Sasar Generasi Milenial, Kemenristekdikti Dukung Pelatihan Revolusi Industri 4.0

Pendidikan

Sasar Milenial, Kemenristekdikti Adakan Pelatihan Revolusi Industri 4.0

Untuk mengenalkan remaja yang saat ini termasuk generasi milenial, para pelajar dari berbagai sekolah mengikuti pelatihan teknologi digital yang diselenggarakan mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ dan didukung Kemenristekdikti di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Permai, Jalan Bintaro Permai III, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Pelatihan ini akan mengenalkan apa itu revolusi industri 4.0 kepada peserta yang hadir di RPTRA selama sepekan. Sebanyak 25 pelajar tingkat sekolah menengah atas (SMA) antusias mengikuti pelatihan tersebut. Para pelajar ini didampingi instruktur dari Fakultas Teknologi dan Desain Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) yang akan memandu berbagai materi.

[Baca Juga: Bangun Anak Berkualitas di Era Revolusi Industri 4.0]

Melansir laman beritajakarta.id (10/07/2019). Ketua Penyelenggara Safitri mengatakan, pelatihan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian Masyarakat (PPM), khususnya di bidang Informatika. "Kegiatan ini didukung oleh Kemenristekdikti dalam menjalankan kewajiban Tri Darma Perguruan Tinggi. Tempat ini dipilih setelah kami berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan setempat," ujarnya pada 9 Juli 2019.

Dalam pelatihan tersebut, para pelajar diberikan berbagai materi sebagai bekal menyambut revolusi industri 4.0. Materi tersebut meliputi bahasa pemrograman yang berisikan perintah dalam memenuhi kebutuhan pengguna untuk diproses oleh komputer, dalam hal ini adalah bahasa C++ yang diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories pada awal tahun 1980-an. “Pada penghujung kegiatan, kami akan menampilkan demo robotik yang merupakan Arduino mahasiswa UPJ," ungkapnya.

[Baca Juga: SDM Berkualitas Jadi Kunci Hadapi Era Industri 4.0]

Dengan mengikuti pelatihan ini dan diberikan materi-materi yang belum banyak diketahui para peserta, membuat mereka lebih mengenal revolusi industri 4.0. "Sebelumnya saya belum pernah tahu apa itu bahasa pemrograman dan revolusi Industri 4.0, ini akan sangat bermanfaat saat kami duduk di bangku kuliah nanti," ucap salah satu pelajar SMA Negeri 86.

Sementara itu, Pengelola RPTRA Permai Farida menuturkan, pihaknya turut serta mengajak anak-anak dan remaja setempat untuk menyukseskan berbagai kegiatan yang digelar di RPTRA Permai. "Berbagai fasilitas RPTRA juga bisa digunakan untuk kegiatan positif warga seperti pelatihan dan edukasi lainnya. Ke depan bersama UPJ kami juga berencana membangun kampung cerdas," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Lagu Kembali Ke Awal Ciptaan Glen Fredly Jadi Soundtrack Film Twivortiare

Berita Kawasan

Kembali Ke Awal Karya Glen Fredly Jadi Soundtrack Film Twivortiare

19 July 2019, 21:00  |  10 Views

Setelah merilis lagu Orang Biasa, Glen Fredly kembali merilis single Kembali ke Awal yang juga dijadikan sebagai original soundtrack film Twivortiare dari rumah produksi MD Pictures.

TP PKK Bina Kesehatan Keluarga di Tangerang

Berita Kawasan

Tim Penggerak PKK Bina Kesehatan Keluarga di Tangerang

19 July 2019, 20:00  |  8 Views

PKK memberikan segala macam informasi mulai dari hidup tertib dan teratur, standar gizi dan wawasan kesehatan.

Nilai Transaksi di IFRA 2019 Capai Rp793 Miliar

Bisnis

Nilai Transaksi di IFRA 2019 Capai Rp793 Miliar

19 July 2019, 19:00  |  7 Views

Nilai transaksi yang dicapai membuat panitia IFRA 2019 semakin optimistis dalam membatu memajukan industri franchise Indonesia melalui pameran berkualitas.

Asian Development Tour Siap Digelar di Gunung Geulis Golf

Berita Kawasan

Asian Development Tour Siap Digelar di Gunung Geulis Golf

19 July 2019, 18:00  |  7 Views

Turnamen golf Asian Development Tour akan diikuti 144 pegolf dari hampir 20 negara. Turnamen golf internasional ini berhadiah senilai total 75.000 USD.


Comments


Please Login to leave a comment.