Safari Pelayanan KB di Tangerang Selatan Jangkau 205 Akseptor

Kesehatan

Safari Pelayanan KB di Tangerang Selatan Jangkau 205 Akseptor

Pengendalian laju pertambahan penduduk tidak akan bisa dilakukan tanpa Program Keluarga Berencana atau KB. Program ini kembali digalakkan pemerintah pusat pada akhir September 2019 dalam rangka memperingati hari kontrasepsi sedunia. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan Safari Pelayanan KB di empat kelurahan. Usaha ini berhasil menjangkau 205 akesptor atau pengguna alat kontrasepsi.

Safari Pelayanan KB di Tangerang Selatan Jangkau 205 Akseptor

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengadakan gebyar pelayanan KB berupa safari pelayanan KB tersebut di Kelurahan Sawah, Kelurahan Pondok Ranji, Kelurahan Cilenggang, dan Kecamatan Pondok Aren.

[Baca Juga: Kementerian Bangladesh Penasaran Program KB Puskesmas Sawangan]

Kepala DPMP3AKB Tangsel Khairati, menjelaskan, gebyar pelayanan KB ini merupakan arahan dari BKKBN Pusat melalui surat edaran tertanggal 32 Juli 2019 dengan nomor 2545/TU.201/E2/2019 tentang Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2019 yaitu sebagai wahana peningkatan komitmen dan dukungan berbagai pihak dalam percepatan pencapaian program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang menitikberatkan pada peningkatan cakupan pelayanan KB.

Safari Pelayanan KB di Tangerang Selatan Jangkau 205 Akseptor

“Dengan KB dapat mendukung langsung upaya penurunan laju pertambahan penduduk di kota Tangsel, di mana Tangsel merupakan kota dengan laju pertumbuhan penduduk tertinggi di Provinsi Banten,” ungkap Khairati seperti dilansir dari tangerangselatankota.go.id.

Sementara itu, Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera pada DPMP3AKB Tangsel Ellen Hutabarat mengungkapkan, gebyar pelayanan KB ini diharapkan meningkatkan cakupan pelayanan KB secara signifikan serta mengedukasi masyarakat mengenai program KKBPK yang nantinya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Tangsel. “Kita ingin meningkatkan pelayanan KB dan kesehatan reproduksi guna mencapai Indonesia sehat,” singkatnya.

[Baca Juga: Mengenal Program Kampung KB untuk Kesejahteraan Masyarakat]

Dalam gebyar KB ini dilakukan pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang yaitu Intra Uterine Device (IUD) dan Implan (susuk KB), dimana pelayanan dilakukan mulai pukul 08.00 WIB. Petugas yang diturunkan sebanyak 60 orang terdiri atas dokter penanggung jawab dua orang, bidang 16 orang, PLKB 40 orang dan administrator kegiatan sebanyak dua orang.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.