Sarat Manfaat, Berkeringat Tidak Cuma Bikin Badan Bau

Kesehatan

Sarat Manfaat, Berkeringat Tidak Cuma Bikin Badan Bau

Pointers, berkeringat adalah sesuatu yang normal. Tapi tak jarang aktivitas tubuh ini kerap bikin orang jengkel, karena keringat membuat tubuh terasa lengket, basah bahkan bau badan. Bukan kesal tapi bersyukur sebab ada banyak manfaat lho dari berkeringat.

Dilansir healthline.com (6/3/2020), keringat adalah salah satu cara alami bagi tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh di kala kepanasan. Nyatanya, ini bukan satu-satunya manfaat dari berkeringat, masih banyak manfaat lain.

[Baca Juga: Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat]

1) Basmi Bakteri

Glikoprotein yang terkandung dalam keringat dapat mengikat dan mengeluarkan bakteri dari tubuh. Akan tetapi masih dibutuhkan studi lebih mendalam mengenai manfaat berkeringat terhadap pengeluaran bakteri dan infeksi kulit.

2) Buang Senyawa yang Tak Dibutuhkan

Selama 24 jam tubuh selalu beraktivitas untuk mencerna berbagai nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa hasil olahan tersebut tak berguna atau tidak digunakan oleh tubuh, maka perlu dikeluarkan. Melalui berkeringat, dapat membantu mengeluarkan amonia dan urea yang terbentuk akibat proses pemecahan protein dalam tubuh. Kedua senyawa ini tidak dibutuhkan tubuh dan perlu dikeluarkan.

Sarat Manfaat, Berkeringat Tidak Cuma Bikin Badan Bau

3) Buang PBC

Polychlorinated biphenyls atau PBC adalah senyawa organik buatan manusia yang dapat menimbulkan berbagai efek negatif untuk kesehatan. Beberapa senyawa PBC ini dapat dikeluarkan oleh tubuh melalui pori-pori kulit saat berkeringat.

4) Lenyapkan BPA

Senyawa kimia lainnya, bisphenol A (BPA) juga dapat dikeluarkan tubuh saat berkeringat. Kandungan kimia ini ditemukan dalam pembuatan resin dan plastik serta dapat berdampak negatif terhadap kesehatan otak dan tekanan darah manusia.

5) Buang Logam Berat dari Tubuh

Logam berat yang masuk ke dalam tubuh tentunya dapat membahayakan kesehatan. Berkeringat bermanfaat untuk menghancurkan sekaligus mengeluarkan racun logam berat dari dalam tubuh manusia. Meskipun demikian, masih dibutuhkan riset mendalam dan lebih lanjut mengenai hal ini.

[Baca Juga: Bau Badan Ganggu Aktivitas Anda? Atasi dengan Cara Ini!]

Nah Pointers jangan lagi kesal saat tubuh berkeringat ya. Karena berkeringat sangat bermanfaat bagi kesehatan sekaligus merupakan proses alamiah yang setiap hari terjadi. Jika mengeluarkan banyak keringat saat beraktivitas, harus diimbangi dengan konsumsi cairan ya, agar menghindari dehidrasi serta menggantikan cairan tubuh yang telah hilang.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.