Rutin Konsumsi Bawang Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara

Kesehatan

Rutin Konsumsi Bawang Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara?

Kanker payudara masih menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan perempuan di dunia. Di Indonesia saja, lebih dari 150.000 kasus kanker payudara terjadi setiap tahunnya. Penyebabnya tidak dapat diketahui pasti, namun para ahli menduga munculnya kanker di payudara dikarenkanan adanya interaksi antara faktor genetik dengan gaya hidup, lingkungan, dan hormon, sehingga sel menjadi abnormal dan tumbuh tidak terkendali.

[Baca Juga: Bukan Cuma Penyedap Rasa, Ini 7 Manfaat Kesehatan Bawang Merah]

Beberapa faktor diketahui bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Seperti diantaranya adalah faktor keturunan dan juga bertambahnya usia. Bahkan perempuan yang berusia di atas 40 tahun lebih mudah terkena kanker payudara dibandingkan dengan perempuan yang lebih muda.

Untuk mencegah risiko terkena kanker payudara, ternyata bisa juga dengan rutin mengonsumsi bawang. Hal itu diketahui setelah beberapa ilmuwan dari University of Puerto Rico mencoba meneliti hubungan antara bawang dengan penyakit kanker payudara.

Rutin Konsumsi Bawang Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara

Para Ilmuwan tersebut menggunakan sofrito, yang biasa dikonsumsi penduduk setempat untuk melakukan penelitian tersebut. Sofrito sendiri merupakan sejenis saus khas mediternia yang memiliki banyak kandungan bawang di dalamnya. Dalam penelitiannya, Ilmuwan melibatkan 314 perempuan dengan kanker payudara dan 346 wanita sehat usia 30 hingga 76 tahun.

Selama 6 tahun pengamatan, hasil diketahui bahwa perempuan yang sering mengonsumsi sofrito lebih dari sekali dalam sehari mengalami penurunan 67 persen risiko kanker payudara dibanding perempuan yang tidak memakannya.

Rutin Konsumsi Bawang Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara

Hal itu kemungkinan besar disebabkan kandungan flavonol dan organosulfur yang ada di dalam bawang. Flavonol dan organosulfur sendiri diketahui memiliki sifat antikarsinogenik yang bisa mengurangi peradangan dan mencegah perkembangan sel-sel kanker.

Selain untuk mencegah kanker payudara, mengonsumsi bawang juga sangat baik untuk tubuh karena di dalamnya terkandung pula fosfor, kalsium, kalium, vitamin C, zat besi, dan natrium.

[Baca Juga: Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh]

Akan tetapi, kalian tidak perlu mengonsumsi bawang secara berlebihan dalam sekali makan. Cukup mengonsumsi secara rutin agar mendapat manfaatnya bagi tubuh. Sebab, dilansir dari laman Cleveland Clinic terlalu banyak makan bawang juga bisa menyebabkan masalah seperti bau mulut, bau badan, perut kembung, dan sakit perut.

Read More

Artikel Lainnya

Sebelum di Haramkan, Ini 5 Dampak Positif Dari Netflix

Bisnis

Sebelum Diharamkan, Ini 5 Dampak Positif Dari Netflix!

27 January 2020, 18:00

Ada isu yang beredar kalau Netflix akan mendapat fatwa haram dari MUI. Sebelum itu terjadi, mari fokus pada dampak positif dari platform streaming film ini.

Melalui Afganfund.com, Afgan Ajak Penggemarnya Ulurkan Tangan

Berita Kawasan

Melalui Afganfund.com, Afgan Ajak Penggemarnya Ulurkan Tangan

27 January 2020, 17:00

Selain melalui konser amal, gerakan sosial Afgan juga digelar melalui laman afganfund.com. Anda yang ingin membantu pendidikan anak-anak Indonesia bisa mengunjungi laman tersebut.

Film 1917 Diprediksi Berjaya di Ajang Oscar 2020

Berita Kawasan

Film 1917 Diprediksi Berjaya di Ajang Oscar 2020

27 January 2020, 16:00

Penonton dibuat kagum dengan teknik one take one shoot yang dilakukan sutradara Sam Mendes membuat film 1917 menjadi calon kuat peraih gelar Film Terbaik Oscar 2020.

Hati-hati Coronavirus Kenali dan Cegah Penyakitnya

Kesehatan

Dinkes DKI Buka Layanan Telepon Terkait Virus Corona

27 January 2020, 15:00

Total ada sebanyak 13 negara yang konfirmasi warganya telah teridentifikasi virus Corona. Untuk mencegahnya, Dinkes DKI buka layanan telepon untuk warganya.


Comments


Please Login to leave a comment.