Sasar Generasi Milenial, Kemenristekdikti Dukung Pelatihan Revolusi Industri 4.0

Pendidikan

Sasar Milenial, Kemenristekdikti Adakan Pelatihan Revolusi Industri 4.0

Untuk mengenalkan remaja yang saat ini termasuk generasi milenial, para pelajar dari berbagai sekolah mengikuti pelatihan teknologi digital yang diselenggarakan mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ dan didukung Kemenristekdikti di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Permai, Jalan Bintaro Permai III, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Pelatihan ini akan mengenalkan apa itu revolusi industri 4.0 kepada peserta yang hadir di RPTRA selama sepekan. Sebanyak 25 pelajar tingkat sekolah menengah atas (SMA) antusias mengikuti pelatihan tersebut. Para pelajar ini didampingi instruktur dari Fakultas Teknologi dan Desain Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) yang akan memandu berbagai materi.

[Baca Juga: Bangun Anak Berkualitas di Era Revolusi Industri 4.0]

Melansir laman beritajakarta.id (10/07/2019). Ketua Penyelenggara Safitri mengatakan, pelatihan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian Masyarakat (PPM), khususnya di bidang Informatika. "Kegiatan ini didukung oleh Kemenristekdikti dalam menjalankan kewajiban Tri Darma Perguruan Tinggi. Tempat ini dipilih setelah kami berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan setempat," ujarnya pada 9 Juli 2019.

Dalam pelatihan tersebut, para pelajar diberikan berbagai materi sebagai bekal menyambut revolusi industri 4.0. Materi tersebut meliputi bahasa pemrograman yang berisikan perintah dalam memenuhi kebutuhan pengguna untuk diproses oleh komputer, dalam hal ini adalah bahasa C++ yang diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories pada awal tahun 1980-an. “Pada penghujung kegiatan, kami akan menampilkan demo robotik yang merupakan Arduino mahasiswa UPJ," ungkapnya.

[Baca Juga: SDM Berkualitas Jadi Kunci Hadapi Era Industri 4.0]

Dengan mengikuti pelatihan ini dan diberikan materi-materi yang belum banyak diketahui para peserta, membuat mereka lebih mengenal revolusi industri 4.0. "Sebelumnya saya belum pernah tahu apa itu bahasa pemrograman dan revolusi Industri 4.0, ini akan sangat bermanfaat saat kami duduk di bangku kuliah nanti," ucap salah satu pelajar SMA Negeri 86.

Sementara itu, Pengelola RPTRA Permai Farida menuturkan, pihaknya turut serta mengajak anak-anak dan remaja setempat untuk menyukseskan berbagai kegiatan yang digelar di RPTRA Permai. "Berbagai fasilitas RPTRA juga bisa digunakan untuk kegiatan positif warga seperti pelatihan dan edukasi lainnya. Ke depan bersama UPJ kami juga berencana membangun kampung cerdas," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.