Rutin Minum Suplemen Dokter RSA UGM Tidak Boleh Berlebihan.jpg

Kesehatan

Rutin Minum Suplemen? Dokter RSA UGM: Tidak Boleh Berlebihan!

Di masa pandemi COVID-19 yang sudah membayang Indonesia selama lebih dari dua tahun mendorong banyak masyarakat di Indonesia untuk terbiasa mengonsumsi suplemen seperti vitamin tablet secara rutin demi menjaga imunitas. Bahkan mungkin di antara Anda sudah sejak lama memiliki kebiasaan meminum suplemen di pagi hari agar tetap menjaga kebugaran atau untuk perawatan kecantikan. Mengonsumsi suplemen memang memiliki banyak manfaat tapi bila dilakukan dalam jangka panjang dan berlebihan maka menurut dokter di Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM) ini akan memiliki dampak negatif terhadap kesehatan.

Peringatan ini disampaikan oleh dr. Putu Kusumarini, MPH., Sp.PD., KGH, dalam dialog yang digelar di channel YouTube RSA Akademik pada 26 April 2022. Di mana dalam talkshow bertajuk Painak & Paini: Cegah Gagal Ginjal itu, ia mengungkapkan bahwa konsumsi suplemen harus sesuai aturan dengan dosis yang sesuai. Karena bila dilakukan secara berlebihan dengan jangka waktu yang lama maka menurut dokter spesialis penyakit dalam itu, risiko gagal ganjal bisa membayangi Anda.

Rutin Minum Suplemen Dokter RSA UG Tidak Boleh Berlebihan.jpg

Penyakit gagal ginjal ini walau tidak tinggi pengidapnya di Indonesia namun tidak boleh dipandang sebelah mata. Mengingat dari riset yang dirilis Kementerian Kesehatan di tahun 2013 terungkap bahwa ada 499.800 pasien yang terdiagnosa gagal ginjal oleh dokter di Tanah Air dan angka ini melonjak di tahun 2018 dengan jumlah 713.783 orang yang mengidapnya.

Dokter yang juga mengembang profesi sebagai konsultan ginjal serta hipertensi itu, turut mewanti-wanti generasi muda mengenai hal ini. Karena suplemen seharusnya diberikan sesuai dengan anjuran dokter atau paling tidak dengan aturan yang tertera di label suplemen dan harus didampingi dengan pola makan yang sehat, olahraga serta istirahat yang cukup, dan menghindari makanan yang berpengawet bila ingin menjaga kesehatannya.

[Baca Juga: Cara Memilih Suplemen yang Tepat Bagi Kesehatan Tubuh]

Lantas bagaimana bila Anda tetap nekat mengonsumsinya dalam jangka waktu panjang? Suplemen yang dikonsumsi secara berlebihan ini berdasarkan pengalamannya sebagai dokter penyakit dalam, dr. Putu pernah menemukan pasiennya yang terkena gagal ginjal akibat mengonsumsi suplemen selama bertahun-tahun.

“Bahkan, saya pernah dapat pasien yang ingin kulitnya putih mulus dan lalu dia mengonsumsi suplemen tertentu. Padahal, petunjuk konsumsinya hanya sekali sehari, tapi dia mengonsumsinya dua kali dalam sehari dan selama tiga tahun, akhirnya ya gagal ginjal. Jadi buat anak muda, memang suplemen-suplemen itu aman, tapi asal dikonsumsi sesuai dosisnya dan tidak jangka panjang,” tegasnya, sebagaimana dikutip dari UGM.ac.id (28/4/2022).


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.