Salah Memakai Lensa Kontak Bisa Berbahaya Bagi Mata

Kesehatan

Salah Memakai Lensa Kontak Bisa Berbahaya Bagi Mata

Namun sampai saat ini pun tidak sedikit orang yang masih sering melakukan kesalahan dalam pemakaian lensa kontak. Pemakaian yang salah dapat membahayakan mata Anda. Untuk itu, dikutip dari Teen Vogue (31/2/2019), inilah kesalahan dalam pemakaian lensa kontak yang harus Anda ketahui demi kesehatan mata.

Lensa kontak kini tak lagi sekadar sebagai alat bantu penglihatan pengganti kacamata. Dalam perkembangannya, lensa kontak pun termasuk ke dalam perangkat kosmetik yang menunjang penampilan. Baik untuk medis (alat bantu penglihatan) maupun kosmetik, masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat menggunakannya.

[Baca Juga: Manfaat Vitamin C dan Vitamin E untuk Kecantikan]

Hindari lima kesalahan memakai lensa kontak ini agar terhindar dari iritasi mata, berikut lima kesalahan yang berbahaya untuk mata yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menggunakan Lensa Kontak Setelah Makeup

Seorang dokter spesialis mata di Hollywood Vision Center Dr. Elise Brisco, dan, Director of Education di Johnson & Johnson Vision Center Inc Dr. Charissa Lee, menyarankan untuk menggunakan lensa kontak terlebih dahulu sebelum ber-makeup. Selain berguna untuk membantu menyesuaikan riasan wajah dengan lensa kontak yang digunakan, cara ini juga sebagai tindakan pencegahan. Yang dikhawatirkan jika menggunakan lensa kontak setelah makeup adalah tangan yang kotor dan terpapar residu maupun formula kimia, sehingga terpapar pada lensa kontak dan tidak steril lagi.

2. Membersihkan dengan Air Keran

Jangan sekali-kali membersihkan lensa kontak dan menyimpannya dengan air kran atau air tanah, karena kandungan mikroba yang terdapat di air kran dapat mengiritasi mata Anda. "Selalu bersihkan lensa kontak Anda dengan solution (air pembersih khusus lensa kontak)," kata Charissa, seperti dikutip dari Teen Vogue (1/2/2019).

Ia pun menambahkan, "Baca dan ikuti panduan pemakaian di kemasan solution. Untuk lensa kontak yang dapat digunakan berkali-kali, gosok lensa dengan lembut dan bilas berulang-ulang agar kotoran yang menempel dapat terbuang."

Anda juga harus rutin mengganti air di tempat lensa kontak disimpan. Jangan lupa selalu dicuci setelah digunakan.

3. Menggunakan Terlalu Lama

Jangan menggunakan lensa kontak sampai seharian. Lepaskan lensa kontak Anda jika mata sudah terasa lelah. Menggunakan lensa kontak seharian dapat menyebabkan iritasi hingga kekeringan pada mata. Berapa lama waktu yang ideal untuk menggunakan lensa kontak? Menurut Elise, hal itu tergantung keadaan mata masing-masing orang dan lingkungan sekitarnya.

"Contohnya, semakin berpolusi suatu tempat, harus semakin cepat pula lensa kontak dilepaskan," ujarnya.

4. Menggunakan Lensa Kontak Milik Orang Lain

Tidak seharusnya Anda menggunakan lensa kontak milik orang lain walaupun mata memiliki minus atau silinder yang sama. Hal tersebut dapat menimbulkan tertularnya bakteri dan virus yang dapat mengakibatkan mata merah maupun infeksi kornea.

"Lensa yang bagus untuk Anda, belum tentu bagus untuk orang lain," kata Elise.

5. Memakai Lensa Kontak Saat Mata Iritasi

Jangan pernah gunakan lensa kontak ketika mata iritasi atau terasa menyakitkan. Charissa menyarankan agar segera ke dokter untuk memeriksakan keadaan mata Anda sebelum memakai lensa kontak. Jika lensa kontak Anda suda membuat mata Anda perih, ganti segera. "Buang dan beli yang baru!” ujarnya.

[Baca Juga: Penglihatan Kembali Normal dengan ReLex SMILE]

Jika Anda mengalami infeksi mata akibat pemakaian lensa, sebaiknya Anda mendatangi dokter terdekat untuk ditindak lebih lanjut.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.