Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

Bagi penggemar seni lukis atau hasil karya seniman lokal di Kota Bandung maka nama Abah Ropih sudah tak terasa asing lagi. Mengingat seniman yang belajar secara otodidak demi menorehkan karyanya di atas kanvas ini sudah berkarya selama 22 tahun terakhir di kawasan Jalan Braga Kota Bandung. Namun 100 hari yang lalu pegiat seni di Kota Kembang kehilangan seniman bernama lengkap Ropih Amantubillah itu dan untuk mengenangnya, saat ini digelar pameran bertajuk Pulau Emas yang memamerkan karya-karya Abah Ropih.

Pameran Pulau Emas ini digelar 7-28 Agustus 2022 di Galeri Seni Ropih, Jalan Braga Kota Bandung. Di mana pameran ini disebut digelar dalam rangka mengenang 22 tahun Abah Ropih berkarya sekaligus peringatan 100 hari meninggalnya seniman itu. Tema yang diambil dari pameran ini juga tidak terlepas dari harapan sekaligus doa dari pengurus galeri Seni Ropih terhadap perjalanan seni Abah Ropih.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Brag a.jpg

“Pulau emas bukan diartikan secara harfiah, tapi pulau emas bagaimana kita menjunjung pemahaman tentang jati diri manusia,” ungkap Kurator Pemeran Pulau Emas Rahmat Jabaril, sebagaimana dikutip dari Bandung.go.id (7/8/2022).

Seperti yang dijelaskan Rahmat di atas, pameran Pulau Emas ini memang memiliki filosofi tersendiri dan ia tak ingin pengunjung yang datang hanya sekadar melihat-lihat koleksi dari sekitar 30 karya Abah Ropih yang dibuat sejak tahun 2002-2017. Karena menurut Rahmat, melalui karya lukisannya, Abah Ropih menorehkan sesuatu yang berhubungan dengan jalan hidup manusia sehingga generasi muda yang datang diharapkan saat melihat karya-karyanya di pameran Pulau Emas dapat mendapatkan inspirasi untuk mencapai kedamaian serta ketenangan.

[Baca Juga: Pameran Bertajuk “Wening” Dari Seniman Asal Batang]

Dari sisi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung turut mendukung kegiatan ini apalagi pameran Pulau Emas memang digelar untuk memperingati perjalanan Abah Ropih. Selain diharapkan dapat mendorong wisatawan untuk berkunjung ke kawasan Braga Kota Bandung, warga Kota Kembang juga diajak untuk datang guna melihat langsung karya seni dari seniman legendaris di Jalan Braga itu.

“Kami sangat mengapresiasi pameran ini dalam rangka mengenang 22 tahun karya beliau. Hal yang harus diteladani meninggalkan spiritkultural untuk mencapai cita-cita bangsa membanguna manusia yang kreatif dan berbudidaya luhur,” ungkap Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Nuzrul Irwan Irawan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.