Sanggar Betawi Nagasari Bukti Kesenian Betawi Masih Ada

Berita Kawasan

Sanggar Betawi Nagasari Bukti Kesenian Betawi Masih Ada

Betawi kaya akan budaya serta keseniannya, seperti lenong, tarian, silat, bahkan tradisi palang pintu khas Betawi. Budaya dan kesenian tersebut hingga kini masih eksis dan dilakukan oleh beberapa masyarakat betawi dan pencinta budaya Betawi.

Di Jalan H Mandor Salim, Kembangan, Jakarta Barat, beberapa kesenian asli Kota Jakarta ini terus dilestarikan salah satu sanggar seni bernama Sanggar Betawi Nagasari.

Melansir laman beritajakarta.id (05/07/2019), Sanggar Betawi Nagasari sudah berdiri sejak 1935 yang diwariskan secara turun-temurun hingga saat ini. Sekarang sudah pada generasi kelima yang dipimpin Arkani. "Tahun 1995, tepatnya tanggal 23 November saya sendiri yang memimpin. Saya generasi ke lima. Jadi ini warisan turun menurun," ujarnya saat ditemui di Sanggar Betawi Nagasari pada 4 Juli 2019.

[Baca Juga: Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu yang Masih Ada Hingga Sekarang]

Pimpinan Sanggar Betawi Nagasari Arkani menambahkan, sanggar yang berdiri sejak 1935 pertama kali dipimpin Kong Haji Sinan (Bengket) dan Kong Ali Usid. Kemudian pada 1965, sanggar tersebut dilanjutkan Kong Member lalu diwariskan kepada ayahnya, Dja'ani pada 1971 hingga ke pamannya, Sarma Asmarani pada 1988.

Di Sanggar Betawi Nagasari terdapat tiga jenis latihan yang telah diikuti ratusan orang. Ada yang ikut latihan lenong, silat cingkrik dan palang pintu yang dibuka setiap Senin dan Rabu malam pada pukul 20.00. Arkani mengatakan pada malam Selasa latihan khusus untuk silat sedangkan malam Kamisnya untuk untuk palang pintu dan lenong. Muridnya mulai dari usia tujuh tahun hingga ada yang sudah 40 tahun.

[Baca Juga: Asal-usul Kebaya Kerancang Betawi dan Perkembangannya Sekarang]

Masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan di sanggar ini bisa langsung mendaftar di lokasi. "Formulir pendaftaran ini dimaksudkan agar mendapat izin orang tua," ungkap Arkani.

Ia mengungkapkan, selama berdiri, palang pintu dari sanggar ini telah tampil di banyak lokasi, baik di dalam maupun luar Jakarta seperti Bogor dan Bekasi. Palang pintu umumnya diminta untuk acara sunatan, pernikahan hingga arak-arakan.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.