Peragaan Busana.jpg

Kecantikan dan Fashion

Sarinah Jaktent 2021 Sajikan Konten dan Produk Lokal

Banyak konten dan merk lokal yang berkualitas dan berhasil sehingga bisa bersaing di kancah global. Hal ini mendorong Road to Sarinah menyelenggarakan Sarinah Jakarta Content Week 2021 atau Sarinah Jaktent.

Sarinah Jaktent kali ini mengusung tema “Spirit to Gather Again: Embracing Local Creative Movement” di momen pembukaannya pada Kamis, 2 Desember 2021. Acara ini meliputi kunjungan media, peragaan busana amal “Dari Jakarta untuk Nggela”, dan pra peluncuran Manusia Harum “Dari Jakarta Menuju Pekan Busana Paris”, dan dilanjutkan dengan konferensi pers.

Penyelenggaraan kegiatan amal untuk Nggela dan dan pra peluncuran Manusia Harum dalam Road to Sarinah ini merupakan implementasi dari semangat merangkul gerakan kreatif lokal.

Konferensi Pers.jpg

Kegiatan amal untuk Nggela dikemas peragaan busana dan lelang busana koleksi Kami Latu x Batin yang diolah dari kain tenun karya ibu-ibu di desa Nggela.

Nggela merupakan desa adat di Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengalami kebakaran pada 2018.

Kegiatan amal ini bertujuan untuk memberikan dukungan pembangunan rumah adat yang terbakar dan pengembangan ekonomi masyarakat Nggela.

Sedangkan Manusia Harum adalah kolaborasi Adraworld dengan HMNS. Di dalam Manusia Harum ini HMNS membuat revolusi dalam wewangian dengan menciptakan aroma yang mustahil. Yakni dengan menghadirkan dua aroma parfum yang berbeda dalam satu kemasan yang penggunaannya pun perlu dikombinasikan dari dua aroma tersebut. Busana kreasi Adra dan Manusia Harum akan hadir di Pekan Busana Paris 2022.

[Baca Juga: Brand Fashion Lokal Lakukan Cara Unik Perkenalkan Koleksi Spesial]

Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati mengatakan,“Kami berharap acara dan momen ini dipergunakan secara maksimal oleh para konten kreator lokal dan pemilik usaha kecil dan menengah untuk menjadi bagian dari komunitas kami di mana wajah baru Sarinah ke depannya adalah menjadi mall komunitas.”

Dia melanjutkan.”Yang artinya bisnis Sarinah ke depan akan bergantung pada kreatifvitas dan keterlibatan komunitas sehingga wajah baru Sarinah nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas yang dibutuhkan generasi milenial untuk belajar dan menjadi mall komunitas.”

Tenant.jpg

Sarinah Jaktent ini disusun programnya oleh Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair sebagai inisiator Jaktent sejak 2020. Dukungan acara ini diberikan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Sarinah dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta. Sedangkan kolaborasi penyelenggaraan datang dari Jakarta Creative City Forum (JCCF) dan Indonesia Creative City Network (ICCN). Ada pun tamu khusus untuk keseluruhan acara ini adalah kehadiran perwakilan negara Jerman.

Direktur Bisnis Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Handayani menyebutkan bahwa PT Bank Rakyat Indonesia Tbk sangat mendukung kesempatan yang mampu memberdayakan usaha ekonomi kreatif masyarakat.

“Inilah acara yang tepat di mana kami bisa mendorong pertemuan-pertemuan potensial bagi para pelaku UMKM untuk dapat berjejaring secara nasional maupun internasional. Kami berharap wajah baru Sarinah ke depan akan menggerakkan komunitas-komunitas masyarakat kreatif,” ujarnya.

[Baca Juga: Dekranasda Medan Bina Fashion Brand Pengrajin Lokal]

Ketua Yayasan 17000 Pulau Imaji (YTPI) Laura Bangun Prinsloo mengungkapkan kegembiraannya bisa berkolaborasi pada ajang ini. Terutama dengan PT Sarinah dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta dalam kemunculan Sarinah Jakarta Content Week 2021.

“Dengan kolaborasi banyak pihak, kami dari Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair berharap momen Road to Sarinah ini berhasil menjadi titik tolak perjalanan teman-teman di industri kreatif untuk menampilkan konten-konten lokal itu di tataran global,” tutur Laura.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata. “Sarinah telah lama menjadi bagian dari ekonomi kreatif yang membanggakan di Jakarta. Tentu saja kami sangat bangga menjadi bagian dari acara ini untuk menandai sejarah kemunculan wajah baru Sarinah yang ke depannya. Kami yakin akan lebih mampu memajukan ekonomi kreatif di Jakarta dan Indonesia.”

Tenant 2.jpg

Ajang ini berlangsung luring di Sarinah Jalan MH Thamrin Jakarta pada 1 hingga 12 Desember 2021. Ini masih merupakan bagian dari Sarinah Jaktent 2021 yang telah berlangsung secara daring pada 10 hingga 14 November 2021 yang berhasil menggelar 170 acara dan akan menggelar 40 acara luring serta aacara daring pada Desember 2021 .

Acara daring tersebut masih bisa dinikmati masyarakat dengan terlebih dahulu mendaftar melalui website https://www.jaktent.com/ hingga akhir Desember 2021. Selama acara luring di Sarinah, masyarakat bisa menikmati segmen acara The Market dan Icon yang menghadirkan kompetisi dan ajang cosplay.

Pada sesi The Market, ada 7 investor yang akan melakukan pitching session, seperti BRI Ventures, PT Badgerindo Investama Ganendra, Bali Investment Club, SF Fund, Sarinah, WGSHub, dan Rekata Studio.

Para pengunjung juga akan dimanjakan dengan beragam tenant, baik tenant non-F&B maupun tenant F&B, yang ada di Sarinah Jakarta Content Week 2021.


Read More

Sarinah Mall

Pusat Perbelanjaan

None
None

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.