Saruga Package Bintaro Zero Waster Store 1.jpg

Bisnis

Saruga Package Bisnis yang Peduli dengan Lingkungan

Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat saat belanja, tidak pernah lepas dari kantong plastik untuk membawa barang belanjanya sampai ke rumah. Pilihan praktis ini pun jika tidak dikendalikan akan membahayakan lingkungan.

Saruga Package Bintaro Zero Waster Store

Plastik tidak mudah diurai dengan cepat, karena bumi membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun. Data dari Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 KLHK menyebutkan, total jumlah sampah di Indonesia di 2019 akan mencapai 68 juta ton. Dan, sampah plastik diperkirakan akan mencapai 9,52 juta ton atau 14 persen dari total sampah yang ada.

Banyaknya plastik yang diproduksi dan digunakan masyarakat Indonesia di tiap tahunnya, sampah plastik jadi menumpuk banyak. Bahkan sampah plastik bisa saja sampai ke laut sehingga mencemari ekosistem laut. Melansir laman forbes.com (21/04/2018) Indonesia merupakan salah satu dari 15 negara di Asia yang membuang sampah plastik terbanyak ke laut.

[Baca Juga: Inspiratif! Warga Meruya Utara Olah Sampah Jadi Energi]

Kini, ada model bisnis nonlimbah dengan konsep yang ditawarkan adalah bebas sampah, yakni Saruga Package. Saruga Package menjual berbagai bahan makanan tanpa brand, tanpa kemasan. Anda bisa membelinya dengan membawa wadah yang bisa Anda bawa pulang sampai ke rumah. Hal ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengurangi limbah plastik. Saruga adalah toko pangan yang 100 persen tidak menggunakan kemasan pertama di Jakarta.

Salah satu founder Saruga Adi Asmawan mengatakan, bisnis ini berawal dari setelah melihat perjuangan teman-teman dalam meminimalisir sampah terutama sampah dalam rumah tangga. “Akhirnya saya mempelajari dari mana sih sampah itu asalnya dan kenapa harus ada sampah,” lanjutnya.

[Baca Juga: Baru Memulai Gaya Hidup Zero Waste? Ikuti Langkah Ini]

Ketertarikan, Adi dalam membuat Saruga yang peduli lingkungan ini karena terdorong untuk ikut berkontribusi gerakan teman-teman.

Adi mengatakan, Saruga berasal dari Bahasa asli Kalimantan (Dayak) yang berarti surga. Target pasar Saruga yang berada di Jalan Taman Bintaro, Sektor 1, Jakarta Selatan ini adalah semua strata, baik pelaku zero waste living maupun yang baru mau mengamalkan gaya hidup minim sampah itu.

Adi Berharap, Saruga Package dapat menjangkau konsumen agar lebih dekat lagi dengan memperluas jaringan bisnis ini.

Read More

Artikel Lainnya

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19_2

Kuliner

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19

06 July 2020, 18:00

Siapa yang menyangka jika laju bisnis cemilan dapat berkembang pesat di masa pandemi COVID-19.

parekraf_2.jpg

Berita Kawasan

Pemerintah Motivasi Pelaku Parekraf Untuk Maksimalkan Kebijakan Insentif

06 July 2020, 16:00

Menparekraf mengimbau industri agar lebih aktif dan mengoptimalkan kebijakan stimulus dan relaksasi yang diberikan.

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat_3

Properti dan Solusi

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat

06 July 2020, 14:00

Bagi yang belum pernah membayangkan seperti apa cara menghias dinding tanpa menggunakan cat, maka simaklah beberapa trik ini.

Begini-Cara-Warga-Rawa-Badak-Selatan-Kampanye-Pencegahan-Covid-19-Melalui-Seni-Mural-2.jpg

Berita Kawasan

Uniknya Kampanye Pencegahan COVID-19 Melalui Seni Mural di Rawa Badak Selatan

06 July 2020, 12:00

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian program Kampung Safety yang diinisiasi Pertamina sejak awal tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.