Salma Noor dan Potret Keragaman Manusia dalam #VogueChallenge 1  (2).jpg

Kecantikan dan Fashion

Salma Noor dan Potret Keragaman Manusia dalam #VogueChallenge

Belakangan ini, bila membuka akun sosial media Instagram, mungkin Anda akan melihat unggahan dengan latar tulisan ‘VOGUE’. Dengan editan sedemikian rupa, sosok yang ada di foto seolah-olah menjadi model sampul Majalah Vogue, majalah gaya hidup Amerika Serikat yang terbit kali pertama di tahun 1892. Tak lupa, para pengunggah menambahkan #VogueChallenge dalam keterangan foto yang mereka unggah.

Hingga Kamis (18/6/2020), jumlah unggahan wajah-wajah ‘model’ sampul Vogue di Instagram mencapai angka 183.100.

Siapa pelopor di balik tantangan yang rupanya digemari oleh warganet di seluruh dunia itu?

Ia adalah Salma Noor, seorang siswi yang tinggal di Oslo, Norwegia. Diberitakan vogue.com (18/6/2020), Noor mengunggah foto hitam putih dirinya berlatar logo Vogue, lengkap dengan tajuk utama being Black is not a crime (berkulit hitam bukanlah sebuah kejahatan).

Salma Noor dan Potret Keragaman Manusia dalam #VogueChallenge 1  (1).jpg

“Saya berkulit hitam, wanita muslim muda yang ingin menciptakan sesuatu yang baru sambil menyuarakan sesuatu yang sangat penting,” tulis Noor dalam keterangan fotonya. Unggahan itu, kata Noor, merupakan wujud partisipasinya menyuarakan antirasialisme dan salah satu bentuk protes terhadap kematian George Floyd pada 25 Mei lalu.

[Baca Juga: Ariana Grande Bagikan Rahasia Rawat Diri Saat Karantina]

Noor bercerita, dirinya memilih mengedit foto berlatar sampul majalah Vogue karena itu merupakan majalah favoritnya. Perempuan yang dipotret oleh fotografer bernama Angelique Culvin itu pun tidak menyangka tindakannya diikuti oleh banyak warganet, sehingga menjadi sebuah tren. Kendati demikian, ia cukup senang melihat keragaman manusia di seluruh dunia lewat #VogueChallenge.

“Saya bahagia melihat banyak wajah dan fotografer bertalenta seperti Angelique yang tidak mendapatkan cukup penghargaan untuk kerja keras mereka. Saya juga senang melihat lebih banyak model yang berbeda etnis dan warna kulit, memperlihatkan diri mereka tanpa memerlukan platform yang besar,” lanjut Noor.

Cedric Nzaka, seorang fotografer dari Afrika Selatan juga pada akhirnya mengikuti jejak Noor. Pria yang sudah bekerja sama dengan perusahaan ternama seperti Adidas, Netflix, dan Fiat itu mengaku berpartisipasi dalam #VogueChallenge lantaran ingin menunjukkan bakatnya.

“Saya memutuskan berpartisipasi dalam tantangan tersebut karena itu memamerkan kemampuan saya untuk menghasilkan sesuatu dalam standar internasional,” ujarnya

[Baca Juga: Intip Rahasia Masker Wajah Alami ala Kareena Kapoor]

Nzaka pun sedikit menceritakan bagaimana fotografer berkulit hitam perlu berjuang lebih besar untuk mendapat perhatian kala melakoni profesi mereka.

“Kami sebagai fotografer berkulit hitam harus 50 kali lebih baik untuk mendapat perhatian [di ruang pertemuan atau rapat dewan] dan bahkan ketika kami mendapat perhatian, biasanya hanya satu suara saja dari orang kulit hitam di ruangan itu. Itu membuat kami sulit didengar dan dimengerti,” lanjut Nzaka.

Salma Noor dan Potret Keragaman Manusia dalam #VogueChallenge 3.jpg

Tantangan ini seolah-olah ingin menunjukkan bahwa siapa pun bisa menjadi model media ternama seperti Vogue, terlepas dari warna kulit, suku, negara asal, dan bentuk tubuh mereka.

Mengutip The Guardian (18/6/2020), Pemimpin Redaksi Vogue Anna Wintour beberapa waktu lalu meminta maaf lewat internal memo perusahaan karena pernah menerbitkan gambar atau cerita yang secara ras menyakiti atau intoleran. Berita itu kali pertama terkuak dalam New York Post, hingga tersebar di berbagai media lainnya.

“Saya ingin menyampaikan dengan gamblang, saya tahu Vogue belum menemukan cukup cara untuk memberi ruang bagi editor, penulis, fotografer, dan desainer yang berkulit hitam. Kami membuat kesalahan juga dengan mempublikasikan gambar atau cerita yang menyakitkan atau intoleran. Saya bertanggung jawab atas kesalahan-kesalahan itu,” tutur Wintour


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.