Sambut New Normal, MRT Siapkan Protokol Cegah Penumpukan Penumpang

Berita Kawasan

Sambut New Normal, MRT Siapkan Protokol Cegah Penumpukan Penumpang

PT MRT Jakarta (Perseroda) telah menyiapkan strategi protokol kesehatan untuk melayani para pelanggan atau penumpang menjelang era kenormalan baru atau new normal kala pandemi COVID-19. Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengungkapkan, salah satu yang akan disiapkan adalah strategi agar tidak terjadi penumpukan penumpang di layanan transportasi publik modern tersebut.

"Kami kenalkan dan mendorong waktu kerja yang fleksibel sehingga penumpukan penumpang tidak terjadi di jam sibuk yang biasanya terjadi pukul 07.00-09.00 atau 17.00-19.00," ujar William, dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (31/5/2020).

Sambut New Normal, MRT Siapkan Protokol Cegah Penumpukan Penumpang

Ia menjelaskan, memasuki fase pemulihan kenormalan baru, PT MRT Jakarta menyiapkan dan mengenalkan kampanye #JAKARTABANGKIT, yang mendorong pada penerapan budaya bersih, aman, nyaman, ramah lingkungan, kolaborasi, inovasi, dan tata kelola yang baik. "Protokol-protokol itu akan kita terapkan. Bersih maksudnya soal hygiene. Di transportasi publik misalnya kereta yang dibersihkan tiga kali sehari lalu menyiapkan penyanitasi tangan di setiap stasiun," kata William.

[Baca Juga: Kuota Penumpang MRT Jakarta Ditambah 21.200 Orang Per Hari]

Ditambahkan William, aman maksudnya menyiapkan tes temperatur tubuh serta edukasi tanpa henti di stasiun dan kereta. Nyaman merupakan hal paling penting karena memastikan pembatasan sosial atau social distancing. Pengguna jasa harus merasa bahwa tidak akan terpapar Virus Corona SAR-CoV-2 yang mengakibatkan COVID-19 bila menggunakan MRT Jakarta.

"Setiap kereta maksimal diisi oleh 60 orang dan kita akan siapkan marka [penanda] di stasiun dan di dalam kereta bagaimana melakukan antrean," tandasnya.

Gratis Sewa Gerai untuk UMKM

Sebelumnya, PT MRT Jakarta (Perseroda) menyatakan menggratiskan sewa gerai atau retail di stasiun MRT bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). "Sejumlah stasiun MRT telah ditutup sementara saat pandami COVID-19. Total ada 33 UMKM yang menyewa tempat, semua kami bebaskan biaya sewa," ujar William Sabandar, Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta saat konfrensi pers Forum Jurnalis secara daring (29/5/2020).

Sambut New Normal, MRT Siapkan Protokol Cegah Penumpukan Penumpang

Dikatakan William, tenant tersebut dikelompokkan menjadi dua yaitu middle class dan UMKM. Untuk UMKM diberikan relaksasi tidak bayar sewa selama tiga bulan dari Maret hingga Mei. Sedangkan untuk middle class hingga saat ini PT MRT Jakarta belum memberikan kebijakan khusus.

"Jika pandemi COVID-19 terus berlanjut, pembebasan biaya sewa bagi UMKM akan dilanjutkan. Pada prinsipnya kami akan mempertimbangkan adanya relaksasi. Yang baru kami berikan relaksasi penuh kepada UMKM," katanya.

Sebelumnya, PT MRT Jakarta telah menutup sementara sejumlah stasiun seperti Stasiun Setiabudi, Bendungan Hilir, Istora, Senayan, ASEAN, Blok A, dan Stasiun Haji Nawi. Masih ada enam stasiun MRT yang beroperasi, yakni Stasiun Bundaran HI, Dukuh Atas, Blok M, Cipete Raya, Fatmawati, dan Lebak Bulus. "Untuk enam stasiun ini, kami belum ada rencana untuk menutupnya," tandas William.

Read More

Artikel Lainnya

Sejak dibuka kembali, Jumlah Pengunjung TSTJ Solo Masih Rendah

Berita Kawasan

Sejak dibuka kembali, Jumlah Pengunjung TSTJ Solo Masih Rendah

09 July 2020, 12:30

Tingkat kunjungan di TSTJ Solo setiap hari rata-rata 50 orang. Ini hanya 10 persen dari jumlah rata-rata di hari kerja. Biasanya di akhir pekan mencapai 2.500-3.500 orang per hari.

Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

Pendidikan

Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

09 July 2020, 11:45

Anak berkebutuhan khusus akan sangat membutuhkan bimbingan di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Bimbingan ini juga berbeda dengan yang biasa dilakukan sebelum virus corona menyebar.

Terus Berusaha Ingatkan Warga Gunakan Masker, Wali Kota Risma Blusukan.jpg

Berita Kawasan

Terus Berusaha Ingatkan Warga Gunakan Masker, Wali Kota Risma Blusukan

09 July 2020, 11:00

Wali Kota Risma pada pekan ini blusukan di salah satu area Kota Surabaya dengan penyebaran COVID-19 tinggi demi ingatkan warga mengenai penggunaan masker.

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

Kecantikan dan Fashion

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

09 July 2020, 10:00

Muncul pada tahun 1982, sneaker ini bergaya klasik dan dapat diandalkan sehingga terkenal sebagai salah satu sepatu terlaris di Amerika Serikat hingga hari ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month, 1 week lalu
    anisa

    pemasukan berkurang atau gaada pemasukan di masa pandemi virus corona? QQHarian menjadi solusi yang tepat untuk anda. bisa cari atau serach di google yaa. :)

  • Emma 1 month, 1 week lalu
    emma

    izin share ya admin :) segera bergabung bersama kami, dan raih berbagai macam promonya, langsung saja Di <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> :)