Sanggar Teater Populer yang Legendaris Ada di Tanah Abang

Hobi dan Hiburan

Sanggar Teater Populer yang Legendaris Ada di Tanah Abang

Sejak dulu, Indonesia sudah memiliki kelompok teater ternama yang melahirkan aktor-aktor film berprestasi. Salah satu teater Indonesia yang cukup terkenal adalah Teater Populer. Sanggar yang didirikan Teguh Karya di tahun 1968 ini, awalnya hanya memiliki anggota sekitar 12 orang yang berasal dari Akademi Teater Nasional Indonesia (ATNI), mahasiswa dan para teaterawan independen. Namun, dengan gebrakan yang dibuat para anggota Teater Populer dari penampilan pertunjukannya, ternyata mampu menggaet banyak peminat dan berhasil menanamkan apresiasi teater terhadap masyarakat pada masa itu.

Sanggar Teater Populer yang Legendaris Ada di Tanah Abang

Mengutip sejarah Teater Populer dalam website teaterpopuler.com (9/4/2019) , sanggar yang sebelumnya bernama Teater Populer Hotel Indonesia ini bahkan menggelar produksi panggung satu kali sebulan dalam dua tahun. Dalam proses perjalanannya, sanggar Teater Populer tidak hanya berkegiatan di panggung, tetapi juga meramaikan perfilman Indonesia. Hasil produksi film yang di sutradarai Teguh Karya turut membuat nama sanggar teaternya melonjak. Terlebih, Teater Populer semakin menonjol karena berbagai prestasi yang diraih dari film-film karyanya yang juga dimainkan para aktor dari sanggar Teater Populer.

[Baca Juga: Pemkot Jakpus Tapak Tilas Tempat Bersejarah di Tanah Abang]

Aktor-aktor dari sanggar Teater Populer yang kemudian digandrungi masyarakat Indonesia setelah hadirnya perfilman karya Teguh Karya adalah Slamet Rahardjo, Christine Hakim, Niniek L. Karim, Erros Djarot, Alex Komang dan masih banyak lagi. Teguh Karya dan para aktor Teater Populer hingga kini dikenal sebagai simbol dari kreativitas dan prestasi yang dicapai dengan kerja keras serta kecintaan pada profesinya.

Sanggar Teater Populer yang Legendaris Ada di Tanah Abang

[Baca Juga: Kisah Cinta Amir Hamzah dalam Teater Nyanyian Sunyi Revolusi]

Sanggar Teater Populer yang terletak di Jalan Kebon Pala I, Tanah Abang, Jakarta Pusat ini saat ini dipimpin aktor senior Slamet Rahardjo yang juga merupakan salah satu pendiri Yayasan Teater Populer. Berdasarkan pantauan tim PingPoint.co.id dari akun instagram Teater Populer @teaterpopuler (9/4/209), sanggar ini memiliki anggota dari lintas generasi yang masih aktif berkarya. Mereka terakhir mengadakan pementasan di akhir 2016. Mari terus dukung teater Indonesia!

[Baca Juga: Teater Koma Garap Produksi ke-154 Bertajuk Mahabarata: Asmara Raja Dewa]

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.