Rute Susuri Desa Ditiadakan, Borobudur Marathon Tetap Berlangsung

Berita Kawasan

Rute Susuri Desa Ditiadakan, Borobudur Marathon Tetap Berlangsung

Selain menggelar kompetisi lari secara virtual di beberapa daerah, ajang lari Borobudur Marathon 2020 akan tetap menggelar lari di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kendati demikian, dalam penyelenggaraan kali ini, rute lari dipastikan tidak akan lagi menyusuri jalan-jalan desa seperti biasanya.

Project Officer Borobudur Marathon 2020 Budhi Sarwiadhi mengatakan, rute lari tidak mungkin dibebaskan menyusuri desa karena berpotensi menimbulkan pelanggaran protokol kesehatan. ”Kegiatan lari ke desa-desa sangat rentan memicu terjadi kerumunan,” ujarnya seperti diberitakan kompas.id (18/10/2020).

Rute Susuri Desa Ditiadakan, Borobudur Marathon Tetap Berlangsung

Borobudur Marathon 2020 akan digelar 15 November 2020. Pelari nantinya hanya akan digelar dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Kategori hanya dibuka untuk satu kategori, yaitu full marathon (FM). Untuk memenuhi jarak 42,195 kilometer, peserta akan memutari area Taman Lumbini dalam kompleks candi sebanyak 12 kali.

Jumlah pelari yang akan terlibat dalam kategori FM di kompleks candi juga dibatasi hanya 30 orang. Mereka semua adalah sejumlah tokoh dan atlet lari nasional, antara lain Jauhari Johan, Atjong Tio, Trianingsih, dan Asma Bara. Semua pelari nantinya akan menginap di sejumlah hotel yang telah disediakan panitia.

[Baca Juga: 5 Candi Selain Borobudur di Kawasan Jogja yang Wajib Dikunjungi]

Para pelari nantinya akan langsung menjalani tes usap saat datang, Kamis (12/10/2020), dan seusai lari, Minggu (15/10/2020). Setelah tiba, mereka juga tidak diizinkan pergi ke mana pun tanpa dampingan panitia. Budhi menekankan, selama menunggu ajang Borobudur Marathon 2020, sejak Kamis, 12 Oktober 2020 hingga Minggu, 15 Oktober 2020, pihaknya sama sekali tidak mangagendakan acara jalan-jalan, wisata, ataupun berbelanja di kawasan Borobudur.

Lari Virtual

Selain mereka yang lari dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Borobudur Marathon 2020 juga akan diikuti oleh 9.090 pelari yang akan berlari secara virtual dengan menempuh rute di wilayahnya masing-masing. Selain dari beberapa daerah di seluruh penjuru Nusantara, sebagian pelari juga ada yang berasal dari sejumlah negara asing.

Rute Susuri Desa Ditiadakan, Borobudur Marathon Tetap Berlangsung

Dari jumlah tersebut, persentase pelari terbanyak, sekitar 43 persen, akan berlari untuk kategori 10 kilometer, dan 57 persen lainnya akan mengikuti kategori FM, half marathon (HM) sepanjang 21 kilometer, dan friendship run dengan rute sejauh 3,8 kilometer.

Budhi mengatakan, total jumlah pelari Borobudur Marathon 2020 ini memang di bawah jumlah pelari dalam Borobudur Marathon 2019, yang mencapai hingga sekitar 11.000. Namun, capaian peserta ini sudah jauh melebihi target. "Karena digelar di tengah pandemi, kami hanya menargetkan jumlah pelari Borobudur Marathon 2020 hanya sebanyak 5.000 orang," jelas Budhi.

Read More

Artikel Lainnya

RS Lapangan Beroperasi Harapan Kota Bogor yang Kritis

Kesehatan

RS Lapangan GOR Pajajaran Beroperasi, Harapan Kota Bogor yang Kritis

19 January 2021, 14:03

Kondisi Kota Bogor masih kritis dan darurat. Kedisiplinan untuk taat pada protokol kesehatan harus ketat dilakukan jika tak ingin rumah sakit penuh.

Kegawatdaruratan Psikiatri di Rumah Sakit Duren Sawit

Kesehatan

Wisma Atlet Kemayoran Kini Khusus Rawat Pasien Bergejala

19 January 2021, 13:02

Pengaturan bentuk antisipasi yang disiapkan mengingat sejak sebelum libur Natal dan Tahun Baru pihaknya sudah diingatkan tentang risiko lonjakan kasus positif dua pekan pascalibur panjang.

Catat! Ini Jadwal MRT dan Transjakarta di PSBB Masa Transisi.jpg

Bisnis

HUT ke-17, Transjakarta Ingin Tingkatkan Penumpang & Patuhi Protokol Kesehatan

19 January 2021, 12:01

Ada pekerjaan rumah yang mesti dikerjakan Transjakarta, yaitu mengembalikan lagi "mantan-mantan" penggunanya untuk mau menggunakan bus berjalur khusus tersebut.

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

Berita Kawasan

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

18 January 2021, 17:17

Tentunya Penghargaan ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan Kinerja Baik Pemko maupun FKUB untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan.


Comments


Please Login to leave a comment.