Sajian Wajib Lebaran Khas Kota Pahlawan, Silakan Mencoba

Kuliner

Sajian Wajib Lebaran Khas Kota Pahlawan, Silakan Mencoba!

Kegiatan berburu makanan atau pun kudapan saat menjelang Hari Raya Idulfitri sudah jadi tradisi yang menahun. Akan jadi sesuatu hal yang kurang afdal jika, tidak ada barisan santapan yang dihidangkan berjejer rapi di atas meja, untuk menyambut tamu di perayaan hari kemenangan umat Muslim.

Bicara soal kuliner, selain Indonesia memiliki banyak suku, etnis dan kebudayaan, tentunya ada terdapat banyak jenis makanan atau pun kudapan khas daerah masing-masing, di bumi nusantara ini. PingPoint menghimpun dari berbagai sumber, berikut daftar hidangan khas daerah Surabaya yang wajib tersaji saat lebaran.

Sajian Wajib Lebaran Khas Kota Pahlawan, Silakan Mencoba Kue Mente

1) Kue Mente

Kudapan yang satu ini memang khas dan terkenal hingga ke daerah lain. Kue kering berbahan dasar kacang mete alias kacang mente ini memiliki tekstur yang sangat empuk dan lembut ketika digigit. Biasanya kue ini disajikan dalam kemasan kotak cantik berlogo ikan dan buaya yang merupakan ikon Kota Surabaya.

[Baca Juga: Lanjut Hingga Lebaran, Begini Refleksi Penerapan PSBB Kota Pahlawan]

Sajian Wajib Lebaran Khas Kota Pahlawan, Silakan Mencoba Keripik Buah

2) Keripik Buah

Surabaya dan sejumlah wilayah lainnya di Jawa Timur memang dengan camilan buah-buahan yang diolah menjadi keripik. Terasa pas dan tidak terlalu berat bagi perut, jika kudapan satu ini disajikan di meja makan atau ruang tamu saat Idul Fitri nanti. Untuk pilihan jenisnya pun beragam, mulai dari keripik apel, keripik nangka, dan lain-lain.

Sajian Wajib Lebaran Khas Kota Pahlawan, Silakan Mencoba Spikoe

3) Spikoe

Bagi Pointers yang ingin menyuguhkan kue tradisional bisa saat lebaran nanti, kue yang satu ini sangat dianjurkan. Spikoe, bukan lagi makanan khas yang wajib dihidangkan saat hari-hari besar, kue ini juga sudah menjadi oleh-oleh khas Surabaya lho. Camilan ini, mirip dengan bolu lapis tapi teksturnya begitu lembut dengan tambahan kismis di atasnya. Saking identiknya dengan Surabaya, kue ini pun kerap disebut Lapis Surabaya.

[Baca Juga: Ada Kisah Cinta di Balik Terciptanya Lumpia Semarang]

Sajian Wajib Lebaran Khas Kota Pahlawan, Silakan Mencoba Bebek Djangkep

4) Bebek Djangkep

Setelah ada banyak pilihan camilan, kini saatnya memilih menu santap berat. Bebek Djangkep bisa jadi salah satu pilihan yang tidak diragukan lagi. Berbeda dari olahan bebek pada umumnya, bebek djangkep memiliki rasa yang cukup unik. Pengolahannya, dengan cara diungkep bersama banyak rempah-rempah pilihan. Soal rasa jangan ragu, sangat khas dan menggugah selera.

Sajian Wajib Lebaran Khas Kota Pahlawan, Silakan Mencoba Belinjo Udang

5) Belinjo Udang

Bingung menyajikan apa saat lebaran? Belinjo udang atau sering disebut dengan belindang ini juga bisa jadi alternatif untuk jadi suguhan di hari kemenangan lho, Pointers. Bahan utama camilan ini menggunakan emping udang asli dengan tambahan bumbu rempah. Dalam proses pembuatan dan pengolahannya pun bisa dengan pilihan varian rasa original, balado atau lainnya sesuai selera.

[Baca Juga: Intip Kekompakan Arek Surabaya Menjaga Tetangga Saat Pandemi]

Sajian Wajib Lebaran Khas Kota Pahlawan, Silakan Mencoba Siropen Telasih

6) Siropen Telasih

Camilan sudah, menu makan berat juga sudah. Kok terasa seret ya? Oh ternyata belum minum! Nah Pointers, Surabaya banyak juga memiliki varian minuman khas, salah satunya yang satu ini. Siropen Telasih menjadi minuman favorit banyak orang yang pas sekali disajikan ketika Lebaran, untuk meningkatkan rasa segarnya, Pointers bisa menambahkan blewah dan es batu ke dalamnya.

Demikian Pointers, rekomendasi sajian yang bisa segera disiapkan untuk memanjakan lidah para tamu dan kerabat yang datang saat Idul Fitri nanti. Bagaimana, apa sudah memutuskan? Selamat memilih dan mencoba.

Read More

Artikel Lainnya

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

Kecantikan dan Fashion

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

09 July 2020, 10:00

Muncul pada tahun 1982, sneaker ini bergaya klasik dan dapat diandalkan sehingga terkenal sebagai salah satu sepatu terlaris di Amerika Serikat hingga hari ini.

nasi cumi waspada_3.jpg

Kuliner

Nasi Cumi Waspada Siap Goda Selera Anda Selama 24 Jam

08 July 2020, 20:32

Sensasi menyantap nasi cumi yang dijajakan di pinggir jalan memang tidak ada duanya, terlebih lagi selalu tersedia selama 24 jam.

transformasi digital adira insurance_1.jpg

Bisnis

Adira Insurance Sukses Rebut Perhatian Generasi Milenial Berkat Transformasi Digital

08 July 2020, 18:00

Adira Insurance melihat era new normal sebagai tantangan dan peluang untuk terus maju menjadi yang terdepan di industri Asuransi Umum.

94171381_l.jpg

Hobi dan Hiburan

Tayangan Netflix Dapat Diakses Oleh Pelanggan Jaringan TelkomGroup

08 July 2020, 17:01

Pembukaan akses ini akan memungkinkan pelanggan IndiHome, Telkomsel, dan wifi.id mengakses konten-konten Netflix.


Comments


Please Login to leave a comment.