kupat glebedOK.jpg

Kuliner

Sate Blengong, Sajian Unik Cuma Ada di Brebes

Pointes pernah mendengar Blengong? Blengong bukanlah nama sebuah tempat atau masakan, ternyata Blengong merupakan nama salah satu jenis hewan. Yah Blengong adalah hewan hasil kawin silang antara bebek dan entok. Tahukah pointers, ternyata Blengong ini hanya dibudidayakan di daerah Brebes saja lho. Nah daging blengong inilah yang menjadi bahan baku makanan khas Brebes bernama sate Blengong. Kota yang terkenal sebagai produsen bawang merah ini juga menjadi surganya kuliner Sate Blengong karena banyaknya warung kaki lima yang menjajakan menu ini.

Kupat GlabedOK3.jpg

Tak perlu mengeluarkan effort lebih untuk mendapatkan sajian unik ini, karena Sate Blengong sangat mudah di temui di kota yang terkenal dengan telur asinnya ini. Banyak pedagang kaki lima yang mendirikan warung di pinggir jalan dan menjajakan menu ini . Tapi jangan mencoba mencari menu ini pada pagi hari, karena biasanya para pedagang sate Blengong berjualan mulai sore hari hingga menjelang malam. Umumnya penjual sate Blengong juga menjual menu lain yaitu Kupat Glabed, kedua menu ini memang cocok disajikan berdampingan. Perpaduan dua menu ini akan menghasilkan rasa yang sangat kaya di lidah.

[Baca Juga: Nasi Ayam Bu Menik, Perpaduan Opor dan Bacem yang Unik]

Mencicipi sate Blengong seolah menjadi pengalaman baru bagi Pointers yang belum pernah merasakan kuliner hewan hibrida. Tak seperti sate ayam, daging sate blengong lebih berserat seperti daging bebek namun terasa lunak dan lembut saat dikunyah. Yang menarik, sate blengong ditusuk menggunakan lidi dari bambu yang sangat panjang, bahkan panjangnya bisa mencapai dua hingga tiga kali panjang tusuk sate pada umumnya. Dengan potongan daging yang cukup besar dibandingkan ukuran sate normal, sajian ini makin terasa nikmat jika dicocol sambal dengan bumbu berempah yang berwarna kemerahan.

Makanan pendamping sate Blengong biasanya adalah kupat glabed. Sajian ini mirip dengan ketupat sayur karena isinya berupa ketupat yang disiram dengan kuah lodeh atau kuah opor kental dan gurih. Penambahan bawang goreng dan remahan kerupuk warna-warni semakin melengkapi kelezatan kupat glabed. Tak salah jika kupat glabed sangat cocok dikombinasikan dengan sate Blengong yang berempah dan pedas.

Kupat GlabedOK.jpg

Seperti sate pada umumnya, sate Blengong tak hanya berisi daging saja, ada bagian lainnya yang digunakan seperti jeroan untuk membuat sate ini. Tak heran harga yang ditawarkan pun berbeda-beda, tergantung jenis isian sate apa yang kita ambil. Umumnya harga satu tusuk sate ini berkisar antara Rp4.000 hingga Rp8.000. Mungkin agak sedikit mahal dibandingkan dengan harga sate biasa, hal ini cukup beralasan karena proses pengolahan sate Blengong terbilang cukup sulit.

Sate Blengong terkenal dengan metode pengolahannya yang rumit, ini cukup beralasan karena jika diolah sembarangan, tekstur daging sate akan menjadi alot dan amis. Biasanya sebelum dibakar dan disajikan, daging blengong akan diungkep dengan cara direbus bersama bumbu dan kuah rempah. Proses ungkep ini akan memakan waktu yang cukup lama, sekitar dua hingga dua setengah jam. Setelah daging diungkep dan bumbu meresap, barulah daging bisa diolah menjadi sate atau menu masakan lainnya. Nah Pointers, jika kalian berkunjung ke kota Brebes, jangan lupa mampir ke warung Sate Blengong ya!


Read More

Warung Makan Sate Blengong Bu Kijah Brebes

Restoran Sate

+6281567969475
None

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.