Kementan Siap Turunkan Tim Guna  Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Berita Kawasan

Sambut Iduladha, Mari Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Kesehatan, keamanan, dan kelayakan daging kurban ialah tiga aspek yang diperhatikan Kementerian Pertanian (Kementan) di Hari Raya Iduladha 1440 H yang jatuh pada Minggu, 11 Agustus 2019. Kementan sendiri akan meningkatkan pengawasan teknis kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner hewan kurban.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan I Ketut Diarmita menjabarkan beberapa langkah pemerintah guna mengarahkan peran peternakan dan kesehatan hewan provinsi, kota dan kabupaten dalam melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Pemerintah juga berupaya melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis pada petugas pelaksana kurban.

[Baca Juga: Demi Kelancaran Iduladha, Hewan Kurban di Depok Disidak]

“Sudah ada dua surat edaran Dirjen PKH yang dikirimkan ke provinsi, kabupaten atau kota dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit serta penjaminan keamanan produk hewan kurban,” ucap Ketut dalam keterangan tertulis.

Rencananya, Kementan bakal menurunkan tim Bantuan Pengawasan Hewan Kurban 1440 H guna mengawasi pemeriksaan dokumen kesehatan hewan, melakukan pemeriksaan sebelum dan setelah pemotongan dan mengawasi penyembelihan dan penanganan daging serta jeroan hewan kurban selama Hari Raya Kurban. “Kita akan segera terjunkan Tim Pemantauan Hewan Kurban di seluruh Indonesia yang terdiri dari petugas pusat, provinsi, kabupaten atau kota, juga dari unsur mahasiswa kedokteran hewan, dan organisasi profesi," kata Ketut.

Kementan juga akan memberikan Bimbingan Teknis bagi panitia kurban terkait penyembelihan halal dan penanganan kurban yang higienis. Bimbingan tersebut akan diberikan kepada petugas dinas di Jabodetabek. Pemantauan dari segi aspek kehalalan turut dilakukan Kementan agar pemotongan hewan kurban sesuai dengan syariah Islam.

[Baca Juga: Meester Cornelis dan Pasar Hewan Jatinegara]


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.