Sambut HUT Ke-74 RI Warga Kelurahan Setu Menggelar Festival Waduk Setu

Berita Kawasan

Sambut HUT Ke-74 RI Warga Kelurahan Setu Gelar Festival Waduk Setu

Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2019 merupakan hari kebanggaan, kemenangan, suka cita bagi warga Indonesia. Masyarakat pun turut meramaikan ulang tahun Republik Indonesia (RI) itu. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI, warga Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, menggelar Festival Waduk Setu di Waduk Setu Jakarta Timur pada 17 Agustus 2019.

Dilansir dari timur.jakarta.go.id (15/08/19), Kegiatan tersebut didukung Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur dengan aksi pagelaran seni. Pagelaran seni yang akan ditampilkan dalam Festival Waduk Setu yaitu kebudayaan Betawi. Diantaranya seperti Gambang Kromong, Tanjidor dan Bodoran.

[Baca Juga: Festival Ramadan Bernuansa Betawi Akan Digelar di Setu Babakan]

Rencananya, Festival Waduk Setu akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta dan didampingi oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, beserta jajarannya. Selain menyambut HUT ke-74 RI, tujuan kegiatan tersebut yakni mengenalkan tradisi kebudayaan Betawi yang hampir punah yaitu tradisi Besanan Betawi.

Besanan Betawi merupakan tradisi pernikahan adat Betawi, yang mendapat pengaruh dari berbagai budaya seperti India, Eropa, Tionghoa, Arab dan Melayu. Uniknya, Besanan Betawi akan diramaikan dengan atraksi palang pintu untuk menyambut rombongan pengantin pria. Selain itu, ada pula Rumah Terapung Adat Betawi sebagai salah satu ikon acara.

Tak hanya pertunjukan budaya, Festival Waduk Setu akan dimeriahkan dengan aneka perlombaan dan pertunjukan hiburan musik. Diantaranya lomba mewarnai, ketangkasan bersepeda, panjat pinang, dan gebuk bantal.

[Baca Juga: Jadi Lokasi Memancing, Waduk Rawa Babon Ramai Dikunjungi Warga]

Sebagai warga, gemah ripah loh jinawi (kekayaan alam yang berlimpah) yang dimiliki Indonesia perlu dibanggakan, termasuk keanekaragaman suku serta budaya. Festival untuk menampilkan tarian dan adat dari daerah Betawi di Waduk Setu, sangatlah baik untuk mengenalkan budaya pada generasi penerus bangsa.

Sebagai warga Negara kita perlu peduli akan kekayaan Negeri Pertiwi. Selain menampilkan, masyarakat harus tetap melestarikan adat dan budaya. Karena adat tradisional merupakan salah satu kekayaan secara turun temurun yang mewariskan ciri khas suatu daerah. Tak hanya itu, mengajarkan tarian, seni, pakaian dan lain sebagainya kepada generasi penerus sangatlah penting agar tidak punah.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.