Sambut Penayangan Perdana Soera Ing Baja, Surabaya Gelar Pameran.jpg

Pendidikan

Sambut Penayangan Perdana Soera Ing Baja, Surabaya Gelar Pameran

Dalam rangka menghadirkan media edukasi bagi para pelajar di Kota Pahlawan, khususnya para siswa SD-SMP, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya salam beberapa bulan terakhir terus berupaya merampungkan film berjudul Soera Ing Baja yang bahkan diperankan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebagai sosok Presiden RI pertama Soekarno. Film yang telah rampung proses produksinya ini disebut berfokus pada pertempuran 10 November 1945 dan akan ditayangkan di museum pendidikan serta TVRI. Jelang penayangannya di TVRI, Pemkot Surabaya memutuskan menggelar event bertema sejarah serta budaya bertajuk Soera Ing Baja.

Event ini digelar Pemkot Surabaya melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata atau Disbudporapar di basement Balai Pemuda Surabaya pada 4-18 Desember 2022. Di mana kegiatan ini disebut bagian dari rangkatan acara Road to Gala Premiere film dokumenter drama Soera Ing Baja: Gemuruh Revolusi 45 yang rencana akan ditayangkan pada bulan ini.

Sambut Penayangan Perdana Soera Ing Baja, Surabaya Gelar Pamera n.jpg

Sekadar informasi, film dokumenter drama ini disebut sebagai kreasi kolaborasi antara Pemkot Surabaya, TVRI Jawa Timur, Komunitas Begandring Soerabaia, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga dan tak lupa anggota komunitas Reenactor Jawa Timur dengan Faizal Anwar sebagai sutradaranya. Pengambilan gambarnya sendiri digelar di berbagai lokasi bersejarah di Kota Surabaya seperti kawasan Peneleh dan Kantor PT Perkebunan Nusantara XI hingga Kantor Balai Kota dan Rumah Dinas Wali Kota Surabaya.

Untuk event Soera Ing Baja, terdapat pameran yang bertemakan kepahlawanan sekaligus menunjukkan berbagai sisi dari syuting film dokumenter drama tersebut agar publik diberikan kesempatan mengintip proses behind the scene-nya. “Proses pembuatan filmnya memakan waktu berbulan-bulan untuk riset, syuting, dan lainnya. Namun di filmnya mungkin hanya akan jadi satu jam. Nah, kami punya ide, bagaimana bila dokumentasi seluruh prosesnya, mulai dari foto-foto lama yang menjadi dasar bagi posisi dan komposisi pengambilan gambar, bisa diketahui,” ungkap Kurato Pameran Soera Ing Baja Yayan Indrayana, sebagaimana dikutip dari Surabaya.go.id (7/12/2022).

[Baca Juga: Hingga 19 September, Tengok Perkembangan Sejarah Kota Surabaya di Pameran Ini]

Totalnya di pameran ini ada lebih dari 95 foto yang dipamerkan dan ini termasuk foto asli di momen bersejarah pada 10 November 1945, dikumentasi reka ulang di film Soera Ing Baja, dan tak lupa arsip bersejarah seperti Surat Penetapan 10 November sebagai Hari Pahlawan, naskah asli pidator Soekarno ketika meresmikan Tugu Pahlawan, bahkan Resolusi Jihad Naddlatul Ulama. Selain itu di event ini juga ada aksi teatrikal, diskusi tematik, hingga workshop untuk membuat seragam serta atribut para pejuang.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.