Rumput Laut untuk Biofuel 1.jpg

Bisnis

Rumput Laut Pengganti Bahan Bakar Minyak?

Penelitian terbaru yang dilakukan beberapa peneliti, diantaranya Professor Avigdor Abelson dari Tel Aviv University’s Department of Zoology and The New Renewable Energy Center Israel, Dr. Alvaro Israel dari The Israel Oceanography Institute, Professor Aharon Gedanken dari Bar-Ilan University, Dr. Ariel Kushmaro dari Ben-Gurion University, dan salah satu murid mereka Leor Korzen, PhD. menemukan bahwa beberapa tanaman laut mampu menghasilkan bioetanol yang sering digunakan sebagai bahan bakar transportasi.

Tim peneliti melakukan penelitian hingga ke dasar laut untuk menganalisis sumber energi terbarukan yang tidak membahayakan habitat alam dan keanekaragaman hayati. Mereka mengatakan, rumput laut dapat tumbuh lebih cepat dan dipanen tanpa mengorbankan ekosistem lainnya.

[Baca Juga: Inspiratif! Warga Meruya Utara Olah Sampah Jadi Energi]

“Ini berarti rumput laut memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai biofuel dan bermanfaat bagi kehidupan manusia tanpa merusak habitatnya, “ kata Prof. Abelson seperti dilansir Sciencedaily (18/1/19).

Manfaat Rumput Laut untuk Biofuel

Para peneliti percaya bahwa memproduksi biofuel dari bahan berbasis rumput laut mampu memecahkan masalah yang selama ini timbul. Sistem yang sedang dikembangkan tim peneliti adalah Combined Aquaculture Multi-Use Systems (CAMUS).

Sistem ini memperhitungkan segala kemungkinan dan realitas kehidupan laut dan aktivitas manusia di dalamnya.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Timur Targetkan 1 Juta Biopori]

“Dengan menggunakan beberapa spesies alga, CAMUS dapat mengubah sampah laut menjadi sumber daya produktif seperti biofuel. Pada saat yang sama juga mengurangi dampak polusi terhadap ekosistem lokal, “ ujarnya.

Saat ini mereka tengah bekerja keras meningkatkan isi karbohidrat dan gula dari rumput laut untuk fermentasi efisien menjadi bioetanol. Mereka juga percaya bahwa makroalga akan menjadi sumber utama biofuel di masa depan.

Sistem CAMUS yang baru diprediksi dapat mengubah rumput laut menjadi bioetanol yang produktif, efisien, dan hemat biaya.


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.