Sanksi Rp250 Ribu Bayangi Pelanggar Pengguna Masker di Jakarta Barat .jpg

Berita Kawasan

Sanksi Rp250.000 Bayangi Pelanggar Pengguna Masker di Jakarta Barat

Walau saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melonggarkan kebijakannya dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena memasuki masa transisi tapi ini tak berarti bahwa pelanggaran tidak diindahkan. Apalagi mengacu kepada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 41 Tahun 2020 tertera jelas mengenai sanksi yang dijatuhkan untuk pelanggar. Sanksi itu ada yang berbentuk sanksi sosial hingga administratif dengan denda hingga Rp250.000 yang di mana baru-baru ini dirasakan pelanggar di wilayah Pinangsia, Jakarta Barat.

Pelanggaran terhadap PSBB ini tidak hanya dilakukan satu orang saja dengan terhitung setidaknya ada 15 warga Pinangsia yang ketahuan melanggar aturan. Menurut Lurah Pinangsia Bing Slamet, pelanggar PSBB Transisi ini terjaring dalam kegiatan penegakkan Pergub No.41 Tahun 2020 di kawasan Jalan Pangeran Jayakarta pada 11 Juni 2020.

Sanksi Rp250 Ribu Bayangi Pelanggar Pengguna Masker di Jakarta Barat.jpg

Penegasan aturan PSBB Transisi ini dilakukan unsur tiga pilar Kecamatan Tamansari. Bing Slamet menuturkan, kegiatan ini digelar karena masih banyak pelanggaran terhadap kebijakan PSBB, khusus perihal penggunaan masker ketika mereka berada di luar rumah. Unsur tiga pilar pun siap langsung menjatuhkan sanksi kepada para pelanggar.

“Sanksi itu diatur dalam Pergub No.41 Tahun 2020, pasal 4 yang menyebutkan tiga sanksi, termasuk administrasi,” ujar Lurah Pinangsia tersebut, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (11/6/2020). Oleh karena itulah 15 pelanggar yang terjaring pada kegiatan ini langsung diberikan rompi orange dan ditugaskan untuk membersihkan fasilitas umum sekaligus merogoh kocek mereka dalam-dalam demi membayar denda administratif dengan nilai Rp250.000.

[Baca Juga: Langgar PSBB, Belasan Tempat Usaha Jakarta Barat dapat Surat Teguran]

Kegiatan penegakkan di lokasi yang serupa sebenarnya juga sempat dilakukan pada 10 Juni 2020 dengan setidaknya ada 25 orang yang terjaring melanggar aturan PSBB. Serupa dengan razia pada 11 Juni 2020, mayoritas pelanggaran yang terjadi adalah warga yang tak menggunakan masker. Dengan sanksi yang dijatuhkan pun terbilang ringan, yaitu hanya menandatangani berita acara pemeriksaan dan membersihkan fasilitas umum.

Sekadar informasi, sanksi pada Pergub No.41 Tahun 2020 memang tertuang jelas pada pasal 4 tentang pembatasan aktivitas di luar rumah yang mewajibkan semua orang menggunakan masker jika memang berada di tempat umum selama PSBB. “Administratif teguran tertulis; (sanksi) sosial berupa membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi; atau denda administratif paling sedikit Rp100.000,00 (seratus ribu) dan paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah),” tulis pergub tersebut, sebagaimana dilansir dari pikiran-rakyat.com (13/5/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.