Sah! UMP DKI Jakarta Naik Tahun 2023 Jadi Rp4,9 Jut a.jpg

Bisnis

Sah! UMP DKI Jakarta Naik Tahun 2023 Jadi Rp4,9 Juta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada 28 November 2022 memberikan kabar baik bagi para pekerja di Ibu Kota. Karena berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 1153 Tahun 2022, jumlah Upah Minimum Provinsi atau UMP DKI Jakarta naik dari sebelumnya Rp4.641.854 menjadi Rp4.901.798. Dengan ini maka terdapat kenaikan sekitar Rp259.944 dan peningkatan angka UPM DKI Jakarta ini disebut sudah melalui berbagai proses, termasuk mengacu kebijakan pemeirntah pusat hingga sidang di Dewan Pengupahan Provinsi DKI Jakarta.

Kenaikan ini disebut berdasarkan sejumlah pertimbangan. Dari mulai nilai pertumbuhan ekonomi serta inflasi di DKI Jakarta dan tak lupa ini juga berhubungan dengan produktivitas serta perluasangan kesempatan kerja dalam rangka mempertahakan daya beli para pekerja di Ibu Kota. Semua aspek ini juga memiliki benang merah untuk perkembangan berbagai usaha yang menjajakan barang-barang di DKI Jakarta.

Sah! UMP DKI Jakarta Naik Tahun 2023 Jadi Rp4,9 Juta.jpg

Pemprov DKI Jakarta mengingatkan kepada para pengusaha agar bisa menyususn serta struktur serta skala pengupahan di perusahaan untuk pekerjanya yang masa kerjanya di atas satu tahun. Pasalnya, hal yang perlu dicatat adalah angka Rp4.901.798 ini hanya upah untuk para pekerja atau buruh dengan masa kerjanya kurang dari setahun, sehingga yang di atas setahun disinyalir tidak diperbolehkan memiliki jumlah angka yang sama. Bahkan Pemprov DKI Jakarta siap berkomitmen untuk melakukan pengawasan hingga memberikan sanksi bagi pengusaha yang tak mengikuti aturan ini.

Sebagaimana dilansir dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (28/11/2022), Pemprov DKI Jakarta juga tak hanya mengatur UMP saja untuk mendorong peningkatan kesejahteraan para buruh di Ibu Kota yang di mana ini direalisasikan melalui berbagai program. Dari mulai peningkatan penerima manfaat Kartu Pekerja Jakarta yang sekarang UMP+15 persen, melibatkan para buruh ikut dalam program JakPreneur, pelatihan para buruh yang mengalami PHK, hingga meluaskan program transportasi gratis bagi para buruh yang bekerja di dalam dan luar DKI Jakarta.

[Baca Juga: Pekerja Kala Pandemi: Upah Kurang, PHK Tanpa Pesangon, THR Dicicil]

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah mengungkapkan bahwa pihaknya berharap bahwa kebijakan peningkatan UMP serta berbagai program yang menargetkan para pekerja serta buruh di Ibu Kota memang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Namun di sisi lain tampaknya kenaikan UMP bagi para buruh serta pekerja Ibu Kota ini mendapatkan respons negatif dari para pengusaha di Ibu Kota. Sebagaimana dilansir dari Beritasatu.com (28/11/2022) Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo DKI Jakarta menyuarakan keberatannya yang menegaskan dampah pandemi COVID-19 hingga saat ini belum berhasil mereka pulihkan sepenuhnya serta dikombinasikan ancaman krisis global sehingga rasanya kesulitan untuk meningkatkan pengeluaran perusahaanya untuk upah padahal di sisi lain, swasta harus berupaya mempertahankan eksistensi perusahaannya di tengah kesulitan yang terjadi saat ini.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.