Sanggar Tari Betawi Mak Manih H Nirin Kumpul Kembali Diresmikan

Berita Kawasan

Sanggar Tari Betawi Mak Manih H.Nirin Kumpul Kembali Diresmikan

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar membuka Pagelaran Seni dan Budaya Festival Topeng Betawi di kawasan unggulan di Lapangan Zeni Menzikon Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur pada 31 Maret 2019 lalu. Festival Topeng Betawi diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 30-31 Maret 2019.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota juga menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya kembali Sanggar Tari Betawi Mak Manih H.Nirin Kumpul. Sanggar tari ini sendiri telah didirikan pada 1985.

[Baca Juga: Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu yang Masih Ada Hingga Sekarang]

Sesudah menandatangani prasasti, Wali Kota memotong tumpeng sebagai tanda rasa syukur telah diresmikan kembali Sanggar Tari Betawi Mak Manih H. Nirin Kumpul. Potongan tumpeng diberikan langsung oleh Muhammad Yusuf (Bang Ocit) sebagai Ketua Pembina Sanggar Seni Tari Betawi Mak Manih H. Nirin Kumpul.

Festival Topeng Betawi juga mengundang grup seni tari dari tingkat SD, SMP dan SMA se-Kecamatan Pasar Rebo yang dipertandingkan, sebanyak 20 grup tari masing-masing grup terdiri dari 6 orang penari.

[Baca Juga: Jakarta Timur Raih Juara dalam Festival Pencak Silat Betawi 2019]

Dalam kegiatan Festival Tari Topeng Betawi dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Edi Junaedi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Timur Syofian Thahir, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur Iwan Hendry Wardhana dan Kepala Bagian Perekonomian Jakarta Timur Yeni Asnita. Hadir pula Komandan Menzikon diwakili Mayor Eman Sulaeman, Camat Pasar Rebo Anton Widodo, dan para Lurah se-Kecamatan Pasar Rebo.

"Acara ini merupakan wujud dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melalui Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur untuk ikut meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap kesenian Tari Topeng Betawi," kata Anwar.

Pelestarian Tari Topeng Betawi

Pelestarian Tari Topeng Betawi

Ia menambahkan, acara ini juga melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk mempertahankan kesenian Tari Topeng Betawi dengan ikut memeriahkan dan mengikuti kontes tari topeng. Melalui kegiatan tersebut, Anwar berharap adanya apresiasi masyarakat terhadap kesenian Tari Topeng Betawi di Jakarta Timur meningkat. Mulai dari pagelaran kontes Tari Betawi, pertunjukan seni Betawi hingga kuliner khas Betawi.

"Besar harapan saya, dengan berlangsungnya kegiatan kesenian ini, akan memberikan dampak positif bagi pelestarian budaya Betawi terutama kesenian Tari Topeng Betawi," pungkasnya.

[Baca Juga: Walau Bau, Jengkol Jadi Makanan Favorit Orang Betawi]

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Edi Junaedi berharap Festival Topeng Betawi menjadi contoh agar banyak sanggar lain yang bisa dibina pemerintah kota. "Kekuatan Jakarta Timur di kebudayaan, identitas Jakarta Timur yang kaya akan seniman Betawi nanti akan dipadukan dengan wisata di seluruh DKI Jakarta sebagai pelaku atraksi seni yang nanti akan kita kembangkan kedepannya," ujar Edi.

Selain itu Mpok Linda sebagai anak dari Almarhum H. Nirin sebagai pendiri sanggar mengatakan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. Dengan kembali diresmikannya Sanggar Tari Betawi Mak Manih H. Nirin Kumpul, ia berharap agar pagelaran seni menjadi kegiatan rutin.

"Saya kedepannya berencana menciptakan kreasi Tarian Topeng Betawi yang baru lagi, dan semoga kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya," kata Linda.


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.