Sandiaga Uno Rangkul Mahasiswa Unpad Demi Pengembangan Desa Wisata.jpg

Pendidikan

Sandiaga Uno Rangkul Mahasiswa Unpad Demi Pengembangan Desa Wisata

Sejak beberapa waktu terakhir, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memang terus menggenjot program pengembangan desa wisata yang dipandang dapat membantu proses pemulihan sektor pariwisata di Tanah Air yang terdampak pandemi COVID-19. Program ini sebenarnya sudah didorong sejak tahun 2020 dan memang terus dilakukan hingga saat ini dalam rangka untuk mengembangkan ekonomi baru di desa-desa Tanah Air sekaligus mengoptimalkan potensi wisatanya. Hal ini terus digaungkan oleh Menparekraf Sandiaga Uno seperti yang baru-baru ini dilakukannya dalam webinar bersama mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad).

Sandiaga Uno Rangkul Mahasiswa Unpad Demi Pengembangan Desa Wisat a.jpg

Menurut Sandi dalam webinar Seminar Nasional Pembinaan Mental Kebangsaan Pariwisata Berkelanjutan yang digelar UKP Palawan Unpad secara hybrid pada 16 April 2022, peran mahasiswa sangatlah dibutuhkan dalam pengembangan potensi desa wisata yang ada di Tanah Air. Oleh karena itulah ia meminta mahasiswa mampu tergerak dan mau mengulurkan tangannya agar secara langsung peduli sekaligus terlibat dalam upaya Kemenparekraf untuk mampu menciptakan pariwisata berkelanjutan di desa-desa Indonesia.

“Mari kita tingkatkan sustainability. Kita tingkatkan ketertarikan, kepedulian, dan keterlibatan khususnya para mahasiswa-mahasiswi ini di desa wisata, saya tunggu,” ujar Sandiaga Uno, sebagaimana dikutip dari Unpad.ac.id (16/4/2022).

[Baca Juga: Ini Kacamata Lokal Favorit Sandiaga Uno]

Pembahasan mengenai wisata sustainability ini memang masuk ke dalam bagian program pengembangan desa wisata di Tanah Air. Di mana dalam konsep pariwisata berkelanjutan ini, Menparekraf ingin agar pariwisata Indonesia bukan hanya berfokus mengejar angka kunjungan wisatawan tapi juga memang memiliki dampak positif terhadap lingkungan, sosial, budaya, dan ekonomi di masa sekarang dan ke depannya. Berdasarkan laman Kemenparekraf, setidaknya saat ini sudah ada lima objek wisata di Tanah Air yang telah menerapkan konsep keberlanjutan yang terdiri dari Taman Nasional Baluran di Situbondo, Taman Nasional Ujung Kulon, Sangeh Monkey Forest di Bali, Punti Kayu di Palembang, dan Umbul Pongok di Desa Ponggok Klaten.

Sandi melanjutkan, alasan mengapa ia mengajak mahasiswa untuk membantunya dalam pariwisata berkelanjutan tak lain dan tak bukan untuk memastikan konsep ini benar-benar dipraktikan dan bukan hanya sekadar jargon semata. Ia ingin semua mampu memanfaatkan peluang dari konsep sustainability. “Kita ingin pariwisata berkelanjutan ini bukan hanya diucapkan tapi dipraktikkan, dan desa wisata ini adalah garda terdepan,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.