Sambut Iduladha 1440 H, Pemkot Bogor Gelar Kegiatan Ini

Berita Kawasan

Sambut Iduladha 1440 H, Pemkot Bogor Gelar Kegiatan Ini

Hanya tinggal menghitung hari, umat Muslim di Indonesia akan menyambut perayaan Iduladdha 1440 Hijriah (H). Biasanya, pada momen ini sudah banyak warga di Jabodetabek yang mulai mencari hewan kurban. Menariknya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memudahkan pencarian warganya dengan menggelar bursa hewan kurban yang berlokasi di Lapangan Puslitbangnak, Jalan Raya Pajajaran, Kecamatan Bogor Utara.

Kegiatan yang dinamakan Bursa Hewan Qurban ini merupakan hasil kerjasama Pemkot Bogor dengan Badan Penelitan dan Pengembangan Peternakan di Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak). Kegiatan yang dibuka pada 6 Agustus 2019 itu merupakan Bursa Hewan Qurban ke-20 yang digelar di Kota Hujan.

Sambut Iduladha 1440 H, Pemkot Bogor Gelar Kegiatan Ini

Pada pembukaan bursa pembelian hewan kurban ini, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim menyambutnya dengan positif. Pasalnya, selain memudahkan warga Kota Hujan mencari hewan kurban untuk perayaan Iduladha 1440 H, Pemkot Bogor juga terbantukan dengan adanya Bursa Hewan Qurban maka para penjual musiman tidak menggunakan trotoar atau akses publik lainnya.

“Kota Bogor sangat terbantu terutama masalah ketertiban dari penjual hewan kurban yang sebelumnya tersebar kadang menggunakan badan jalan atau trotoar. Dengan adanya Bursa Hewan Qurban ini bisa tersentralisasi, tidak di mana-mana tetap difasilitasi di sini, jadi tertib. Kemudian penjual serta pedagang bisa bertemu di sini,” ucap Dedie, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (7/8/2019).

[Baca Juga: DKM Se-Kota Depok Ikuti Sosialisasi Hewan Kurban]

Selain bursa penjualan hewan kurban, Pemkot Bogor juga memiliki kegiatan lainnya yang digelar untuk memastikan lancarnya perayaan Iduladha 1440 H. Kegiatannya yang bertajuk Juru Sembelih Haal dan Sosialisasi Tata Cara Pemotongan Hewan Qurban tersebut diadakan di Komplek Balai Kota Bogor.

Pada 5 Agustus 2019, Wakil Wali Kota Bogor membuka kegiatan tersebut dengan menyoroti mengenai pembungkusan daging hewan kurban. Serupa dengan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemkot Bogor juga mendorong agar tidak lagi memanfaatkan kantong plastik atau kresek sebagai wadah untuk menyimpan daging kurban.

[Baca Juga: 3 Olahan Daging Kambing Wajib Dicoba di Hari Raya Iduladha]

“Berkaitan dengan program Bogor Tanpa Kantong Plastik, Iduladha ini kami imbau kepada berbagai pihak terkait dalam proses pemotongan hingga distribusi untuk menggunakan alternatif pembungkus lainnya selain kantong plastik. Misalnya pakai daun pisang, besek, atau membawa wadah sendiri,” tuturnya.

Imbauan ini disebut sejalan dengan Perwali No.61 Tahun 2018 tentang pengurangan kantong plastik di pusat perbelanjaan dan toko ritel modern yang sudah diterapkan semenjak 1 Desember 2018. Menurut Dedie, momen sosialisasi tata cara penyembelihan kurban juga menjadi waktu yang tepat untuk mengingatkan masyarakat juga dapat turut andil dalam kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.