Sanggar Betawi Nagasari Bukti Kesenian Betawi Masih Ada

Berita Kawasan

Sanggar Betawi Nagasari Bukti Kesenian Betawi Masih Ada

Betawi kaya akan budaya serta keseniannya, seperti lenong, tarian, silat, bahkan tradisi palang pintu khas Betawi. Budaya dan kesenian tersebut hingga kini masih eksis dan dilakukan oleh beberapa masyarakat betawi dan pencinta budaya Betawi.

Di Jalan H Mandor Salim, Kembangan, Jakarta Barat, beberapa kesenian asli Kota Jakarta ini terus dilestarikan salah satu sanggar seni bernama Sanggar Betawi Nagasari.

Melansir laman beritajakarta.id (05/07/2019), Sanggar Betawi Nagasari sudah berdiri sejak 1935 yang diwariskan secara turun-temurun hingga saat ini. Sekarang sudah pada generasi kelima yang dipimpin Arkani. "Tahun 1995, tepatnya tanggal 23 November saya sendiri yang memimpin. Saya generasi ke lima. Jadi ini warisan turun menurun," ujarnya saat ditemui di Sanggar Betawi Nagasari pada 4 Juli 2019.

[Baca Juga: Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu yang Masih Ada Hingga Sekarang]

Pimpinan Sanggar Betawi Nagasari Arkani menambahkan, sanggar yang berdiri sejak 1935 pertama kali dipimpin Kong Haji Sinan (Bengket) dan Kong Ali Usid. Kemudian pada 1965, sanggar tersebut dilanjutkan Kong Member lalu diwariskan kepada ayahnya, Dja'ani pada 1971 hingga ke pamannya, Sarma Asmarani pada 1988.

Di Sanggar Betawi Nagasari terdapat tiga jenis latihan yang telah diikuti ratusan orang. Ada yang ikut latihan lenong, silat cingkrik dan palang pintu yang dibuka setiap Senin dan Rabu malam pada pukul 20.00. Arkani mengatakan pada malam Selasa latihan khusus untuk silat sedangkan malam Kamisnya untuk untuk palang pintu dan lenong. Muridnya mulai dari usia tujuh tahun hingga ada yang sudah 40 tahun.

[Baca Juga: Asal-usul Kebaya Kerancang Betawi dan Perkembangannya Sekarang]

Masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan di sanggar ini bisa langsung mendaftar di lokasi. "Formulir pendaftaran ini dimaksudkan agar mendapat izin orang tua," ungkap Arkani.

Ia mengungkapkan, selama berdiri, palang pintu dari sanggar ini telah tampil di banyak lokasi, baik di dalam maupun luar Jakarta seperti Bogor dan Bekasi. Palang pintu umumnya diminta untuk acara sunatan, pernikahan hingga arak-arakan.

Read More

Artikel Lainnya

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

Pendidikan

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

11 December 2019, 18:00

Ajak anak Anda menonton di bioskop saat usia dua tahun ke atas. Pada usia tersebut, sistem kekebalan tubuhnya sudah jauh lebih kuat.

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

Berita Kawasan

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

11 December 2019, 17:00

Kartu kartu multi trip ticket (MTT) dengan sebutan Jelajah diapresiasi warga. Tidak ada satu detik tap in atau tap out, pintu gerbang sudah terbuka.

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

Berita Kawasan

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

11 December 2019, 16:00

Mengulang prestasi dari tahun sebelumnya, Bekasi kembali raih penghargaan Kota Layak HAM di peringatan Hari HAM sedunia.

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

Berita Kawasan

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

11 December 2019, 15:00

Pamong Innovation Award Tahun 2019 pada 9 Desember 2019 digelar dalam rangka peningkatan kinerja para camat menyelesaikan permasalahan di wilayah masing-masing.


Comments


Please Login to leave a comment.