Menggunakan Masker

Kesehatan

Saran WHO Perawatan di Rumah Bagi Pasien Positif COVID-19 dan PDP

Isolasi mandiri di rumah menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pasien positif COVID-19 atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Upaya ini bisa dilakukan dengan catatan kondisi pasien tidak memburuk.

Meski demikian, setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila merawat anggota keluarga atau orang dengan status positif COVID-19 atau PDP di rumah. Dilansir dari laman resmi WHO (1/4/2020), orang yang merawat di rumah harus memastikan bahwa pasien meminum banyak cairan yang diperlukan dan mendapat asupan makanan bergizi.

Ketahui Protokol Isolasi Diri Sendiri  dalam Penanganan COVID-19

Lalu, perawat di rumah juga harus menggunakan masker saat berada pada ruangan yang sama dengan orang yang sakit. Perawat tidak boleh menyentuh masker atau wajah selama menggunakan dan setelah memakainya.

Perawat juga harus rutin membersihkan tangan dengan sabun dan air yang mengalir atau dengan alkohol. Terutama setelah melakukan kontak fisik dengan pasien yang sakit atau pun saat berada dekat mereka. Selain itu, perawat juga harus membersihkan tangan saat sebelum dan setelah menyiapkan makanan, mengkonsumsi makanan dan setelah menggunakan toilet.

[Baca Juga: Langkah Penetapan Suspect Corona Berubah, Ini Yang Terbaru!]

WHO juga menganjurkan agar orang yang sakit di rumah menggunakan peralatan khusus, mulai dari peralatan makan, handuk hingga seprai. Peralatan tersebut juga harus rutin dibersihkan dengan sabun dan air yang mengalir bila usai digunakan.

Perawat di rumah juga harus rutin membersihkan permukaan benda yang sering disentuh oleh orang yang sakit dengan disinfektan setiap hari. Terakhir, bila kondisi pasien memburuk atau sulit bernafas maka harus segera menghubungi layanan kesehatan secepatnya.

Read More

Artikel Lainnya

Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020

Berita Kawasan

Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020

05 June 2020, 16:00

penundaan pembukaan Masjid Raya Bandung dikarenakan masih dalam tahap persiapan untuk memenuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Majelis Utama Indonesia Kota Bandung

Tengok Kasus Negara Lain, 5 Tempat Ini Risiko Tinggi Penularan COVID-19

Kesehatan

PSBB Transisi, Apakah Aktivitas Bernyanyi Perlu Diperhatikan?

05 June 2020, 15:00

Menengok kasus di negara lain, beberapa anggota tim paduan suara menderita COVID-19 setelah melakukan latihan dan tampil dalam sebuah acara. Droplet mengandung Virus Corona baru yang dihasilkan diyakini jadi penyebabnya.

kipas angin_1.jpg

Kesehatan

Dianggap Tak Baik, Tidur Gunakan Kipas Juga Ada Manfaatnya Lho

05 June 2020, 14:00

Kipas angin di dalam kamar ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan selain membuat tagihan listrik menjadi lebih rendah.

Tips Mengurangi Sampah Makanan di Rumah Kala Pandemi COVID-19.jpg

Properti dan Solusi

Tips Mengurangi Sampah Makanan di Rumah Kala Pandemi COVID-19

05 June 2020, 13:00

Selama pandemi COVID-19, sampah makanan yang dihasilkan di skala rumah tangga meningkat. Ada beberapa cara untuk menguranginya.


Comments


Please Login to leave a comment.