Sambut Hari Raya Nyepi, Pura di Cijantung Gelar Pengobatan Gratis

Kesehatan

Sambut Hari Raya Nyepi, Pura di Cijantung Gelar Pengobatan Gratis

Baru-baru ini Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Cijantung, Jakarta Timur mengadakan kegiatan yang ditujukan untuk memperingati Dharma Santi Nasional Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942 di Pura Mustika Dharma. Dengan salah satu kegiatannya sosialnya adalah memberikan pengobatan gratis untuk masyarakat. Setidaknya terhitung ada ribuan warga yang datang untuk mengikuti kegiatan dalam momen menyambut perayaan Hari Raya Nyepi 2020 tersebut.

Menuru Ketua Panitia Nasional Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1942 Komandan Jenderal Kopassus I Nyoman Cantiasa, kegiatan ini juga banyak dihadiri umat Hindu. Di mana mereka dilibatkan dalam kegiatan bakti sosial yang terdiri dari pengobatan gratis, pembagian sembako, serta aksi peduli lingkungan dengan menanam tanaman akar wangi di bantaran Kali Ciliwung yang tepat berada di belakang Pura Mustika Dharma.

Sambut Hari Raya Nyepi, Pura di Cijantung Gelar Pengobatan Gratis

I Nyoman Cantiasa memberikan apresiasinya terhadap banyaknya umat Hindu yang turut hadir dalam kegiatan bakti sosial ini dan menurutnya, pengobatan gratis ini sebenarnya sejalan dengan apa yang diinginkan oleh Presiden Joko Widodo. “Dengan adanya pengobatan gratis ini bertujuan, masyarakat kita ini harus sehat. Seperti Bapak Presiden sudah menyampaikan sumber manusia harus unggul, maka dengan itu masyarakat harus sehat,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (16/2/2020).

[Baca Juga: Sosok Edukatif Suparno Jumar, Dalang di Balik Bersihnya Kali Ciliwung]

Dalam kegiatan yang diadakan di halaman Pura Mustika Dharma ini terlihat juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar. Dengan Anies yang memberikan apresiasinya kepada umat Hindu serta Kopassus Cijantung yang menggelar kegiatan yang diadakan untuk menyambut Hari Raya Nyepi 2020 tersebut. “Saya sangat apresiasi kepedulian Kopassus terhadap warga dengan kegiatan sosial serta kepeduliannya terhadap lingkungan,” sebut orang nomor satu di DKI Jakarta itu.

[Baca Juga: Peringati Nyepi, Upacara Melasti Direncanakan Digelar di Jakarta Utara]

Selain pengobatan gratis, umat Hindu bersama dengan jajaran Kopassus Cijantung, Polri, serta Anies Baswedan juga turut dilibatkan dalam aksi menanam akar wangi di bantaran Kali Ciliwung. Dengan sekitar 3.000 tanaman akar wangi yang ditanam di sini. Menurut Anies Baswedan, aksi bakti sosial ini diharapkan dapat mampu menahan kemungkinan terjadinya abrasi di area bantaran Kali Ciliwung. Ia pun turut menyampaikan harapannya agar masyarakat di wilayah lain juga dapat mengikuti aksi yang serupa.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.