Sambut Hari Raya Nyepi, Pura di Cijantung Gelar Pengobatan Gratis

Kesehatan

Sambut Hari Raya Nyepi, Pura di Cijantung Gelar Pengobatan Gratis

Baru-baru ini Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Cijantung, Jakarta Timur mengadakan kegiatan yang ditujukan untuk memperingati Dharma Santi Nasional Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942 di Pura Mustika Dharma. Dengan salah satu kegiatannya sosialnya adalah memberikan pengobatan gratis untuk masyarakat. Setidaknya terhitung ada ribuan warga yang datang untuk mengikuti kegiatan dalam momen menyambut perayaan Hari Raya Nyepi 2020 tersebut.

Menuru Ketua Panitia Nasional Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1942 Komandan Jenderal Kopassus I Nyoman Cantiasa, kegiatan ini juga banyak dihadiri umat Hindu. Di mana mereka dilibatkan dalam kegiatan bakti sosial yang terdiri dari pengobatan gratis, pembagian sembako, serta aksi peduli lingkungan dengan menanam tanaman akar wangi di bantaran Kali Ciliwung yang tepat berada di belakang Pura Mustika Dharma.

Sambut Hari Raya Nyepi, Pura di Cijantung Gelar Pengobatan Gratis

I Nyoman Cantiasa memberikan apresiasinya terhadap banyaknya umat Hindu yang turut hadir dalam kegiatan bakti sosial ini dan menurutnya, pengobatan gratis ini sebenarnya sejalan dengan apa yang diinginkan oleh Presiden Joko Widodo. “Dengan adanya pengobatan gratis ini bertujuan, masyarakat kita ini harus sehat. Seperti Bapak Presiden sudah menyampaikan sumber manusia harus unggul, maka dengan itu masyarakat harus sehat,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (16/2/2020).

[Baca Juga: Sosok Edukatif Suparno Jumar, Dalang di Balik Bersihnya Kali Ciliwung]

Dalam kegiatan yang diadakan di halaman Pura Mustika Dharma ini terlihat juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar. Dengan Anies yang memberikan apresiasinya kepada umat Hindu serta Kopassus Cijantung yang menggelar kegiatan yang diadakan untuk menyambut Hari Raya Nyepi 2020 tersebut. “Saya sangat apresiasi kepedulian Kopassus terhadap warga dengan kegiatan sosial serta kepeduliannya terhadap lingkungan,” sebut orang nomor satu di DKI Jakarta itu.

[Baca Juga: Peringati Nyepi, Upacara Melasti Direncanakan Digelar di Jakarta Utara]

Selain pengobatan gratis, umat Hindu bersama dengan jajaran Kopassus Cijantung, Polri, serta Anies Baswedan juga turut dilibatkan dalam aksi menanam akar wangi di bantaran Kali Ciliwung. Dengan sekitar 3.000 tanaman akar wangi yang ditanam di sini. Menurut Anies Baswedan, aksi bakti sosial ini diharapkan dapat mampu menahan kemungkinan terjadinya abrasi di area bantaran Kali Ciliwung. Ia pun turut menyampaikan harapannya agar masyarakat di wilayah lain juga dapat mengikuti aksi yang serupa.

Read More

Artikel Lainnya

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

Berita Kawasan

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

07 April 2020, 11:00

Menurut data Disdukcapil Kota Tangerang, per 2 April, sejumlah 103.667 keluarga Kota Tangerang telah berpartisipasi sensus penduduk online 2020.

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

Pendidikan

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

07 April 2020, 10:00

Relawan mahasiswa kesehatan yang membantu menangani COVID-19 ini akan diberikan sertifikat yang dapat dikonversikan menajdi SKS.

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

Berita Kawasan

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

07 April 2020, 09:00

Film-film romantis berikut bisa temani Anda isolasi diri di rumah. Ada empat film pilihan kami yang bisa ditonton dari beberapa aplikasi streaming film.

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi Covid-19

Berita Kawasan

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi COVID-19

07 April 2020, 08:00

Sebagai salah satu upaya untuk mencegah menyebarnya Virus Corona, Terminal Giwangan rajin didisinfeksi per tiga hari.


Comments


Please Login to leave a comment.