rumpin bangjoOK2.jpg

Pendidikan

Rumpin Bangjo, Sebuah Asa Pendidikan Anak Jalanan Kota Semarang

Anak jalanan kerap mendapat stigma negatif dari masyarakat, keberadaan mereka sering dikaitkan dengan bermacam permasalahan sosial seperti diantaranya pencurian, pengamen jalanan, anak putus sekolah, penyalah gunaan narkoba dan sex bebas. Padahal banyak dari mereka yang bisa berprestasi dengan dukungan dan bantuan dari orang-orang yang memang memiliki perhatian lebih dan tujuan mulia terhadap kondisi mereka.

Salah satu komunitas di Semarang yang memiliki ketertarikan tentang anak jalanan adalah Komunitas Rumah Pintar (Rumpin) Bangjo. Mengedepankan pendidikan, Rumpin Bangjo menilai jika semua anak memiliki hak yang sama dalam hidup, pendidikan, layanan kesehatan dan sebagainya. Komunitas ini bertekad untuk memperjuangkan hak-hak anak jalanan tersebut melalui pendidikan.

rumpin bangjoOK.jpg

Rumpin Bangjo adalah lembaga swadaya masyarakat di bawah naungan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Tengah. Sekretariat Komunitas Rumah Pintar (Rumpin) Bangjo berada di Jalan Jembawan Raya No.8, Kalibanteng Kulon, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Jumlah anak-anak yang didampingi Rumpin Bangjo sekitar 30-an anak yang rata-rata usianya berkisar antara 7-13 tahun. Program utama yang digalakkan Rumpin Bangjo adalah pendidikan alternatif untuk anak-anak jalanan di Kota Semarang, khususnya di sekitar Pasar Johar.

Annisa Dewi Fortuna selaku Koordinator Komunitas Rumah Pintar Bangjo mengaku bahwa dirinya dahulu bukanlah sosok yang menyukai anak-anak jalanan, namun dengan terjunnya ia kedalam komunitas ini, cara pandangnya berubah. “Setelah gabung di Rumpin, kok aku jadi kayak flash back ke masa kecil aku. Habis sekali ngajar, kok akhirnya di Rumpin malah kaya main,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (15/7/2021).

Annisa dinobatkan sebagai Koordinator Rumpin Bangjo pada bulan September 2020 lalu setelah dinilai aktif sebagai relawan pengajar. “Karena kalau jadi koordinator harus siap bertanggung jawab ke seluruh relawan, collab dengan kampus sana-sini, dan satu lagi, untuk cari sponsorship. Apalagi background aku di organisasi memang kurang. Tapi sekarang malah aku yang jadi belajar. Ngurus anak-anak sekolah ke dinsos, belajar alurnya. Alhamdulillah sekarang lebih paham,” terang Nisa.

rumpin bangjoOK4.jpg

Kegiatan yang ia lakukan di Rumpin Bangjo ini adalah memperjuangkan hak anak jalanan diantaranya mendampingi anak-anak pantauan Rumpin Bangjo yang masih mengalami kesulitan ekonomi yang berdampak sulitnya mengenyam pendidikan. Dengan segala keterbatasan yang ada, Rumpin Bangjo berharap akan ada lebih banyak orang baik yang membantu komunitas ini. Bantuan tersebut nantinya tidak hanya digunakan untuk anak-anak jalanan saja, namun bisa dialokasikan untuk anak-anak kecil yang kurang mampu.

Nisa berharap agar masyarakat tidak menganggap anak jalanan sebelah mata, karena dengan adanya Rumpin Bangjo ini, anak jalanan yang tadinya tidak bersekolah, saat ini telah kembali bersekolah. Walaupun masih ada beberapa anak jalanan yang belum bersekolah, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang ini menyebut bahwa permasalahan umum mengapa anak jalanan belum bisa bersekolah dikarenakan tidak memiliki dokumen yang lengkap seperti KTP orang tua, Akta Kelahiran hingga Kartu keluarga.


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.