Sarat Manfaat, Berkeringat Tidak Cuma Bikin Badan Bau

Kesehatan

Sarat Manfaat, Berkeringat Tidak Cuma Bikin Badan Bau

Pointers, berkeringat adalah sesuatu yang normal. Tapi tak jarang aktivitas tubuh ini kerap bikin orang jengkel, karena keringat membuat tubuh terasa lengket, basah bahkan bau badan. Bukan kesal tapi bersyukur sebab ada banyak manfaat lho dari berkeringat.

Dilansir healthline.com (6/3/2020), keringat adalah salah satu cara alami bagi tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh di kala kepanasan. Nyatanya, ini bukan satu-satunya manfaat dari berkeringat, masih banyak manfaat lain.

[Baca Juga: Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat]

1) Basmi Bakteri

Glikoprotein yang terkandung dalam keringat dapat mengikat dan mengeluarkan bakteri dari tubuh. Akan tetapi masih dibutuhkan studi lebih mendalam mengenai manfaat berkeringat terhadap pengeluaran bakteri dan infeksi kulit.

2) Buang Senyawa yang Tak Dibutuhkan

Selama 24 jam tubuh selalu beraktivitas untuk mencerna berbagai nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa hasil olahan tersebut tak berguna atau tidak digunakan oleh tubuh, maka perlu dikeluarkan. Melalui berkeringat, dapat membantu mengeluarkan amonia dan urea yang terbentuk akibat proses pemecahan protein dalam tubuh. Kedua senyawa ini tidak dibutuhkan tubuh dan perlu dikeluarkan.

Sarat Manfaat, Berkeringat Tidak Cuma Bikin Badan Bau

3) Buang PBC

Polychlorinated biphenyls atau PBC adalah senyawa organik buatan manusia yang dapat menimbulkan berbagai efek negatif untuk kesehatan. Beberapa senyawa PBC ini dapat dikeluarkan oleh tubuh melalui pori-pori kulit saat berkeringat.

4) Lenyapkan BPA

Senyawa kimia lainnya, bisphenol A (BPA) juga dapat dikeluarkan tubuh saat berkeringat. Kandungan kimia ini ditemukan dalam pembuatan resin dan plastik serta dapat berdampak negatif terhadap kesehatan otak dan tekanan darah manusia.

5) Buang Logam Berat dari Tubuh

Logam berat yang masuk ke dalam tubuh tentunya dapat membahayakan kesehatan. Berkeringat bermanfaat untuk menghancurkan sekaligus mengeluarkan racun logam berat dari dalam tubuh manusia. Meskipun demikian, masih dibutuhkan riset mendalam dan lebih lanjut mengenai hal ini.

[Baca Juga: Bau Badan Ganggu Aktivitas Anda? Atasi dengan Cara Ini!]

Nah Pointers jangan lagi kesal saat tubuh berkeringat ya. Karena berkeringat sangat bermanfaat bagi kesehatan sekaligus merupakan proses alamiah yang setiap hari terjadi. Jika mengeluarkan banyak keringat saat beraktivitas, harus diimbangi dengan konsumsi cairan ya, agar menghindari dehidrasi serta menggantikan cairan tubuh yang telah hilang.


Read More

Artikel Lainnya

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidi o.jpg

Hobi dan Hiburan

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidio

30 June 2022, 13:12

: Bagi Anda penggemar komedi Tanah Air, maka bersiaplah untuk menyaksikan serial Suka Duka Berduka yang diperankan bintang papan atas Indonesia yang mulai tayang pekan depan di Vidio.

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 202 2.jpg

Berita Kawasan

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 2022

30 June 2022, 11:09

Akhir pekan ini, Stadion Patriot Bekasi akan menjadi saksi gelaran perdana timnas di Piala AFF U-19 2022.

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.


Comments


Please Login to leave a comment.