Menggunakan Masker

Kesehatan

Saran WHO Perawatan di Rumah Bagi Pasien Positif COVID-19 dan PDP

Isolasi mandiri di rumah menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pasien positif COVID-19 atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Upaya ini bisa dilakukan dengan catatan kondisi pasien tidak memburuk.

Meski demikian, setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila merawat anggota keluarga atau orang dengan status positif COVID-19 atau PDP di rumah. Dilansir dari laman resmi WHO (1/4/2020), orang yang merawat di rumah harus memastikan bahwa pasien meminum banyak cairan yang diperlukan dan mendapat asupan makanan bergizi.

Ketahui Protokol Isolasi Diri Sendiri  dalam Penanganan COVID-19

Lalu, perawat di rumah juga harus menggunakan masker saat berada pada ruangan yang sama dengan orang yang sakit. Perawat tidak boleh menyentuh masker atau wajah selama menggunakan dan setelah memakainya.

Perawat juga harus rutin membersihkan tangan dengan sabun dan air yang mengalir atau dengan alkohol. Terutama setelah melakukan kontak fisik dengan pasien yang sakit atau pun saat berada dekat mereka. Selain itu, perawat juga harus membersihkan tangan saat sebelum dan setelah menyiapkan makanan, mengkonsumsi makanan dan setelah menggunakan toilet.

[Baca Juga: Langkah Penetapan Suspect Corona Berubah, Ini Yang Terbaru!]

WHO juga menganjurkan agar orang yang sakit di rumah menggunakan peralatan khusus, mulai dari peralatan makan, handuk hingga seprai. Peralatan tersebut juga harus rutin dibersihkan dengan sabun dan air yang mengalir bila usai digunakan.

Perawat di rumah juga harus rutin membersihkan permukaan benda yang sering disentuh oleh orang yang sakit dengan disinfektan setiap hari. Terakhir, bila kondisi pasien memburuk atau sulit bernafas maka harus segera menghubungi layanan kesehatan secepatnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.