Sambut New Normal, MRT Siapkan Protokol Cegah Penumpukan Penumpang

Berita Kawasan

Sambut New Normal, MRT Siapkan Protokol Cegah Penumpukan Penumpang

PT MRT Jakarta (Perseroda) telah menyiapkan strategi protokol kesehatan untuk melayani para pelanggan atau penumpang menjelang era kenormalan baru atau new normal kala pandemi COVID-19. Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengungkapkan, salah satu yang akan disiapkan adalah strategi agar tidak terjadi penumpukan penumpang di layanan transportasi publik modern tersebut.

"Kami kenalkan dan mendorong waktu kerja yang fleksibel sehingga penumpukan penumpang tidak terjadi di jam sibuk yang biasanya terjadi pukul 07.00-09.00 atau 17.00-19.00," ujar William, dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (31/5/2020).

Sambut New Normal, MRT Siapkan Protokol Cegah Penumpukan Penumpang

Ia menjelaskan, memasuki fase pemulihan kenormalan baru, PT MRT Jakarta menyiapkan dan mengenalkan kampanye #JAKARTABANGKIT, yang mendorong pada penerapan budaya bersih, aman, nyaman, ramah lingkungan, kolaborasi, inovasi, dan tata kelola yang baik. "Protokol-protokol itu akan kita terapkan. Bersih maksudnya soal hygiene. Di transportasi publik misalnya kereta yang dibersihkan tiga kali sehari lalu menyiapkan penyanitasi tangan di setiap stasiun," kata William.

[Baca Juga: Kuota Penumpang MRT Jakarta Ditambah 21.200 Orang Per Hari]

Ditambahkan William, aman maksudnya menyiapkan tes temperatur tubuh serta edukasi tanpa henti di stasiun dan kereta. Nyaman merupakan hal paling penting karena memastikan pembatasan sosial atau social distancing. Pengguna jasa harus merasa bahwa tidak akan terpapar Virus Corona SAR-CoV-2 yang mengakibatkan COVID-19 bila menggunakan MRT Jakarta.

"Setiap kereta maksimal diisi oleh 60 orang dan kita akan siapkan marka [penanda] di stasiun dan di dalam kereta bagaimana melakukan antrean," tandasnya.

Gratis Sewa Gerai untuk UMKM

Sebelumnya, PT MRT Jakarta (Perseroda) menyatakan menggratiskan sewa gerai atau retail di stasiun MRT bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). "Sejumlah stasiun MRT telah ditutup sementara saat pandami COVID-19. Total ada 33 UMKM yang menyewa tempat, semua kami bebaskan biaya sewa," ujar William Sabandar, Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta saat konfrensi pers Forum Jurnalis secara daring (29/5/2020).

Sambut New Normal, MRT Siapkan Protokol Cegah Penumpukan Penumpang

Dikatakan William, tenant tersebut dikelompokkan menjadi dua yaitu middle class dan UMKM. Untuk UMKM diberikan relaksasi tidak bayar sewa selama tiga bulan dari Maret hingga Mei. Sedangkan untuk middle class hingga saat ini PT MRT Jakarta belum memberikan kebijakan khusus.

"Jika pandemi COVID-19 terus berlanjut, pembebasan biaya sewa bagi UMKM akan dilanjutkan. Pada prinsipnya kami akan mempertimbangkan adanya relaksasi. Yang baru kami berikan relaksasi penuh kepada UMKM," katanya.

Sebelumnya, PT MRT Jakarta telah menutup sementara sejumlah stasiun seperti Stasiun Setiabudi, Bendungan Hilir, Istora, Senayan, ASEAN, Blok A, dan Stasiun Haji Nawi. Masih ada enam stasiun MRT yang beroperasi, yakni Stasiun Bundaran HI, Dukuh Atas, Blok M, Cipete Raya, Fatmawati, dan Lebak Bulus. "Untuk enam stasiun ini, kami belum ada rencana untuk menutupnya," tandas William.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 4 months lalu
    anisa

    pemasukan berkurang atau gaada pemasukan di masa pandemi virus corona? QQHarian menjadi solusi yang tepat untuk anda. bisa cari atau serach di google yaa. :)

  • Emma 2 years, 4 months lalu
    emma

    izin share ya admin :) segera bergabung bersama kami, dan raih berbagai macam promonya, langsung saja Di <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> :)