Yuk, Saksikan Drama Cerita Rakyat dari Anak-Anak di Sanggar Anak Akar

Pendidikan

Saksikan Pentas Cerita Rakyat dari Anak-Anak Sanggar Akar

Sanggar Anak Akar merupakan sebuah model atau media pendidikan untuk anak-anak pinggiran yang dikembangkan anggota komunitas kerja untuk anak-anak. Anak pinggiran yang dimaksud adalah anak-anak yang kehilangan hak-hak dasarnya akibat dari tata kehidupan masyarakat dan sistem pembangunan yang tidak adil, seperti anak jalanan dan korban gusuran.

Dalam keseharian anak-anak pinggiran terpaksa harus hidup di jalanan, di antara pembuangan sampah, di pinggiran kali, dan di tempat-tempat umum yang tidak ada jaminan kenyamanan dan kesehatan. Dengan adanya Sanggar Anak Akar, anak-anak pinggiran diajak untuk belajar mengembangkan kemampuannya, seperti kerajinan tangan, seni musik, dan teater. Kegiatan tersebut menjadi yang digemari dan bisa menyatukan anak-anak.

[Baca Juga: Markoding Melatih Coding 87 Siswa Tak Mampu di Jakarta Timur]

Sanggar yang berdiri sejak tahun 1994 ini hingga kini masih aktif melakukan kegiatan belajar bersama anak-anak pinggiran. Tepatnya pada tanggal 22 November 1994, Sanggar Anak Akar menetapkan tanggal tersebut sebagai tanggal lahirnya yang ditandai dengan pementasan pertama anak-anak dari sanggar ini. Anak-anak mementaskan pertunjukan teater pertamanya yang berjudul Operet Banjir di depan peserta sarasehan buruh dan warga pemukiman di Anyer berdasarkan informasi dari laman sanggaranakakar.com (2/7/2019).

Memasuki usia yang ke-25 tahun, Sanggar Anak Akar tahun ini juga akan menggelar sebuah pertunjukan Drama Cerita Rakyat berjudul Mentiko Betuah. Drama ini akan diperankan anak-anak dari Sanggar Anak Akar yang akan berlangsung pada 27 Juli 2019 di lokasi sanggar yang berada di Jalan Pangkalan Jati IA No.28-29, RT8/RW13, Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

[Baca Juga: Ulurkan Tangan pada Anak Jalanan di Kota Bekasi]

Drama cerita rakyat yang dipersembahkan Sanggar Anak Akar ini sekaligus sebagai pertunjukan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2019 yang jatuh pada tanggal 23 Juli. Dalam pertunjukan ini, anak-anak akan mengisahkan sebuah cerita rakyat asal Nanggroe Aceh Darussalam tentang sebuah Negeri Nusantara yang dipimpin Raja dan Permisuri yang adil dan bijaksana.

Raja dan Permaisuri memiliki Putra bernama Rohib. Namun, Rohib tidak senang bersekolah dan selalu melawan guru, hingga sang Raja meminta Rohib menjadi pedagang. Dalam perjalanan berdagang, Rohib berbaik hati menyerahkan uang untuk menebus binatang-binatang yang disakiti, dan sadar uang untuk berdagang pun habis. Begitulah sekilas cerita Mentiko Bertuah yang akan bisa ditonton bagi siapa pun tanpa dipungut biaya apapun pada 27 Juli mendatang.

[Baca Juga: Pendidikan Media Literasi Kritis untuk Remaja di Tebet Jakarta]

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa melihat di akun instagram @sanggar.anak.akar atau mengunjungi laman sanggaranakakar.com. Dan, bisa juga menghubungi Nisa di nomor 081292185960. Yuk, datang dan lihat kehebatan anak-anak Sanggar Anak Akar berperan dalam Drama Cerita Rakyat Mentiko Bertuah ini, Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.