Yuk, Saksikan Drama Cerita Rakyat dari Anak-Anak di Sanggar Anak Akar

Pendidikan

Saksikan Pentas Cerita Rakyat dari Anak-Anak Sanggar Akar

Sanggar Anak Akar merupakan sebuah model atau media pendidikan untuk anak-anak pinggiran yang dikembangkan anggota komunitas kerja untuk anak-anak. Anak pinggiran yang dimaksud adalah anak-anak yang kehilangan hak-hak dasarnya akibat dari tata kehidupan masyarakat dan sistem pembangunan yang tidak adil, seperti anak jalanan dan korban gusuran.

Dalam keseharian anak-anak pinggiran terpaksa harus hidup di jalanan, di antara pembuangan sampah, di pinggiran kali, dan di tempat-tempat umum yang tidak ada jaminan kenyamanan dan kesehatan. Dengan adanya Sanggar Anak Akar, anak-anak pinggiran diajak untuk belajar mengembangkan kemampuannya, seperti kerajinan tangan, seni musik, dan teater. Kegiatan tersebut menjadi yang digemari dan bisa menyatukan anak-anak.

[Baca Juga: Markoding Melatih Coding 87 Siswa Tak Mampu di Jakarta Timur]

Sanggar yang berdiri sejak tahun 1994 ini hingga kini masih aktif melakukan kegiatan belajar bersama anak-anak pinggiran. Tepatnya pada tanggal 22 November 1994, Sanggar Anak Akar menetapkan tanggal tersebut sebagai tanggal lahirnya yang ditandai dengan pementasan pertama anak-anak dari sanggar ini. Anak-anak mementaskan pertunjukan teater pertamanya yang berjudul Operet Banjir di depan peserta sarasehan buruh dan warga pemukiman di Anyer berdasarkan informasi dari laman sanggaranakakar.com (2/7/2019).

Memasuki usia yang ke-25 tahun, Sanggar Anak Akar tahun ini juga akan menggelar sebuah pertunjukan Drama Cerita Rakyat berjudul Mentiko Betuah. Drama ini akan diperankan anak-anak dari Sanggar Anak Akar yang akan berlangsung pada 27 Juli 2019 di lokasi sanggar yang berada di Jalan Pangkalan Jati IA No.28-29, RT8/RW13, Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

[Baca Juga: Ulurkan Tangan pada Anak Jalanan di Kota Bekasi]

Drama cerita rakyat yang dipersembahkan Sanggar Anak Akar ini sekaligus sebagai pertunjukan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2019 yang jatuh pada tanggal 23 Juli. Dalam pertunjukan ini, anak-anak akan mengisahkan sebuah cerita rakyat asal Nanggroe Aceh Darussalam tentang sebuah Negeri Nusantara yang dipimpin Raja dan Permisuri yang adil dan bijaksana.

Raja dan Permaisuri memiliki Putra bernama Rohib. Namun, Rohib tidak senang bersekolah dan selalu melawan guru, hingga sang Raja meminta Rohib menjadi pedagang. Dalam perjalanan berdagang, Rohib berbaik hati menyerahkan uang untuk menebus binatang-binatang yang disakiti, dan sadar uang untuk berdagang pun habis. Begitulah sekilas cerita Mentiko Bertuah yang akan bisa ditonton bagi siapa pun tanpa dipungut biaya apapun pada 27 Juli mendatang.

[Baca Juga: Pendidikan Media Literasi Kritis untuk Remaja di Tebet Jakarta]

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa melihat di akun instagram @sanggar.anak.akar atau mengunjungi laman sanggaranakakar.com. Dan, bisa juga menghubungi Nisa di nomor 081292185960. Yuk, datang dan lihat kehebatan anak-anak Sanggar Anak Akar berperan dalam Drama Cerita Rakyat Mentiko Bertuah ini, Pointers!

Read More

Artikel Lainnya

Kenali 6 Ciri Bra Anda Harus Diganti

Kecantikan dan Fashion

Kenali 5 Ciri Bra Anda Harus Diganti

20 August 2019, 20:00  |  4 Views

Kapan terakhir kali Anda berbelanja bra baru? Jika jawabannya lebih dari enam bulan lalu, ada kemungkinan bra Anda telah usang dan perlu diganti.

Cinderella  Kompleks Kondisi Mental Perempuan Manja Dan Penuh Khayalan

Kesehatan

Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki

20 August 2019, 19:00  |  9 Views

Kondisi sosial yang merepresi perempuan kerap menimbulkan konflik batin dan menjadi masalah bagi hampir seluruh perempuan. Hal ini memengaruhi cara berpikir, bertindak, dan berbicara.

Pasar Buku Murah di Pasar Kenari Jadi Incaran Warga Jakarta

Berita Kawasan

Nyamannya Belanja Buku Murah di Pasar Kenari

20 August 2019, 18:00  |  4 Views

Siapa sangka, di lantai 3 Pasar Kenari terdapat berjejer buku murah yang dijualbelikan bernama Wisata Buku yang telah diresmikan Gubernur DKI pada April 2019 lalu.

RSUD Tangerang Adakan Talk Show Mengenai ASI

Kesehatan

RSUD Tangerang Tekankan Peran Ayah dalam Keberhasilan ASIX

20 August 2019, 17:00  |  3 Views

Peran suami dalam memberikan motivasi dan mendampingi istri dalam menyusui dinilai sangat penting untuk menciptakan atmosfer menyusui yang positif.


Comments


Please Login to leave a comment.