Sambal TumpangOK2.jpg

Kuliner

Sambal Tumpang Tempe Bosok Khas Kediri, Sarapan Berbeda di Semarang

Buat Pointers yang sedang mencari menu sarapan pagi di kota Semarang, agaknya jangan hanya mencicipi kuliner khas Semarang saja. Banyak variasi menu sarapan pagi yang berasal dari luar daerah Semarang dijajakan mulai dari warung-warung makan, pedagang kaki lima, rumah makan, hingga restoran. Salah satu menu yang berasal dari luar daerah Semarang adalah Sambal Tumpang yang merupakan sarapan khas Kediri.

Nasi tumpang adalah makanan khas Kediri yang terdiri dari nasi dengan kuah berupa sambal tumpang. Jika Pointers belum pernah mendengar nama sambal tumpang, makanan ini adalah kuliner berupa sambal berkuah kental yang terbuat dari tempe bosok atau tempe yang hampir busuk. Tempe bosok ini kemudian ditumis dengan aneka bumbu dapur, santan, dan diberi penyedap rasa. Hasilnya adalah sambal tempe bosok atau sambal tumpang dengan bau khasnya yang menyeruak keluar. Biasanya sambal tumpang disajikan bersama aneka sayur rebus, serta rempeyek.

Sambal TumpangOK.jpg


Adalah Sani, perempuan asal Nganjuk Jawa Timur yang menjajakan sambal tumpang di kota Semarang tempatnya ia menetap saat ini. Alasannya menjual menu khas Kediri dikarenakan perbedaan rasa antara masakan Semarang dan Kediri. “Karena daerah sini kebanyakan masakannya itu serba manis, kemudian masakan asli Jawa Timur itu jarang. Saya pun mencoba jualan nasi pecel, lalu ada sambal tumpang khas Kediri,” ujar Sani dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (10/7/2021).

Di daerah asalnya, sambal tumpang telah menjadi menu sarapan sehari-hari bagi masyarakat Kediri. Berbeda dengan sambal pecel pada umumnya, sambal tumpang memiliki keunikannya tersendiri. Sani mengaku berinisiatif menjual sambal tumpang ini dikarenakan banyaknya mahasiswa atau perantau asal Kediri di kota Atlas ini. Untuk mengobati kerinduan akan makanan khas Kediri ini, ia menyediakan menu tersebut dengan sasaran para mahasiswa atau perantau asal Kediri. “Juga menjadi rujukan mahasiswa asli Jawa Timur yang kangen sambel tumpang asal Kediri,” tambahnya.

Bahan yang paling menonjol dalam sambal tumpang adalah tempe busuk yang nantinya akan ditumis bersama rempah-rempah, santan dan penyedap rasa. Jika sambal pecel berwarna gelap kecokelatan, maka sambal tumpang berwarna lebih terang dengan bau khas tempe busuk yang membuat pelanggannya ketagihan. Ia mengklaim bagi pengunjung yang belum tahu tentang makanan ini pasti penasaran untuk mencoba, setelah mencoba dapat dipastikan mereka akan mencari lagi. “Sampai sekarang malah banyak penggemarnya, mungkin karena beda,” ungkap Sani.

Sambal TumpangOK3.jpg

Kurang lebih lima tahun Sani telah berjualan sambal tumpang di rumahnya yang berlokasi di daerah Sumurobo, Kecamatan Banyumanik, Semarang. Namun, sejak bulan Juni 2020 ia berjualan di pinggir jalan dengan motor yang telah dimodifikasi menjadi semacam gerobak. “Jualan di pinggir jalan sejak adanya pandemi COVID-19. Sebelumnya jualan di rumah, karena mahasiswa pada kuliah dari rumah, saya memutuskan untuk jualan di sini,” terang Sani yang menjajakan dagangannya di Jalan Prof Sudharto, depan kantor Kelurahan Sumurboto.

Harga yang ditawarkan cukup ramah di kantong, seporsi sambal tumpang dengan rempeyek dihargai Rp7.000, jika ingin makan bersama nasi, cukup menambah Rp3.000 saja. Sebagai pelengkapnya, Sani juga menjual bermacam-macam gorengan dengar harga satuan Rp1.000 saja. Tertarik mencicipi sambal tempe bosoknya? Pointers bisa langsung datang ke depan Kantor Kelurahan Sumurboto Semarang ketika hendak mencari sarapan pagi.


Read More

Artikel Lainnya

tamplate foto pingpoint.jpg

Bisnis

Titipku, Aplikasi Pesan Antar Kebutuhan Sehari-hari dari Pasar

22 September 2021, 09:05

Kini, jasa pesan antar juga banyak sudah tersedia untuk berbagai jenis kebutuhan. Salah satunya adalah kebutuhan sehati-hari yang biasa Pointers dapatkan di pasar tradisional.

cov.jpg

Hobi dan Hiburan

Virtuso Music Studio, Solusi Sewa Studio Musik dan Rekaman di Malang

22 September 2021, 07:07

Untuk bagian dalam studio, terdapat satu ruang rekaman yang digunakan oleh operator dan juga ruang latihan atau studio yang digunakan oleh para pemain band.

Ngabuburit di Alun-Alun Kota Bandung

Berita Kawasan

Hari Jadi Kota Bandung, Sukseskan Tagline #BandungHarmoniTuntaskanPandemi

21 September 2021, 06:01

Pada Sabtu, 25 September mendatang, Kota Bandung akan memperingati hari jadinya yang berusia 211 tahun. Tagline yang diusung tahun ini yaitu "Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi”.

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.


Comments


Please Login to leave a comment.