Kementan Siap Turunkan Tim Guna  Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Berita Kawasan

Sambut Iduladha, Mari Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Kesehatan, keamanan, dan kelayakan daging kurban ialah tiga aspek yang diperhatikan Kementerian Pertanian (Kementan) di Hari Raya Iduladha 1440 H yang jatuh pada Minggu, 11 Agustus 2019. Kementan sendiri akan meningkatkan pengawasan teknis kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner hewan kurban.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan I Ketut Diarmita menjabarkan beberapa langkah pemerintah guna mengarahkan peran peternakan dan kesehatan hewan provinsi, kota dan kabupaten dalam melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Pemerintah juga berupaya melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis pada petugas pelaksana kurban.

[Baca Juga: Demi Kelancaran Iduladha, Hewan Kurban di Depok Disidak]

“Sudah ada dua surat edaran Dirjen PKH yang dikirimkan ke provinsi, kabupaten atau kota dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit serta penjaminan keamanan produk hewan kurban,” ucap Ketut dalam keterangan tertulis.

Rencananya, Kementan bakal menurunkan tim Bantuan Pengawasan Hewan Kurban 1440 H guna mengawasi pemeriksaan dokumen kesehatan hewan, melakukan pemeriksaan sebelum dan setelah pemotongan dan mengawasi penyembelihan dan penanganan daging serta jeroan hewan kurban selama Hari Raya Kurban. “Kita akan segera terjunkan Tim Pemantauan Hewan Kurban di seluruh Indonesia yang terdiri dari petugas pusat, provinsi, kabupaten atau kota, juga dari unsur mahasiswa kedokteran hewan, dan organisasi profesi," kata Ketut.

Kementan juga akan memberikan Bimbingan Teknis bagi panitia kurban terkait penyembelihan halal dan penanganan kurban yang higienis. Bimbingan tersebut akan diberikan kepada petugas dinas di Jabodetabek. Pemantauan dari segi aspek kehalalan turut dilakukan Kementan agar pemotongan hewan kurban sesuai dengan syariah Islam.

[Baca Juga: Meester Cornelis dan Pasar Hewan Jatinegara]


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.