarian dan bermain, mereka juga menyediakan fasilitas kolam renang khusus untuk anjing. Pembuatan kolam renang ini pun, sebetulnya bukan tanpa alasan. Tidak hanya sekedar untuk bermain air, tetapi berenang merupakan aktivitas olahraga yang sangat baik untuk kesehatan anjing. “Berenang ini merupakan olahraga yang sangat aman dilakukan oleh anjing. Di luar untuk melatih stamina, untuk anjing yang sudah berusia tua dan memiliki masalah tulang dan persendian, olahraga ini adalah terapi yang sangat mendukung kesembuhan mereka dibandingkan jogging atau berlari,” terang Yudi.

[Baca Juga : Pilihan Eduwisata di 4 Museum Sekitar Bogor Botanical Garden]

Hal tersebut dikarenakan ketika berlari, anjing menahan tekanan tubuh mereka. Untuk anjing yang sudah berusia lanjut hal ini sangat berbahaya untuk persendian mereka. Namun, ketika berenang anjing benar-benar lepas dari beban. Tetapi, karena olahraga ini sangat melelahkan, berenang cukup dilakukan selama 15-30 menit.

Berbeda dengan Tempat Wisata Lain

Bila Anda mengunjungi tempat ini, pastinya akan terkesan dengan lingkungannya yang sangat bersih dan teratur, meskipun tempat ini dihuni sekitar lebih dari 100 ekor anjing. Ternyata, bagi Yudi, lingkungan bersih merupakan hal yang utama karena hal tersebut sangat mempengaruhi kesehatan anjing.

“Selain setiap hari seluruh area dibersihkan, sebulan sekali juga kami rutin melakukan penyemprotan kutu untuk menghindari resiko anjing yang menginap atau datang terkena kutu. Untuk anjing yang dititipkan untuk jangka waktu mingguan, seminggu sekali kami juga memandikan dan mengecek kesehatannya,” ungkapnya.

Menurut Yudi, faktor kebersihan juga merupakan first impression untuk pemilik anjing yang datang. Hal ini sangat memengaruhi kepuasan mereka selain kelengkapan fasilitas, karena apabila memiliki lingkungan yang bersih, para pemilik anjing pun akan senang dan merasa nyaman berada di tempatnya.

Bila di Kuntum Farm Field dan Bogor Mini Zoo, binatang peliharaan ditaruh di kandang, di Rumah Terraria para anjing bisa bebas berlari serta bermain. Dijamin kesenangan bermain bersama hewan peliharaan bukan hanya dirasakan oleh anak-anak dan pengunjung lain, tetapi binatangnya pun ikut senang.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  10 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  4 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads